Simulasi Pinjaman Bank Mandiri Syariah dan Bank Konvensional

  • Whatsapp
Simulasi Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Semakin menjamurnya perbankan syariah, menghadirkan macam-macam produk perbankan  syariah di Indonesia.  Salah satunya adalah, produk pinjaman yang berbasis syariah, yang diterbitkan oleh Bank Mandiri Syariah. Dengan demikian, para nasabah tersebut harus mengetahui simulasi pinjaman bank Mandiri Syariah sebelum mengajukan pinjaman.

Simulasi Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Memilih produk perbankan berbasis syariah banyak dilakukan oleh umat Islam. Pasalnya, tata sistem perbankan syariah sesuai dengan kaidah ekonomi Islam. Dengan demikian, banyak umat Islam yang memilih untuk mengajukan pinjaman dengan konsep syariah. Salah satu produk pinjaman terbaik tersebut diterbitkan oleh bank Mandiri Syariah.

Berdasarkan hal tersebut, bagi seluruh nasabah bank Mandiri Syariah yang akan mengajukan pinjaman sebaiknya mengetahui simulasi pinjaman bank Mandiri Syariah, sebelum mengajukan pinjaman di bank tersebut. Bank Mandiri Syariah menggunakan akad bagi hasil untuk memperhitungkan laba atas pinjaman yang diterbitkannya.

Simulasi pinjaman di bank Mandiri Syariah, diperhitungkanm berdasarkan suku bunga yang berlaku pada saat itu. Dengan limit kredit antara Rp5 juta – Rp200 juta serta tenor hingga 60 bulan. Berikut ini simulasinya:

Simulasi pinjaman di bank Mandiri Syariah

Simulasi Pinjaman Bank Mandiri Konvensional

Berbeda dengan pinjaman syariah yang menggunakan prinsip bagi hasil antara nasabah bank Mandiri Syariah dengan bank tersebut dalam bertransaksi pinjaman. Bank Mandiri konvensional menggunakan sistem bunga dalam mengambil keuntungan dari produk pinjaman yang diterbitkannya. Adapun simulasinya disajikan dalam tabel berikut ini untuk pinjaman KUR:

Pinjaman Bank Mandiri Konvensional

Bank Mandiri konvensional telah menggunakan sistem perbankan yang canggih. Dengan demikian, untuk Produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan KPR bisa menggunakan kalkulator online.  Calon nasabah hanya perlu memasukan jumlah penghasilan yang diterimanya  setiap bulan dan jenis pinjamannya. Selanjutnya, kalkulator online tersebut akan menghitung sendiri simulasi cicilan yang harus dibayar setiap bulannya,

Perhitungan simulasi untuk bank Mandiri konvensional lebih spesifik, karena produk yang dihasilkannya pun lebih beragam. Terlebih, untuk bank Mandiri konvensional masih memiliki nasabah dengan beragam suku dan agama. Oleh sebab itu, perhitungan yang dilakukannya pun bersifat menyeluruh.

Kelebihan Pinjaman Melalui Bank Mandiri Syariah

Kelebihan Pinjaman Melalui Bank Mandiri Syariah

Sebagai negara yang beragama Islam terbesar di dunia, memilih untuk beralih ke bank Syariah merupakan bagian dari anjuran agama. Oleh sebab itu, saat ini banyak yang menggunakan pinjaman berbasis syariah yang dilakukan oleh umat Islam. Pasalnya, ada beberapa kelebihan dari pinjaman tersebut:

1. Bebas Riba Bagi Umat Islam

Riba merupakan sesuatu yang sangat diharamkan bagi umat Islam.  Bahkan sebagian besar ulama sepakat, bahwa bunga bank adalah bagian dari riba dan haram untuk dimakan. Oleh sebab itu, para umat Islam memilih pinjaman di bank Mandiri Syariah, dengan mengetahui terlebih dahulu simulasi pinjaman bank Mandiri Syariah yang disinyalir bebas riba.

2. Berlaku untuk Pinjaman Pembiayaan yang Halal

Kelebihan pinjaman berbasis syariah hanya diperuntukan untuk usaha yang halal. Dengan demikian, nasabah yang beragama Islam pun tidak perlu khawatir atau was-was akan transaksi yang dilakukan. Untuk hal ini, pihak bank akan melakukan wawancara pada calon debitur.

3. Limit Pinjaman Mencapai Rp200 juta

Kelebihan lainnya dari pinjaman yang dapat diajukan di bank Mandiri Syariah, nasabah berhak mengajukan pinjaman hingga mencapai Rp200 juta. Jumlah tersebut tentunya tidak sedikit. Sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu simulasi pinjaman bank Mandiri Syariah, dengan plafon kredit yang besar.

4. Proses Lebih Cepat

Kelebihan lainnya, mengajukan pinjaman di bank Mandiri Syariah adalah proses pengajuan lebih cepat. Hal tersebut berdasarkan prinsip-prinsip keislaman dalam bertransaksi tidak boleh ada yang dirugikan. Bahkan dari segi waktu sekalipun, karena jika hal tersebut terjadi maka akan menimbulkan riba.

5. Terdapat 4 Paket Pilihan Pelunasan

Poin ini menjelaskan bahwa pinjaman yang terdapat di Bank Mandiri Syariah bisa dipilih dalam 4 paket pelunasan dalam kurun waktu 4 – 10 tahun. Semakin besar pinjaman yang diambil, sebaiknya semakin besar pula paket yang diambil agar tidak mengalami kesulitan pembayaran angsuran selama masa kredit.

Pentingnya untuk mengetahui simulasi pinjaman bank Mandiri Syariah, sebelum mengajukan pinjaman pada bank tersebut. Pasalnya, secara umum bank tersebut dibagi antara dua kategori yaitu bank konvensional dan bank syariah. Tentunya terdapat perbedaan antara pemberlakuan nilai pinjaman sekalipun berada di bawah naungan manajemen yang sama.

Related posts