5 Penyebab Utama HP Panas, Yang Terakhir Ngeri!

  • Whatsapp

Semangat pagi, kali ini admin teknologis.net akan membagikan cara mengetahui hp/smartphone/iphone panas.

Penyebab utama HP panas bisa karena berbagai hal, apabila HP panas tetap dibiarkan saja, maka akibatnya bisa fatal, seperti meledak atau terbakar. Lalu apa saja yang menyebabkan HP Panas? Diantaranya adalah, berikut sebabnya :

Read More

1. Overcharging

over charging

Pertama, kemungkinan HP Overcharging, atau terlalu lama di charge. Saat HP sudah penuh seharusnya arus listrik diputus dengan cara melepaskan HP dari charger, agar HP tak over charging, jadi apabila ngecharge HP sebaiknya jangan ditinggal terlalu lama agar tidak overcharging.

2. Menggunakan HP saat Sedang Dicharge

main hp bareng dicharger

Ini sangat tidak direkomendasikan, apalagi jika menggunakannya dalam waktu lama. Disatu sisi HP sedang menerima aliran listrik, disisi lain Anda juga menggunakannya, listrik yang masuk ke baterai langsung Anda gunkana lagi untuk menjalankan aplikasi HP, entah itu bermain game atau menonton video.

HP bekerja 2 kali, menerima listrik dan menyimpannya dalam baterai dan menyalurkan listrik ke komponen smartphone lainnya, maka wajar jika HP kemudian panas, cepat panas lebih tepatnya.

Selain cepat panas, baterai HP juga berpotensi cepat aus.

3. Bermain Game Secara Berlebihan

Sebab lain yang dapat membuat HP menjadi panas, adalah bermain secara berlebihan, berlebihan dalam menggunakan HP terutama main game akan memacu kinerja GPU dan baterai, GPU butuh banyak energi listrik, akibatanya HP akan mudah panas, terlebih lag apabila HP Anda tak memiliki kipas angin atau pendingin.

Maka sebaiknya jangan menggunakan HP untuk bermain Game secara berlebihan, cukup main 1 atau 2 jam, istirahatkan sekitar 30 menit, kemudian main lagi. Dengan begitu HP Anda akan lebih awet.

4. Multitasking Aplikasi

android multitasking

Multitasking aplikasi juga bisa membuat HP panas, ini karena kinerja layar, chipset dan juga baterai yang dipaksa terus melakukan tugas-tugasnya demi memuaskan kegiatan usernya.

Jadi sebaiknya jangan terlalu lama menggunakan HP untuk multi tasking, gunakan cukup 1-2 jam saja, setelah itu gunakan secara normal.

5. Terdapat Malware di HP

malware di android

Nah ini harus hati-hati, malwere ternyata bisa membuat HP lebih panas, terutama ketika sedang digunakan. Salah satu kasus yang cukup terkenal adalah ketika salah satu aplikasi gaming bernama Bug Swasher disusupi malwere.

Jadi setiap orang yang mendownload dan mengintal Bug Swasher di HPnya akan terkena malwere, dimana malwere tersebut bertujuan untuk menambang bitcoin tanpa sepengetahuan si pemilik HP. Dalam menambang, malwere tersebut memanfaat seluruh sumber daya yang tersedia, misalnya GPU dan baterai HP untuk mentenagai operasinya.

Jadi apabila ponsel Anda tiba-tiba panas tanpa sebab apapun, coba cari tahu, jangan-jangan ada malwerenya.

Untuk menghilagkan malwere yang sudah terlanjur ada, bisa dihilangkan, dengan cara update OS ke versi terbaru.
Sekian ya dari teknologis.net semoga dapat bermanfaat mengatasi HP/smarphone/iphone panas. Terimakasih

Related posts