Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 174 175 176 177 181

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 174 175 176 177 181

Motif batik pesisir mengabaikan makna simbolis, dan Iebih menekankan segi keindahan motif. Selain itu, banyak ditemukan pengaruh budaya Eropa dan Cina pada motif pesisir.

Sebagai contoh, motif putri salju dan motif cinderela pada batik PekaIongan, dan motif mega mendung pada batik Cirebon. Di daerah Jambi dan Cirebon terdapat batik dengan motif kaligrafi arab.

Di Jambi, motif ini disebut motif basurek yang berarti bersurat, disebut demikian karena isinya merupakan penggalan surat dalam Al-Quran.

Kamu sudah membaca bacaan mengenai batik di Indonesia.Kamu juga telah mengetahui tentang bagaimana membuat batik jumputan (ikat celup). Batik jumputan merupakan kain batik yang dikerjakan dengan teknik sangat sederhana.

Coba kamu bandingan dengan batik cap dan batik tulis. Jenis kain batik tersebut dibuat dengan teknik yang lebih rumit, yaitu menggunakan lilin sebagai bahan penutup dan proses pelorotan setelah pencelupan dalam bahan pewarna.

Ayo Berkreasi

Sekarang, saatnya kamu berkreasi membuat batik dengan teknik perintangan sederhana. Perhatikan langkah-langkahnya, kemudian tirukan. Berhati-hatilah saat berkarya, apalagi saat menggunakan api dan air mendidih. Perhatikan keselamatanmu.

  1. Menyiapkan alat dan bahan
  2. Membuat pola gambar pada kain
  3. Menutup bagian gambar dengan lilin
  4. Menyiapkan larutan untuk merendam kain
  5. Mencelupkan dan menghilangkan lilin
  6. Hasil jadi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 181

Ayo Berdiskusi

Persiapkan pameran hasil karya bersama teman-teman satu kelas setelah ujian kenaikan kelas. Apa saja persiapan yang akan kalian lakukan.

Coba, diskusikan bersama teman satu kelas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Akhir Kata

Demikian Artikel tentang Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 174 175 176 177 181. Terimakasih sudah membaca artikel, semoga dapat membantu teman-teman. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar ya

Related posts