Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 61 62 65 66 69 70

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 61 62 65 66 69 70

Fase new moon adalah fase di mana bulan menjadi konjungsi antara matahari dan bumi.

  1. Fase Waxing Cresent (Hilal awal bulan/bulan sabit awal)

Penjelasan:

Setelah mengalami fase new moon, bulan bergerak meninggalkan konjungsi (titik tengah antara matahari dan bumi). Selama fase ini, bagian bulan yang terkena cahaya matahari hanya kurang dari setengah. Makanya, dari bumi akan terlihat bulan menyerupai bentuk seperti sabit.

  1. Fase First Quarter (Paruh awal)

Penjelasan:

Bulan terus bergerak dan kini berada di seperempat lingkaran dari posisi awal. Karena posisinya sudah pas, maka bagian matahari yang bersinar pun tepat terkena di setengah bagian bulan. Alhasil, pada fase ini kita melihat bulan berbentuk setengah lingkaran.

  1. Fase Waxing Gibbous (Cembung awal)

Penjelasan:

Setelah melewati seperempat putaran bulan, maka fase selanjutnya dinamakan waxing gibbous. Saat ini, bulan berada agak “di belakang” bumi. Bagian yang terkena cahaya matahari adalah ¾-nya. Alhasil, ketika kita melihat bulan dari bumi, bentuknya menjadi cembung (bagian ¾ bulan).

  1. Full Moon (Bulan Purnama)

Penjelasan:

Fase Full Moon adalah fase di mana matahari, bumi, dan bulan, berada pada satu garis lurus. Mirip seperti pada fase first quarter. Bedanya, bulan berada di belakang bumi. Sehingga cahaya matahari yang seharusnya menyinari bulan, tertutup oleh bumi yang ukurannya lebih besar. Hasilnya, bulan terlihat bulat sempurna kayak bakso.

  1. Wanning Gibbous (Cembung akhir)

Penjelasan:

Setelah melewati “setengah putaran”, fase bulan kembali ke awal. Pergerakan bulan terus ke barat sehingga cahaya matahari sedikit tertutup oleh bumi. Hasilnya, bulan terlihat cembung (3/4 bagian bulan) dari bumi.

  1. Third Quarter (Paruh akhir)

Penjelasan:

Fase ini adalah saat di mana posisi bulan sudah mencapai ¾ putaran. Karena letaknya, cahaya matahari menyinari setengah bagian bulan. Sehingga dari bumi, bulan terlihat setengah lingkaran.

  1. Wanning Cresent (Hilal akhir bulan/bulan sabit akhir)

Penjelasan:

Seperti namanya, fase ini merupakan saat di mana bulan kembali berbentuk sabit. Saat ini, bulan sudah hampir mengitari bumi sebanyak satu putaran penuh. Setelah fase ini, bulan akhirnya kembali ke posisi awal (new moon), di mana bulan berada di depan bumi dan kembali tidak terlihat.

Presentasikan hasilnya di depan kelas!

Tahukah kamu bahwa rotasi Bulan dapat memengaruhi pasang surut air laut? Saat pasang, nelayan tidak dapat melaut. Nelayan harus menunggu hingga air laut surut.

Ayo Membaca

Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik membaca memindai!

Ayo, Mengenal Bulan

Bulan adalah satelit alami Bumi. Bulan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya.

Bulan adalah benda langit yang mudah dilihat. Meskipun tampak putih dan terang, permukaan Bulan sebenarnya gelap. Permukaan Bulan sedikit lebih cerah daripada aspal cair.

Sejak zaman kuno, posisi Bulan yang menonjol di langit dan fasenya yang teratur telah memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasa, penanggalan, seni, dan mitologi.

Pengaruh gravitasi Bulan menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan. Jarak orbit Bulan dari Bumi sekitar tiga puluh kali dari diameter Bumi. Jarak ini menyebabkan ukuran Bulan di langit tampak sama besar dengan Matahari. Ukuran yang tampak sama tersebut memungkinkan Bulan menutupi Matahari dan mengakibatkan terjadinya gerhana Matahari total.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 66

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan kembali gagasan utama dari bacaan dan informasi penting yang mendukung gagasan utama tersebut.

Gagasan Utama : Bulan adalah satelit alami bumi.

Informasi Penting :

  1. Bulan adalah benda langit.
  2. Bulan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya.
  3. Posisi Bulan dan fasenya yang teratur memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasa, penanggalan, seni, dan mitologi.
  4. Pengaruh gravitasi Bulan menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan.
  5. Jarak orbit Bulan dari Bumi sekitar tiga puluh kali dari diameter Bumi.
  6. Posisi bulan yang menutupi Matahari mengakibatkan terjadinya gerhana Matahari total.

Ayo Mengamati

Kamu sudah banyak melakukan kegiatan hari ini, baik yang kamu lakukan sendiri maupun yang kamu lakukan bersama kelompokmu. Melakukan sebuah kegiatan secara individu dan berkelompok tentu saja berbeda tantangannya. Ketika berkegiatan sendiri, kamu harus melakukan semuanya sendiri. Namun, ketika melakukan kegiatan berkelompok, kamu harus mampu bekerja sama, berkolaborasi, dan berkoordinasi dengan yang lain.

Related posts