Kenali Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan untuk Pengajuan KTA

  • Whatsapp
Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan – BRI mendorong perekonomian kerakyatan dalam berbagai sektor di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya produk kredit yang diluncurkan tanpa jaminan untuk memajukan perekonomian kerakyatan. Produk kredit tanpa jaminan biasa disebut juga dengan KTA. Ada beberapa syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk mengajukan KTA tersebut.

Apa Itu KTA BRI?

Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan

KTA BRI adalah Kredit tanpa Agunan yang diterbitkan oleh BRI. Sebagai kredit tanpa agunan atau jaminan dari bank BRI ini bisa diajukan oleh siapa saja yang berusia produktif dan memiliki penghasilan tetap. Namun, untuk mengajukan KTA ini terdapat syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan , yang harus dilengkapi.

Syarat pinjaman BRI tanpa jaminan untuk pengajuan KTA yang paling krusial adalah KTP dan memiliki penghasilan yang tetap baik dari usaha maupun dari gaji. Kelayakan seseorang dalam mengajukan kredit menjadi paling penting untuk diberikan kredit, mengingat kemampuan pembayaran kredit ke depannya.

Produk KTA lainnya dari BRI adalah BRIGUNA KARYA. Produk Kredit Tanpa Agunan ini bisa digunakan untuk kepentingan non produktif, seperti pembangunan rumah, pengobatan, pembelian kendaraan. Dengan syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan ini, boleh diajukan untuk mereka yang berstatus sebagai karyawan tetap dan memiliki gaji atau penghasilan tetap setiap bulannya.

Beberapa Syarat Pinjaman BRI Tanpa Jaminan

Beberapa Syarat Pinjaman BRI Tanpa Jaminan

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, pinjaman BRI tanpa jaminan dibagi menjadi dua, yaitu pinjaman untuk usaha dan juga untuk kepentingan non produktif. Kemudahan kredit tanpa jaminan tersebut memperingan syarat yang harus diajukan oleh pemohon. Adapun syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan adalah sebagai berikut:

1. Untuk Usaha

Produk BRI yang diperuntukan untuk kepentingan usaha, harus melengkapi beberapa syarat  Dengan demikian, pengajuan kredit pun bisa disetujui oleh pihak bank BRI sekalipun dilakukan tanpa jaminan atau agunan seperti pengajuan kredit pada umumnya. Berikut syarat yang harus dilengkapi:

  • KTP Suami/Istri
  • KK
  • Buku Nikah
  • Surat Keterangan Usaha, sekurang-kurangnya usaha yang dilakukan minimal 2 tahun
  • NPWP
  • Tidak sedang menerima kredit dari Bank atau Lembaga Pemberi Pinjaman lainnya

2. Untuk Kepentingan Non Produktif

Kredit tanpa jaminan dari bank BRI pun membiayai kepentingan non produktif. Misalnya untuk pembangunan rumah, pembelian kendaraan, pengobatan, biaya pendidikan, beberapa cabang BRI pun membiayai produk kredit tanpa jaminan untuk kepentingan pernikahan. Berikut ini beberapa syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan untuk kepentingan non produktif:

  • KTP Suami dan Istri untuk yang sudah menikah
  • KK
  • KTP Penjamin bagi yang belum menikah
  • Slip gaji
  • Surat Keterangan Kerja dan sudah menjadi pegawai tetap
  • Surat Rekomendasi dari atasan
  • Mengisi Form Pemohon Pengajuan Pinjaman

Peruntukan dan Tujuan KTA

Bank BRI mengeluarkan produk kredit tanpa jaminan untuk memfasilitasi pembiayaan produktif dan non produktif. Agar lebih terperinci, berikut ini penjelasan mengenai tujuan Bank BRI mengeluarkan kredit tanpa jaminan. Berikut penjelasannya:

1. Untuk Memfasilitasi Permodalan Usaha Kecil

Adanya produk kredit tanpa jaminan dari bank BRI merupakan upaya Pemerintah untuk memfasilitasi permodalan usaha kecil. Sebagai bank yang mendukung ekonomi kerakyatan, bank BRI mengeluarkan produk kredit tanpa agunan yang diperuntukan memfasilitasi permodalan Usaha kecil.

2. Mendukung Program Pemerintah untuk Meningkatkan Kesejahteraan

Pemerintah selalu senantiasa berusaha mensejahterakan rakyat di bidang perekonomian. Maka dari itu, BRI sebagai bank BUMN dan mewakili Pemerintah mengeluarkan produk kredit tanpa jaminan yang diperuntukan mendukung program Pemerintah meningkatkan kesejahteraan.

3. Mendukung Pinjaman Khusus Karyawan

Peruntukan lainnya, asanya Kredit tanpa jaminan (agunan) dari BRI adalah untuk mendukung pinjaman karyawan non produktif. Selama ini, pinjaman untuk karyawan hanya terbatas pada koperasi. Dengan adanya Kredit tanpa agunan dari BRI diperuntukan mendukung pinjaman khusus karyawan yang tidak memiliki jaminan.

4. Memfasilitasi Pinjaman Untuk Kepemilikan Rumah

Di Indonesia masih banyak keluarga yang belum memiliki rumah pribadi. Untuk memeratakan kepemilikan rumah tersebut, bank BRI mengeluarkan produk tanpa agunan untuk memfasilitasi kepemilikan rumah rakyat. Sehingga diharapkan banyak kepala rumah tangga yang memiliki rumah dengan mengajukan kredit tanpa agunan.

5. Meningkatkan UMKM agar Lebih Mengembangkan Usahanya

UMKM yang hendak mengembangkan usahanya seringkali merasa kesulitan untuk mendapatkan dana pinjaman dari perbankan karena tidak memiliki permodalan. Oleh sebab itu, dengan diluncurkan kredit tanpa agunan oleh bank BRI dapat mendukung UMKM agar dapat mengembsngkan usahanya.

Related posts