Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 28 29 33 34

  • Whatsapp

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 28 29 33 34 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Masyarakat Sejahtera

Read More

Pada subtema 1 pembelajaran 5 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 29-35. Dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Menulis halaman 29
  • Ayo Mengamati halaman 30
  • Ayo Berdiskusi halaman 31
  • Ayo Membaca halaman 32
  • Ayo Berlatih halaman 33
  • Ayo Renungkan halaman 34

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 28 29 33 34

Ayo Menulis

Pada halaman 29, teman-teman diminta menuliskan pengertian poster.

Jawaban (Halaman 29)

Poster adalah suatu media yang terdiri dari tulisan dan gambar untuk menyampaikan informasi tertentu. Poster biasanya ditempel pada dinding bangunan.

Ayo Membaca

Pada halaman 32 sampai 33, teman-teman diminta membaca sebuah teks.

Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas

Peduli dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.

Apa yang dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle, Reforest, Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al Wathba di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan menyumbang 450 kg koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran bekas lainnya.

Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon genggam tak terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.

Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2017/11/02/18590781/jadi-aktivis-peduli-lingkungan-bocah-ini-kumpulkan-650-kg-koran-bekas

Ayo Berlatih

Pada halaman 33 sampai 34, disajikan beberapa soal tentang teks sebelumnya yang harus teman-teman selesaikan.

Jawaban (Halaman 33-34)

1. Apa judul bacaan di atas?

Jadi Aktivis Peduli Lingkungan, Bocah Ini Kumpulkan 650 Kg Koran Bekas.

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Sebutkan dua kata kunci pada judul bacaan di atas!

Aktivis lingkungan.

3. Apa informasi dari bacaan berdasarkan kata kunci?

Flavian Abe Sam merupakan anak yang peduli terhadap lingkungan. Ia mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 650 kg koran dan 60 telepon genggam tak terpakai. Sejak usia 6 tahun, ia tertarik pada gerakan lingkungan. Ia kemudian sering mengikuti kampanye lingkungan.

4. Apakah isi bacaan dalam teks sama dengan isi informasi sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?

Sama.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 28, 29, 33, 34. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.


Related posts