Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94 95 97 98

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94 95 97 98

Gugut tahu benar Ida tidak pernah jajan di kantin. Ibunya tidak memberinya bekal uang jajan. Ida selalu membawa sebungkus nasi dan lauk dari rumah.

Namun, di luar dugaan Gugut, Ida tidak terusik. Sekali lagi, ia menggeleng pelan. Sampai waktu berakhir, Gugut terpaksa menyerahkan kertas ulangannya dengan lunglai.

Pada waktu istirahat Ida menghampiri Gugut.

“Maaf ya, Gugut. Aku bukan tidak ingin membantumu. Menyontek dan memberi contekan kepada teman, adalah perbuatan tidak jujur. Bahkan, perbuatan tersebut bisa dianggap sebagai korupsi kecil-kecilan” katanya kepada Gugut.

“Ah, Ida. Masa menyontek sekali saja dianggap korupsi? Setahuku korupsi nilainya milyaran, dan hanya dilakukan oleh pejabat berkuasa” kata Gugut. “Gugut, justru kita harus melatih diri. Korupsi dan menyontek sama-sama mengambil hak orang lain. Bernilai kecil atau besar, tetap saja tidak jujur. Kita membiasakan diri bertingkah laku lurus, mudah-mudahan ketika besar nanti kita tidak akan tergoda untuk melakukan korupsi. Dalam bentuk apa pun!” Ida menambahkan dengan panjang lebar.

Aku dan teman-teman sekelas yang ikut mendengarkan percakapan Ida dan Gugut terdiam setuju. Memang tidak salah kami memilih Ida sebagai pemimpin di kelas. Tidak sekadar pandai, Ida juga patut dijadikan teladan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 97 & 98

Buatlah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang cerita di atas. Berikan pertanyaanmu kepada teman di sebelahmu untuk dijawab. Tulislah pertanyaanmu pada tempat di bawah ini.

Ayo Berlatih

Kamu dan teman-temanmu sudah berlatih menilai pidato. Sekarang, buatlah teks pidato tentang pentingnya bergotong royong. Gunakanlah struktur yang sudah ditentukan.

Teks pidato harus memuat:

1. Salam pembuka

Berisikan kalimat sapaan (selamat pagi, selamat siang, selamat malam dan lain-lain)

2. Pendahuluan

Memaparkan topik permasalahan yang akan dibahas. Kali ini kamu akan membahas pengamalan persatuan dan kesatuan di lingkungan, yaitu meningkatkan kualitas warga. Kamu akan membantu adik kelas atau warga di lingkungan rumahmu untuk membaca.

3. Inti

Berisikan pembahasan topik secara lengkap. Kalimat ajakan atau bujukan digunakan untuk mengajak pendengar melakukan kegiatan yang diharapkan.

4. Keterangan lengkap tentang topik disampaikan secara rinci.

5. Penutup

Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan.

6. Salam penutup

Berisikan kalimat salam penutup, seperti ‘terima kasih’.

Selamat pagi, yang terhormat Bapak dan Ibu… yang saya hormati, dan hadirin semua yang saya cintai. Sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana atas Rahmat dan nikmat yang telah dilimpahkan olehNya kepada kita semua, sehingga pada kesempatan ini kita dapat berkumpul ditempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Hadirin yang saya hormati, bila kita mendengan kata gotong royong, maka secara otomatis yang terbersit kipikiran kita adalah bekerja atau bersih-bersih ligkungan disekitar tempat tinggal kita, tempat kerja kita, atau tempat sekolah kita. Tidak sedikit diantara kita yang merasa enggan untuk melakukannya.

Hadirin yang saya hormati, gotong royong atau kerja bakti merupakan satu hal yang sangat positif, dimana dengan adanya gotong royong, rasa kebersamaan dan rasa toleransi antar warga atau antar sesama akan semakin tinggi.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita memulai segala sesuatunya dari diri kita sendiri, luangkan sedikit waktu kita untuk bersosialisasi dengan warga dan lingkungan disekitar kita, tingkatkan keikhlasan kita. Jangan sampai harus diajak tapi usahakan semuanya kompak.

Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. Mohon maf bila ada kata atau kalimat yang kurang jelas. Terima kasih.

Demikian Artikel tentang Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94 95 97 98. Terimakasih sudah membaca artikel, semoga dapat membantu teman-teman. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar ya.

Related posts