Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129 130 131 132 133 134 135 136

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129 130 131 132 133 134 135 136

Advertisement

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129 130 131 132 133 134 135 136 – membahas tentang Benda-Benda di Sekitar Kita pada Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Pembelajaran 2 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI. Muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga  Kunci jawaban Lengkap kelas 5 tema 9.

Pada artikel kali ini yang dapat disampaikan Ngobrasiana.com terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Jawaban Soal Halaman 129
  • Jawaban Soal Halaman 130
  • Jawaban Soal Halaman 131
  • Jawaban Soal Halaman 132
  • Jawaban Soal Halaman 133
  • Jawaban Soal Halaman 134
  • Jawaban Soal Halaman 135
  • Jawaban Soal Halaman 136

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas  dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR). mari simak selengkapnya di Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129 130 131 132 133 134 135 136.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129 130 131 132 133 134 135 136

Rabu pagi, Edo bersiap-siap berangkat ke sekolah. Edo memakai baju batik yang merupakan seragam identitas sekolahnya. Sebelum berangkat, Edo tidak lupa menyantap sarapan pagi dan minuman gelas susu yang telah disiapkan oleh ibunya.

Ayo Mengamati

Pagi itu Edo berangkat sekolah. Tidak lupa Edo berpamitan dengan ayah dan ibunya. Sesampai di sekolah, Edo belajar mengenai iklan.

Edo dan teman-teman mengamati sebuah iklan dari selebaran yang dibawa oleh Ibu Guru. Pada pembahasan tentang iklan sebelumnya, kamu telah mengetahui tentang pengertian iklan, ciri-ciri iklan, dan bentuk-bentuk iklan di media cetak.

Sekarang kamu akan mempelajari tentang unsur-unsur iklan dan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam pembuatan iklan di media cetak.

Advertisement

Advertisement

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 129

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  • Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  • Menggunakan kata konotasi positif.
  • Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 130

Ayo Berlatih

Untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

Setelah kamu membaca iklan tersebut, jawablah pertanyaan di bawah ini.

  1. Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam iklan di atas.

Unsur yang terdapat pada iklan baris tersebut adalah :

  • Nama produk
  • Gambar yang menarik
  • Kalimat iklan
  • Keunggulan produk
  • Nomor telepon
  • Alamat pengiklan
  1. Bagaimana ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan tersebut?

Ciri-ciri bahasa yang terdapat pada iklan baris, yaitu menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

Advertisement

  1. Buatlah gambar (visual) tentang kesimpulan isi teks paparan iklan di atas.

Ayo Membaca

Setelah mempelajari dan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan iklan, Edo dan teman-teman beristirahat. Edo dan Dayu pergi ke kantin sekolah.

Mereka membeli segelas teh manis. Edo memperhatikan saat Ibu kantin membuat teh manis. Teh manis dibuat dengan mencampurkan gula pasir dengan air teh kemudian diaduk rata.

Setelah Ibu kantin selesai membuat teh manis, diserahkannya teh manis tersebut kepada Edo dan Dayu. Setelah membayarnya, mereka segera menikmati teh manis sambil duduk di kantin sekolah.

Kamu tentu masih ingat tentang pengelompokan zat menjadi zat tunggal dan campuran. Zat tunggal terdiri atas unsur dan senyawa. Kali ini kamu dapat mempelajari tentang zat campuran dengan lebih terperinci.

Simak penjelasan berikut.

Saat Ibu kantin membuat teh manis untuk Edo, berarti Ibu kantin membuat suatu campuran. Campuran yang dibuat oleh Ibu kantin yaitu campuran antara gula pasir dan air teh sebagai pelarut. Kamu juga dapat membuat campuran sendiri.

Misalnya, saat kamu membuat susu. Kamu akan mencampurkan susu dengan air. Saat kamu membuatkan kopi untuk ayahmu, kamu akan mencampurkan kopi, gula, dan air. Pada dasarnya, suatu campuran dapat berupa unsur dengan unsur ataupun unsur dengan senyawa.

Komposisi unsur-unsur atau senyawa penyusun suatu campuran tidak tertentu. Sifat asli zat-zat pembentuk campuran masih tampak, sehingga komponen penyusun campuran tersebut dapat dikenali dan dapat dipisahkan lagi.

Ada dua macam campuran, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Pada subtema sebelumnya telah dibahas hal tersebut.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 131

Ayo Berlatih

  1. Coba amati segelas air gula. Gula tercampur sempurna dengan air sehingga campuran antara gula dengan air tampak jernih. Berarti dalam hal ini gula tercampur rata dengan air. Termasuk campuran apakah peristiwa ini? Berikan penjelasannya.

Gula tercampur rata dengan air. Campuran antara gula dengan air termasuk campuran homogen. Campuran homogen juga disebut dengan larutan. Jadi dalam larutan gula tersebut terdapat dua penyusun larutan, yaitu air sebagai pelarut dan gula sebagai zat terlarut.

  1. Cobalah amati segelas air yang di dalamnya terdapat pasir. Apakah pasir dapat larut dengan sempurna sehingga larutan terlihat jernih? Tentu tidak bukan? Termasuk campuran apakah peristiwa ini?

Campuran antara pasir dengan air termasuk campuran heterogen. Pasir tidak dapat larut dengan sempurna dalam air. Campuran heterogen adalah campuran yang zat-zat penyusunnya bercampur secara tidak merata dan campuran ini tiap-tiap bagian tidak sama susunannya .

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 132

Ayo Mencoba

Sekarang kamu telah memahami tentang campuran dan mengetahui contoh- contoh campuran. Cobalah untuk bereksperimen dengan membuat campuran seperti pada kegiatan berikut.

Advertisement

Related posts