internetkomputer

Tips Atasi Kendala Wifi Yang Sering Terjadi Terlengkap

Tips Atasi Kendala WifiInternet telah menjadi salah satu kebutuhan penting di era digital saat ini. Sehingga wajar kalau semakin banyak orang yang memilih untuk memasang wifi di rumah. Tujuannya adalah untuk menunjang performa dan produktivitas yang dimiliki. Bagi para pemilik WiFi, mengetahui tips atasi kendala wifi adalah hal yang penting agar koneksi terhindar dari sejumlah masalah.

Pasti Anda akan merasakan kesal ketika melihat koneksi Wifi tersambung namun tidak bisa mengakses internet. Hal ini termasuk fenomena yang lumrah dan banyak dialami oleh para pemilik modem wifi. Agar bisa terhindar dari hal-hal yang demikian, Anda perlu mengetahui sejumlah tips penting mengatasi permasalahan pada jaringan wifi yang Anda miliki.

Penyebab Router Wifi Tidak Terhubung Akses Internet

Pada umumnya, ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan koneksi wifi tidak bisa mengakses internet. Berikut adalah beberapa diantara penyebab umum yang kerap menyebabkan jaringan wifi tidak bekerja secara optimal.

1. Jaringan Internet Router Kelebihan Beban

Salah satu penyebab yang umum terjadi mengapa router susah terhubung ke internet adalah karena terjadi kelebihan beban. Penyebab terjadinya kelebihan beban ini karena banyaknya jumlah perangkat atau pengguna yang terhubung ke jaringan Wifi Anda.

Semakin banyak pengguna yang terhubung ke jaringan, maka akan membuat konsumsi bandwidth internet menjadi semakin terbatas. Imbasnya adalah koneksi internet menjadi semakin lambat dan sudah terhubung.

Jadi untuk menghindari terjadinya kelebihan beban akibat banyaknya pengguna, maka Anda perlu mengetahui cara menyembunyikan wifi Indihome yang Anda miliki. jaringan internet yang tidak melebihi beban akan membuat koneksi internet tetap optimal.

2. Driver dan Firmware yang Sudah Kadaluarsa

Kemungkinan penyebab lainnya yang bisa menyebabkan router tidak bisa memancarkan internet adalah karena driver ataupun firmware yang sudah kadaluarsa. Pada umumnya, setiap komputer dan perangkat lainnya membutuhkan software kecil yang disebut Device Manager agar bisa terhubung ke wifi internet.

Sedangkan router jaringan berisikan teknologi yang disebut dengan firmware. Karena satu dan lain hal, bisa saja kedua entitas ini tidak lagi kompatibel. Sehingga menyebabkan koneksi internet wifi berjalan secara kurang optimal.

3. Router Internet yang Buruk

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat router tidak bisa terhubung ke internet adalah karena router yang buruk. Kondisi router wifi yang buruk akan membuat perangkat Anda memancarkan kekuatan sinyal secara tidak konsisten. Akibatnya, kecepatan internet yang dihasilkan pun tidak lagi berjalan maksimal.

Kalau kondisi ini yang Anda alami, tidak ada salahnya untuk menghubungi provider resmi tempat Anda berlangganan internet. Tujuannya agar bisa mendapatkan penanganan dan solusi terbaik terkait dengan kondisi tersebut.

Jika memang kondisi router yang Anda miliki sudah buruk dan tidak laik untuk dipakai, cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengganti router dengan yang baru. Meskipun proses penggantian ini terbilang sederhana, namun pastikan kalau Anda melakukannya dengan melibatkan pihak provider penyedia jasa internet.

3. Jangkauan Wifi Tidak Mencukupi

Penyebab lain yang juga bisa mengakibatkan koneksi internet tidak maksimal adalah daya jangkau jaringan wifi yang tidak maksimal. Biasanya setiap router wifi akan mempunyai kemampuan daya jangkau tersendiri sesuai dengan spesifikasinya.

Apabila Anda mengakses internet di luar batas jangkauan, maka akan membuat koneksi tersebut menjadi putus-nyambung. Akibatnya koneksi internet Anda pun tidak lagi bisa berjalan dalam kecepatan yang diharapkan. Bahkan akan membuat perangkat tidak bisa terhubung ke internet.

Anda mungkin saja akan mengalami akses wifi yang lemah ketika Anda meletakkan router di dalam lemari, di kamar yang jauh, atau lainnya. Meskipun Anda bisa saja memindahkan router ke lokasi-lokasi yang lebih strategis, namun terkadang cara ini kurang praktis.

Anda bisa saja menambahkan antena penguat yang berfungsi untuk memancarkan sinyal wifi lebih kuat. Dengan demikian, potensi jangkauan sinyal wifi di rumah pun akan mengalami peningkatan. Sehingga Anda bisa lebih fleksibel dalam menghubungkan perangkat ke wifi.

Tips Atasi Kendala Wifi Tidak Ada Akses Internet

Bagi Anda yang kerap mengalami permasalahan terkait koneksi wifi, berikut adalah beberapa tips atasi kendala wifi yang perlu Anda ketahui.

1. Tips Atasi Kendala Wifi Dengan Restart Router

Salah satu penyebab mengapa laptop tidak bisa koneksi wifi adalah koneksi jaringan yang tidak stabil. Kalau koneksi internet di rumah Anda sering susah diakses, salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan restart pada router.

Ketika melakukan restart router maka hal tersebut akan membuat perangkat bisa bekerja secara optimal kembali. Umumnya, koneksi internet yang kurang stabil bisa diatasi dengan melakukan restart router ataupun modem internet yang Anda miliki.

Cara melakukan restart inipun cukup mudah. Silakan Anda tekan tombol power pada modem atau router Anda hingga perangkat tersebut nonaktif. Kemudian tunggu sebentar kurang lebih 30 detik dan silakan dinyalakan kembali.

Apabila lampu DSL sudah terlihat menyala stabil, silakan Anda bisa mencoba menghubungkan kembali gadget Anda dengan wifi tersebut. Apabila router masih dalam kondisi yang baik, umumnya cara ini bisa digunakan untuk mengatasi koneksi internet yang kurang stabil.

2. Mengubah Mode Wifi Anda

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi kendala koneksi internet pada router adalah mengubah mode wifi-nya. Mengubah mode Wifi bisa menjadi salah satu langkah ampuh untuk memperbaiki koneksi internet Anda.

Cara mengubah mode wifi pun terbilang sangat mudah. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan perangkat atau gadget yang dimiliki. Mulai dari ponsel pintar, tablet, dan bahkan juga menggunakan laptop.

Jika ingin melakukan pengubahan mode wifi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan :

  • Hubungkan perangkat Anda dengan jaringan wifi yang akan diubah modenya.
  • Buka browser yang ada di perangkat Anda. Untuk browser bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.
  • Setelah browser terbuka, silakan Anda ketikkan 192.162.0.1 pada kolom browser yang Anda miliki.
  • Jika sudah maka akan muncul tampilan halaman homepage untuk masuk ke akun router yang Anda miliki. Kalau modem tersebut masih default maka untuk kolom ‘username’ dan ‘password’ silakan dimasukkan ‘admin’. Namun kalau sudah pernah diubah, silakan masukkan username dan kata sandi sesuai dengan yang Anda miliki.
  • Apabila Anda sudah berhasil masuk, silahkan cari menu “Wireless Settings”. Kemudian ubah ke mode “11bgn mixed”.
  • Kalau sudah, silahkan Anda bisa tekan “Save” untuk menyimpan pengaturannya.
  • Langkah terakhir adalah dengan melakukan restart router untuk melihat hasilnya.

Umumnya, cara di atas cukup ampuh digunakan untuk mengatasi koneksi modem wifi yang kurang stabil kinerjanya.

3. Melakukan Reboot Pada Router Wifi

Khusus pengguna jaringan Indihome, cara tingkatkan kecepatan wifi Indihome yang bisa digunakan selanjutnya adalah melakukan reboot wifi yang Anda miliki. Tujuan dari melakukan reboot ini adalah untuk membersihkan gangguan yang terjadi pada router. Adanya gangguan pada router sering menjadi penyebab utama mengapa koneksi internet menjadi tidak stabil.

Reboot dan restart adalah dua langkah yang berbeda. Proses reboot dilakukan dengan cara masuk ke dalam sistem pengaturan Wifi. Untuk memudahkan proses reboot, sebaiknya Anda menggunakan laptop.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk melakukan reboot pada perangkat wifi yang Anda miliki :

  • Terlebih dahulu Anda perlu menghubungkan perangkat laptop dengan koneksi jaringan wifi yang akan di-reboot.
  • Setelah terhubung, silakan buka browser yang Anda miliki.
  • Kemudian ketikkan IP berupa : 192.168.0.1 atau 192.168.1.1 pada tab browser yang Anda miliki.
  • Setelah itu akan muncul laman untuk login. Anda bisa login ke dalam sistem dengan memasukkan username dan kata sandi perangkat. Jika perangkat masih default maka username dan kata sandinya adalah “Admin”.
  • Kalau Anda sudah masuk ke dalam sistem, silakan pilih bagian menu “System Tools a Reboot”.
  • Kemudian silahkan Anda bisa klik bagian “Reboot”.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu proses reboot dilakukan. Untuk proses reboot sendiri biasanya membutuhkan waktu sedikit agak lama. Jadi sebaiknya Anda perlu menunggu proses reboot tersebut hingga selesai dilakukan.

4. Mengganti DNS menggunakan Google Public DNS

Tips atasi kendala wifi yang bisa dipertimbangkan selanjutnya adalah melakukan penggantian DNS menggunakan Google Public DNS. Cara ini kerap digunakan oleh para pemilik jaringan Wifi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada internetnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang perlu Anda lakukan jika ingin mengganti DNS menggunakan Google Public DNS :

  • Hubungkan laptop Anda dengan jaringan wifi yang akan diubah DNS-nya.
  • Setelah terhubung, silakan Anda bisa membuka menu “Control Panel” pada laptop tersebut.
  • Kemudian silahkan pilih menu “ Jaringan dan Internet”.
  • Setelah itu, silakan Ada klik pada nama Wifi yang terhubung ke perangkat. Tujuannya adalah untuk membuka jendela informasi Wifi.
  • Kalau sudah terbuka, selanjutnya Anda bisa klik bagian “Properties” dan silakan pilih RCP/IPV4.
  • Pada bagian jendela IPV4, silakan Anda bisa pilih “Gunakan Alamat DNS Berikut”.
  • Kemudian ketikkan alamat Google dan klik “OK”.
  • Kemudian lakukan proses yang sama untuk bagian menu IPV6.
  • Kalau sudah, silakan Anda bisa melakukan restart pada modem atau router yang Anda miliki.

Setelah melakukan langkah penggantian DNS tersebut, silakan Anda bisa mencoba menghubungkan kembali perangkat dengan wifi. Kemudian tes apakah koneksi internetnya sudah kembali lancar atau belum.

5. Memperbarui Driver Adaptor Wifi Pada Perangkat

Terkadang, penyebab perangkat tidak bisa terhubung ke internet bukan hanya disebabkan oleh perangkat modem atau router yang Anda gunakan. Namun bisa juga terjadi karena ketidakmampuan perangkat untuk menangkap sinyal wifi yang Anda gunakan.

Pada beberapa kasus terutama di laptop dan PC, gangguan pada driver adapter wifi bisa menyebabkan perangkat susah terhubung ke internet. Solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan update pada driver perangkat yang Anda miliki.

Bagi Anda yang masih bingung cara update driver wifi di laptop, berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Bagi Anda para pengguna Windows 10, silakan klik bagian Windows Search dan kemudian ketikkan Device Manager.
  • Setelah terbuka, silakan Anda bisa klik bagian Network Adapters.
  • Kemudian silahkan klik kanan pada bagian driver yang ingin diperbarui.
  • Tunggu proses update hingga selesai dilakukan.

Biasanya, tips atasi kendala wifi dengan cara update adapter ini relatif agak sedikit lama. Selain perlu dilakukan dengan cara hati-hati, Anda juga perlu memastikan bahwa driver yang akan diperbarui tersebut kompatibel dengan perangkat Anda.

6. Unblock Perangkat yang Terblokir

Penyebab lain yang membuat perangkat tidak bisa terhubung ke internet adalah karena terblokir. Router atau modem yang terblokir akan membuat Anda tidak bisa menghubungkan jaringan internet ke perangkat.

Untuk mengatasi perangkat yang terblokir dari jaringan wifi, caranya adalah masuk ke bagian konfigurasi router yang Ada miliki. caranya pun terbilang cukup mudah. Anda bisa melakukan unblock ini menggunakan perangkat komputer ataupun juga ponsel Android.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan kalau Anda ingin unblock perangkat di jaringan wifi.

  • Login ke dalam jaringan konfigurasi router/modem yang Anda miliki.
  • Kemudian silakan lihat daftar MAC Address yang berada di dalam daftar blokir perangkat.
  • Langkah terakhir adalah dengan melakukan unblock pada MAC Address tersebut sehingga perangkat yang Anda miliki bisa kembali terhubung ke jaringan Wifi Internet Anda.

Cara membuka blokir ini untuk mengecek apakah perangkat Anda memang tidak sengaja terblokir oleh jaringan. 

7. Tips Atasi Kendala Wifi Dengan Ganti Modem atau Router

Tips selanjutnya yang juga bisa digunakan untuk mengatasi jaringan internet wifi yang buruk adalah dengan mengganti modem atau router. Karena satu dan lain hal, bisa saja router wifi yang Anda miliki sudah tidak berada dalam kondisi yang baik.

Sehingga kondisi ini bisa saja memicu terjadinya penurunan kinerja pada perangkat router tersebut. Akibatnya, jaringan wifi yang Anda miliki tidak bisa berjalan secara optimal yang mengakibatkan perangkat menjadi susah terhubung ke internet.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba mengganti modem atau router wifi yang Anda miliki. Pastikan Anda mengganti router dengan spesifikasi yang sesuai. Kalau Anda ingin melakukan penggantian router, ada baiknya jika Anda menghubungi provider tempat Anda berlangganan internet.

8. Hindari Suhu Terlalu Panas pada Router

Disadari atau tidak, suhu yang tinggi bisa menjadi musuh utama bagi berbagai macam perlengkapan elektronik. Termasuk perangkat router internet yang Anda miliki. Ketika modem atau router berada dalam kondisi yang terlalu panas maka akan membuat kinerjanya mengalami penurunan.

Akibatnya router tersebut tidak akan bisa memancarkan sinyal wifi internet secara maksimal. Bahkan sinyal wifi yang dihasilkan pun bisa hilang. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga router agar tetap berada dalam kondisi suhu ruangan yang ideal.

Caranya, Anda bisa memastikan bahwa router tersebut terpasang pada ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, pastikan juga kalau router memiliki lubang angin yang mencukupi untuk memastikan bahwa koneksi internet Anda tetap stabil.

Untuk perawatan, Anda bisa juga mematikan router secara berkala. Tujuannya untuk menghindari terjadinya overheat pada router dan juga menjaga performa yang dimilikinya.

Itulah beberapa tips atasi kendala wifi tidak bisa tersambung yang perlu Anda ketahui. Kini, Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi kalau mengalami permasalahan terkait dengan jaringan koneksi wifi yang sudah tersambung ke perangkat. Jika masih ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar Ngobrasiana.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button