Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94 95 97 98

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94 95 97 98

6. Tempat pertunjukan

Seni tari memerlukan tempat untuk mempertunjukkanya. Tempat pertunjukan tari biasa disebut panggung. Secara umum, jenis pentas tari ada dua: pentas tertutup dan pentas terbuka.

Pentas tertutup diadakan di dalam ruang kelas, gedung, atau aula. Sebaliknya, pentas terbuka dapat diadakan di lapangan, halaman rumah, atau bahkan di jalan.

Ayo Mencoba

1. Lihatlah sebuah video tari daerah yang dilakukan secara berpasangan.

2. Perhatikan keunikan unsur-unsur tari tersebut.

3. Tuliskan hasil pengamatanmu, lalu bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu Guru.

Indonesia merupakan negara yang kaya budaya. Sebagai pelajar, kamu dapat menjaga persatuan dan kesatuan melalui penghargaan terhadap budaya tersebut.

Mengapresiasi salah satu lagu daerah, seperti yang dilakukan Sudin, merupakan salah satu bentuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94

Ayo Berdiskusi

Semangat bermusyawarah untuk mufakat yang telah dilakukan oleh warga sekolah Sudin merupakan pencerminan dari pengamalan sila keempat Pancasila “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

Dalam kelompokmu, ayo sampaikan contoh-contoh kegiatan bermusyawarah di lingkungan sekitarmu. Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Semangat Kekeluargaan Bermusyawarah Gotong royong
semua anggota memiliki kesempatan sama untuk menikmati hasil usaha bersama rapat anggota koperasi Meningkatkan Kesejahteraan bersama
semua siswa memliki kesempatan yang sama menjadi ketua kelas Rapat pemilihan ketua kelas Mensukseskan acara pemilihan ketua kelas
Memilih petugas upacara dg seksama Rapat menentukan petugas upacara melaksanakan kewajiban bersama sebgai petugas upacara
berljar bersama diskusi kelompok menyelessaikan tgas bersama

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 95

Dalam kehidupanmu di sekolah, musyawarah sangatlah penting. Kalian bisa bermusyawarah dalam berbagai kegiatan. Namun, ada kalanya kalian tidak dapat melakukan musyawarah. Salah satunya ketika kalian mengerjakan tes atau ujian.

Diskusikanlah dengan kelompokmu tentang kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dengan musyawarah dan kegiatan-kegiatan yang harus dikerjakan sendiri. Tulislah hasilnya dalam bentuk tabel seperti berikut

Kegiatan yang dilakukan dg Musyaawarah Kegiatan yng tidak dpt dilakukan dg musyawarah
Diskusi kelompok Mengerjakan Tes atau Ujian
Mengerjakan tugas kelompok Izin tidak dapt hadir sekolah
Menentukan Petugas piket kelas Izin ke toilet
Menentukan struktur organisasi  Mengerjakan PR

Kegiatan yang Dilakukan dengan Bermusyawarah :

  • Diskusi Kelompok
  • Mengerjakan Tugas Kelompok
  • Menentukan Petugas Piket Kelas
  • Menentukan Struktur Organisasi Kelas

Kegiatan yang Tidak Dapat Dilakukan dengan Bermusyawarah :

  • Mengerjakan tes atau ujian
  • Izin tidak dapat hadir ke sekolah
  • Izin ke toilet
  • Mengerjakan PR

Ayo Membaca

Simak contoh berikut. Bacalah teks ini bersama temanmu. Ikutilah instruksi gurumu saat membaca teks ini. Perhatik tetap di Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 Halaman 94 95 97 98.

Pemimpin Idola, Pemimpin yang Jujur

Ida, teman sebangku aku. Mungil, berkulit hitam manis, tidak banyak bicara, dan pandai. Ia seorang anak yang sederhana. Ayahnya sudah lama meninggal. Ia hidup bersama ibu dan adiknya.

Ida anak yang sangat pandai. Nilai-nilainya yang selalu bagus, memberinya kesempatan meneruskan sekolah tanpa biaya. Semua buku pelajaran dan perlengkapan ditanggung oleh sekolah. Ida tak pernah malu dengan kondisi keluarganya. Bahkan ia semakin rajin belajar dan terus berprestasi.

Ida juga selalu menjadi tempat bertanya jika teman-temannya mengalami kesulitan dalam pelajaran. Teman-teman memilih Ida sebagai ketua kelas. Pandai, tenang, dapat berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjaga ketertiban kelas menjadi modal utamanya.

Hari ini, Ibu Tati mengingatkan tentang ulangan matematika. Sebagian siswa tidak siap. Termasuk Gugut, si jagoan bola, yang duduk di belakang kami. “Waduh, saya belum belajar, Bu! Kemarin, saya seharian bermain bola sampai sore. Pulang ke rumah langsung tidur, Bu!” protesnya.

Ulangan tetap berlangsung. Gugut resah. Ia menengok ke kiri dan ke kanan. Tiba-tiba, ditendangnya kursi Ida dari belakang. “Ssstt..Ida! Bantu aku dong! Geser sedikit ke kiri, agar aku bisa melihat jawaban di kertas ulanganmu!” pinta Gugut.

Ida tak bergeming. Ia hanya menggelengkan kepala pelan, tanpa menengok ke belakang. Gugut mengganggunya lagi.

“Ayo dong, Ida. Sekali ini saja. Nanti aku beri kamu uang sepuluh ribu rupiah. Kamu bisa jajan kue di kantin” rayunya.

Related posts