Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99

Posted on 828 views

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99 membahas tentang Menjelajah Angkasa Luar sahabat pada Subtema 1 Keteraturan yang Menakjubkan Pembelajaran 1 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Kunci Jawaban Siswa Kelas 6 Tema 8.

Pada artikel Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99 terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Jawaban Soal Halaman 57
  • Jawaban Soal Halaman 58
  • Jawaban Soal Halaman 60

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR). Simak Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99

Ayo Mengamati

Pernahkah kamu melihat gerhana matahari? Kapan gerhana matahari dapat dilihat?

Ayo, kita cari informasi tentang gerhana matahari.

Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika bulan baru atau bulan mati. Gerhana matahari terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus. Kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan.

Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi. Oleh karena Bulan lebih kecil daripada Bumi, hanya sebagian tempat saja yang mengalami gerhana matahari.

Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin. Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan. Adapun gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti. Hal itu terjadi karena Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96

Berdasarkan informasi pada artikel Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 96 98 99 yang kamu peroleh dari bacaan, buatlah kartu informasi yang memuat informasi-informasi penting tentang gerhana matahari.

Buatlah tiga kartu informasi yang menjelaskan tiga hal berikut.

  1. Kapan gerhana matahari terjadi?

Gerhana matahari terjadi pada siang hari ketika Bulan, Bumi, dan Matahari dalam satu garis lurus.

  1. Apa yang menyebabkan gerhana matahari?

Yang menyebabkan gerhana matahari adalah kedudukan Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya Matahari ke Bumi terhalang oleh Bulan. Karena terhalang oleh Bulan, keadaan yang terang berangsur-angsur menjadi gelap. Saat terjadi gerhana matahari, bayangan Bulan akan menutupi Bumi.

  1. Apa saja jenis-jenis gerhana matahari dan apa perbedaanya?

Ada tiga jenis gerhana matahari, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkena bayangan umbra Bulan. Gerhana matahari total selalu diawali dan diakhiri oleh gerhana matahari sebagian.

Gerhana matahari sebagian terjadi di permukaan Bumi yang terkena bayangan penumbra Bulan.

Gerhana matahari cincin terjadi di permukaan Bumi yang terkena lanjutan bayang-bayang inti.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 98

Ayo Mencoba

Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima siswa. Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini!

Siapkan alat dan bahannya dan ikuti petunjuk kegiatan secara runut.

  1. Kegiatan A

Alat dan Bahan :

  • Senter (model Matahari)
  • Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model Bulan)
  • Bola plastik ukuran besar/globe (model Bumi)

Langkah Kegiatan :

  1. Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu.
    • 1 orang memegang senter (Matahari)
    • 1 orang memegang bola plastik kecil (Bulan)
    • 1 orang memegang bola plastik besar (Bumi)
    • 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil, dan bola besar mengikuti garis lurus.
    • 1 orang mengamati dan mencatat.
  1. Buat posisi seperti pada gambar!
  2. Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi.
  3. Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap.
  4. Perhatikan posisi Bulan. Apakah menurutmu Bulan menerima cahaya dari Matahari? Apakah Bumi menerima cahaya dari Matahari?

Kedudukan bulan (bola plastik kecil) berada diantara bumi (bola plastik besar) dan matahari (senter). Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya matahri (senter) ke bumi (bola plastik besar) terhalang oleh bulan (bola plastik kecil).