Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73 - 00

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73 

Posted on 589 views

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73 membahas tentang Menjelajah Angkasa Luar sahabat pada Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Kunci jawaban Lengkap kelas 6 tema 9.

Kunci jawaban tematik Tema 9 Kelas 6 pada Subtema 1 Pembelajaran 6 terdiri dari 3 muatan pelajaran yaitu SBDP, PPKn dan Bahasa Indonesia.

Pada artikel ini terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 63
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 66
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 67
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 70
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 72
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 73

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73

Lihatlah sekelilingmu! Keteraturan yang diperlihatkan alam sekitar kita memang menakjubkan! Lihatlah Matahari yang tidak pernah terlambat terbit dan tenggelam. Keteraturan yang terjadi membantu manusia untuk memperkirakan apa yang akan terjadi dan melakukan perencanaan sesuai keteraturan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar kegiatan berikut ini dengan saksama. Lalu, diskusikan pendapatmu dengan teman sekelompokmu tentang peristiwa dalam gambar dengan upaya keteraturan yang diupayakan masyarakat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73 01

Gambar tersebut menunjukkan keteraturan dalam berbaris saat siswa mengikuti kegiatan upacara/kegiatan yang lain. Dengan adanya keteraturan tersebut maka diharapkan akan muncul kebersamaan dan kekeluargaan tanpa adanya diskriminasi, sehingga akan muncul sikap persamaan derajat, yang pada akhirnya akan menimbulkan sikap persatuan dan kesatuan di kalangan siswa.

Ayo Membaca

Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Peristiwa sejarah bangsa Indonesia mendorong para pendiri bangsa untuk mempertahankan dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dengan berbagai cara. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebaiknya dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah pusaka yang harus dipelihara.

Persatuan dan kesatuan bangsa sangat penting bagi warga negara secara individu, sebagai masyarakat, dan juga sebagai bangsa dan negara.

  1. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bagi Diri Sendiri

Bagi diri sendiri, persatuan dan kesatuan mengandung arti bahwa setiap keinginan dan kepentingan pribadi harus disesuaikan dengan mengutamakan kepentingan orang banyak. Menghargai semangat persatuan memiliki arti penting bagi diri sendiri, di antaranya yaitu:

  1. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan saling menghargai dalam hidup bermasyarakat.
  2. Memperkuat persatuan di dalam keluarga yang dapat memengaruhi semangat persatuan di masyarakat.
  3. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan bagi Masyarakat

Dalam kehidupan masyarakat semangat persatuan dan kesatuan harus dimiliki seluruh anggota masyarakat, karena:

  1. Masyarakat yang bersatu akan lebih mudah menyelesaikan masalah di sekitarnya sehingga tercapai masyarakat yang aman, tenteram, dan damai.
  2. Masyarakat yang bersatu dapat mengatasi konflik dalam masyarakat yang dapat memecah belah.
  3. Dapat menumbuhkan sikap saling menghormati, bekerja sama, dan gotong royong dalam masyarakat.
  4. Pentingnya Persatuan dan Kesatuan Bagi Bangsa dan Negara Indonesia

Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Bangsa yang bersatu akan lebih cepat dan mudah mencapai tujuan untuk menjadi masyarakat yang adil dan makmur.

Tujuan tersebut harus berdasarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Dasar Negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Bangsa yang bersatu akan menjadi bangsa yang kuat dan dapat menyelesaikan permasalahannya dengan lebih baik.

Bangsa yang bersatu akan selalu melestarikan unsur-unsur sosial budaya seperti sikap kekeluargaan dan jiwa gotong royong.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 66

Ayo Berdiskusi

  1. Bersama kelompokmu, lakukanlah kegiatan sebagai berikut :
  2. Bacalah kembali bacaan “Pentingnya persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia” dengan saksama. Tentukan beberapa informasi-informasi penting yang terdapat di dalam bacaan.
  3. Gunakan tabel berikut ini untuk mengingat ide-ide pokok dari bacaan tersebut.
    Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73 02
  4. Diskusikan bersama dengan kelompokmu peristiwa-peristiwa yang terjadi yang menunjukkan pentingnya persatuan dan kesatuan bagi diri sendiri, masyarakat serta bangsa dan negara. Kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi untuk menjelaskan peristiwa tersebut.
  5. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk memberikan pertanyaan berdasarkan presentasimu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 67

  1. Membuat Pertanyaan

Dari hasil diskusi dan presentasi dari kelompokmu dan kelompok lain, catatlah hal-hal menarik dan tuliskanlah pertanyaan yang berhubungan dengan isi presentasi tersebut. Catat dan tuliskanlah di tempat yang tersedia.