Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 22 23 24 25 26

  • Whatsapp
kelas 5 tema 5 hal 21

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 22 23 24 25 26 Jawaban Soal-soal tema 5 kelas 5 tentang Ekosistem pada Subtema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 3 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 5 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga

Pada pembelajaran kali ini terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Ayo Membaca Tentang Mengenal letak geografis Halaman 20-24
  • Ayo Berlatih Tentang Peristiwa Sumpah Pemuda 1928 Halaman 22-26
  • Ayo Renungkan tentang Peristiwa yang terjadi Halaman 26

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 5 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 22 23 24 25 26

Ayo Membaca

Berikut teks bacaan halaman 20, yang berjudul:

Mengenal Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.

Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.

Mengenal Letak Geografis Indonesia tema 5 kelas 5 halaman 20

Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.
Pada halaman 21, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.
Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.

b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.
Samudra Hindia di sebelah barat dan selatan, Samudra Pasifik di sebelah timur dan utara, dan Laut Cina Selatan di sebelah utara.

c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.
Peta Indonesia kelas 5 halaman 22

d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.

e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?

Letak Indonesia sangat strategis karena berada di antara dua benua dan dua samudra.

Ayo Berlatih

Pada halaman 25, teman-teman diminta membaca sebuah teks berjudul:

Peristiwa Sumpah Pemuda 1928

Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia. Peristiwa ini makin menyadarkan masyarakat Indonesia yang kala itu berada di bawah penjajahan Belanda, terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah.

Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengambil tindakan patriotisme. Situasi penjajahan Belanda yang diwarnai dengan larangan melakukan kegiatan organisasi, mendorong para pemuda berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia untuk berkumpul di Jakarta. Kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan.

Related posts