Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 85 86 87 89

  • Whatsapp

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 85 86 87 89 -Jawaban Soal-soal tema 5 kelas 5 tentang lingkungan sahabat pada Subtema 1 manusia dan lingkungan Pembelajaran 5 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 5 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018

Read More

Pada pembelajaran 3 terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Ayo Mengamati
  • Ayo Membaca
  • Ayo Berkreasi
  • Ayo Menulis
  • Ayo Berlatih
  • Ayo Renungkan

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa kelas 5 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR).

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 85 86 87 89

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar tipe ekosistem darat berikut.

hal 13 cDapatkah kamu menemutunjukkan hewan-hewan khas yang tinggal pada tiap-tiap ekosistem tersebut? mengerti kah kamu persamaan dan perbandingan antara tipe satu ekosistem dengan ekosistem lain? Bersama dengan sahabat sebangkumu, carilah data untuk menanggapi pertanyaan tersebut.

Dapatkah kamu membayangkan gimana beberapa hewan dan tumbuhan hidup bersama di ekosistem tersebut? Apakah mereka saling tergantung satu dengan yang lain? Mengapa mereka harus saling tergantung? gimana dengan pengaruh komponen tak hidup pada tiap ekosistem? Apakah hewan dan tumbuhan tergantung juga kepada komponen tak hidup? gimana dengan manusia? gimana kebergantungan manusia terhadap ekosistem tersebut?

Bacalah dengan saksama bacaan berikut ini.

Ayo Membaca

Semua makhluk hidup memiliki kebergantungan yang saling mengisi antara yang satu dengan yang yang lain. Manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan, tumbuhan dan hewan juga membutuhkan manusia. Demikian juga hewan. Makhluk hidup juga membutuhkan tanah, udara, air, dan matahari untuk mendukung kehidupannya. Di sekitar kita, dijumpai banyak bentuk saling kebergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan, juga dengan komponen tak hidup lain.

Di dunia, terdapat bermacam tipe ekosistem, baik ekosistem air ataupun ekosistem darat. Di dalam ekosistem, terjalin interaksi ataupun ikatan yang saling membutuhkan antarmakhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan komponen tak hidup.

Perhatikan gambar rantai santapan di bawah ini.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87, 89

Pada rantai santapan terjalin proses memakan dan dimakan oleh bermacam makhluk hidup yang ada pada sebuah ekosistem. Pada gambar di atas, nampak tumbuhan hijau menciptakan santapan yang akan disantap oleh hewan konsumen tingkatan pertama. Lalu, hewan konsumen tingkatan pertama dimakan oleh hewan konsumen tingkatan kedua. Begitu seterusnya hingga hewan tingkatan paling tinggi mati dan dijabarkan oleh pengurai.

tidak hanya kebergantungan makhluk hidup melalui rantai santapan, banyak makhluk hidup lain yang berhubungan dengan cara yang khas. ikatan 2 makhluk yang berbeda dan sangat erat kaitannya disebut simbiosis. Terdapat 3 tipe simbiosis, ialah simbiosis mutualisme, parasitisme, dan komensalisme.


Related posts