Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49

Posted on 279 views

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49 pada pembelajaran Tema 1 Menjelajah Angkasa Luar Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan pada Pembelajaran 1 terdiri dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Menjelajah Angkasa Luar

Pada artikel Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49 di Ngobrasiana.com membahas beberapa subhalaman jawaban yaitu

  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 42
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 43
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 46
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 48
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 49

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018. Mari simak Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 42 43 46 48 49

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar di atas! Tahukah kamu benda apakah itu? Benda itu dibuat oleh manusia di bumi. Benda itu diluncurkan ke luar angkasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, terutama untuk kebutuhan komunikasi.

Terdapat lebih dari 24.500 benda buatan manusia yang beredar di luar angkasa (data menurut SSN. (www.amazine.com).

Apa yang terjadi dengan benda-benda itu? Untuk apa sajakah benda-benda itu dibuat? Bagaimana cara manusia meluncurkannya dari bumi?

Tahukah kamu bahwa yang kamu lihat itu adalah gambar salah satu satelit buatan. Satelit buatan ini dikirimkan ke orbit bumi dengan tujuan tertentu.

Manusia telah lama meluncurkan satelit buatan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Satelit buatan diluncurkan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa melalui roket.

Satelit tersebut akan mengumpulkan data dan informasi yang akan dikirimkan ke bumi. Ada berbagai misi dalam peluncuran satelit buatan manusia.

Diantaranya yaitu untuk keperluan komunikasi dan informasi. Tahukah kamu misi lain satelit-satelit buatan manusia? Untuk mengetahuinya, mari kita simak percakapan Udin dan Made.

Udin : “Aku baru mengerti bahwa satelitlah yang membantu kita melakukan komunikasi dengan cepat dan akurat. Kata Ayah, berkat satelit, kini semua informasi tersedia dengan mudah dan cepat. Ayah bilang, dulu sangat sulit untuk menyampaikan pesan ke seluruh kampung. Masyarakat harus menggunakan kentongan yang dipukul keras-keras. Sekarang, aku tidak pernah melihat itu terjadi di tempat tinggalku!”

Made : ”Iya, Ayah dan Ibuku pun menceritakan hal yang sama. Sekarang, semua informasi dapat disampaikan dengan cepat. Misalnya, jika ada tetangga yang sakit atau perlu bantuan, biasanya Pak RT memberi tahu warga lewat telepon atau pesan singkat. Bantuan pun segera datang.”

Udin : ”Itukah yang disebut dengan kehidupan masyarakat modern? Serba cepat dan dapat menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Tetapi, Ayah mengatakan ada juga beberapa hal yang harus diwaspadai oleh masyarakat modern. Ayah belum sempat menceritakannya kepadaku. Tahukah kamu, Made?”

Made : ”Ah, aku tahu itu! Saat ini mudah untuk mengetahui apa saja yang ingin kita ketahui! Pergi ke perpustakaan, yuk! Ada beberapa sumber informasi yang dapat kita gunakan untuk menjawab pertanyaan itu! Kita bisa meminta bantuan pustakawan di sana untuk membantu kita. Pasti ada artikel yang telah membahas hal itu!”

Ayo Membaca

Dampak Sosial Modernisasi

Modernisasi banyak membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat. Salah satunya adalah usaha manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu kebutuhan manusia yang berkembang pesat adalah kebutuhan teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat saat ini.