Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197 198 199 200 201

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197 198 199 200 201

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197 198 199 200 201 – membahas tentang peristiwa dalam kehidupan pada Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran 6 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI. Muatan pelajaran yaitu PPKn, Ilmu SBDP dan Bahasa Indonesia.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga  Kunci jawaban Lengkap kelas 5 tema 7.

Pada artikel kali ini yang dapat disampaikan Ngobrasiana.com terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Jawaban Soal Halaman 197
  • Jawaban Soal Halaman 198
  • Jawaban Soal Halaman 199
  • Jawaban Soal Halaman 200
  • Jawaban Soal Halaman 201

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas  dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR). mari simak selengkapnya di Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197 198 199 200 201 .

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 197 198 199 200 201

Sikap kepahlawanan dan patriotisme tidak hanya dibutuhkan dalam meraih cita-cita kemerdekaan bangsa. Namun,juga dibutuhkan dalam mengisi kemerdekaan.

Ingatlah sikap kepahlawanan dan patriotisme yang ditunjukkan oleh seorang guru. Manfaat apa yang kamu rasakan terhadap sikap kepahlawanan dan patriotisme guru?

Karena guru, kamu bisa membaca, menulis, dan berhitung serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kamu pun diarahkan untuk menguasai berbagai keterampilan.

Bisakah kamu membayangkan jika seorang guru tidak memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme? Pasti kamu akan menjadi anak yang miskin ilmu dan keterampilan. Kamu akan tumbuh menjadi generasi yang tertinggal.

Guru merupakan pahlawan masa kini bagi kita. Kita harus menghargai jasajasanya. Berbagai peristiwa dari masa penjajahan, pergerakan dan kebangkitan nasional, Proklamasi Kemerdekaan, dan usaha mempertahankan kedaulatan bangsa dan negara telah melahirkan banyak pejuang dan pahlawan bagi bangsa kita.

Jasa mereka begitu besar. Kita pun harus bisa menghargainya. Bagaimanakah caranya? Bacalah bacaan berikut dengan saksama.

Ayo Membaca

Menghargai Jasa Para Pahlawan

Bangsa  yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan. Pepatah itu mengingatkan kita untuk selalu menghargai jasa para pahlawan. Para pahlawan telah berjuang dengan mengorbankan harta, benda, jiwa, bahkan nyawanya untuk meraih kemerdekaan seperti yang sekarang ini kita nikmati. Berkat pengorbanan dan pengabdiannya, bangsa kita bisa terlepas dari penjajahan dan menjadi negara yang merdeka, bebas, dan berdaulat.

Kini kamu sebagai putra putri penerus bangsa mempunyai tugas untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. Kamu berkewajiban melanjutkan perjuangan pahlawan sebagai pahlawan pembangunan mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, aman, damai, tertib, tenteram, dan bahagia. Dengan demikian, kamu telah turut menghargai jasa para pahlawan.

Untuk menjadi pahlawan pembangunan, kamu dapat menerapkan nilainilai kepahlawanan yang telah ditunjukkan mereka. Berikut nilai-nilai kepahlwanan yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu.

  1. Rela Berkorban

Sikap rela berkorban adalah sikap yang lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

Sikap rela berkorban dapat dibiasakan di lingkungan rumah, keluarga, dan masyarakat. Kita harus peduli kepada orang lain.

  1. Berjiwa Besar

Berjiwa besar adalah sikap yang mau menerima segala yang terjadi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Berjiwa besar dapat diwujudkan dengan mau menerima kekalahan dengan ikhlas, meminta maaf dan memberi maaf.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 198

Ayo Berlatih

Pahamilah bacaan di atas! kemudian, tuliskan cara menghargai jasa para pahlawan bangsa!

Cara Menghargai Jasa Pahlawan :

  • Lebih mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
  • Peduli kepada orang lain
  • Mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja sungguh-sungguh
  • Mengembangkan sikap rela berkorban.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 199

Ayo Berlatih

Ayo belajar dari Masalah

  1. Bel tanda masuk berbunyi. Semua siswa masuk kelas. Ketika akan masuk kelas, tidak sengaja Bambang menginjak kaki Heru. Bambang meminta maaf kepada Heru. Tetapi Heru justru memarahi Bambang. Heru menganggap Bambang sengaja menginjak kakinya. Persoalan sepele tersebut menjadi besar.
  • Jika kamu Heru, tindakan apa yang akan kamu lakukan kepada Bambang?

Jika menjadi Heru sebaiknya memaafkan apa yang telah dilakukan Bambang, hal ini dikarenakan Bambang tidak sengaja dan tidak ada niat sengaja menginjak kaki Heru.

  • Jika kamu menjadi Bambang, tindakan apakah yang akan kamu lakukan kepada Heru?

Jika menjadi Bambang pasti akan meminta maaf kepada Heru, serta menjelaskan apa yang telah dilakukannya adalah tidak sengaja dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi.

  1. Di kelasmu sering diadakan ulangan harian. Pernakah kamu mendapat nilai yang kamu harapkan dan nilai yang tidak kamu harapkan?

Bagaimana sikapmu ketika mendapat nilai yang kamu harapkan?

Related posts