Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 2, 4, 6, 7, 8 Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi perbaikan 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 bertajuk Komponen Ekosistem.

Pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 7 halaman ialah halaman 2-8. Dalam pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah:

Read More

  • Ayo Membaca halaman 4
  • Ayo Mengamati halaman 6
  • Ayo menuliskan halaman 7
  • Ayo Renungkan halaman 8

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini aku berupaya membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 2, 4, 6, 7, 8. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 2-8:

Pada halaman 2, disajikan 2 buah gambar. Teman-teman dimohon mengatakan perbandingan apa saja yang mampu terdapat dari kedua gambar di tersebut.

Ayo Membaca

Jawaban Halaman 2

Pada halaman 3, teman-teman dimohon membaca sebuah bacaan yang disajikan berjudul Ekosistem

Pada halaman 4, teman-teman dimohon menuliskan benak utama dan data penting dari bacaan tersebut pada tabel yang ada.

Jawaban Halaman 5

mari MembacaPada halaman 5, disajikan sebuah bacaan yang harus teman-teman baca untuk menambah pengetahuan.

Jawaban Halaman 6

1. Apa saja tipe santapan hewan?

santapan yang berbentuk tumbuhan dan santapan yang berbentuk hewan lain.

2. Apa tipe santapan yang disukai panda?

Batang bambu

3. Hewan apa yang menggemari biji kenari?

Tupai.

4. Mengapa setiap hewan memiliki tipe santapan yang berbeda-beda?

Karena setiap hewan memiliki karakteristik khusus yang berbeda-beda. sampai-sampai karakteristik khusus menentukan tipe makanannya.

5. Mengapa ada hewan yang memakan hewan lain?

Agar penyeimbang ekosistem tetap terpelihara.

Ayo Mengamati

Pada halaman 6, teman-teman dimohon mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar. setelah itu teman-teman dimohon mempersiapkan perlengkapan dan olahan seperti gunting, kertas karton besar, spidol, tulisan laporan dan majalah sisa, penggaris, serta lem kertas. Lalu teman-teman dimohon mengikuti langkah-langkah aktivitas berikut ini.

Langkah-langkah aktivitas:

1. Carilah dan guntinglah gambar-gambar hewan yang terdapat di tulisan laporan ataupun majalah sisa.

2. Dengan memakai penggaris, buatlah tabel besar pada kertas karton tersebut seperti contoh berikut!

3. Letakkan gambar hewan yang sudah digunting lalu rekatkan pada kolom pertama tabel dengan memakai lem. Tuliskanlah nama hewan di bawah sketsanya.

4. Tuliskanlah nama ataupun tipe santapan yang dimakan oleh hewan tersebut di kolom tengah.

5. Tuliskanlah tipe santapan tersebut, apakah tercantum tumbuhan ataupun hewan lain.

6. Tempelkanlah hasil pekerjaan kelompokmu di tempat yang mudah dilihat.

7. Lakukanlah gallery walk ataupun memandang hasil kerja kelompok bersama dengan kelompok-kelompok lain untuk memandang dan saling belajar.

8. Kembalilah ke kelompokmu, lalu tuliskanlah kesimpulanmu tentang hewan dan tipe makanannya.

Jawaban Halaman 6-7

Hewan dan tipe makanannya

Kesimpulan

santapan setiap hewan berbeda-beda karena setiap hewan memiliki karakteristik khusus yang berbeda.

Ayo Menulis

Pada halaman 7 sampai 8, teman-teman dimohon membuat sebuah bacaan nonfiksi yang terdiri atas 3 paragraf. bacaan harus sesuai dengan ketentuan berikut ini:

1. Pilihlah 2 hewan yang memiliki tipe santapan yang berbeda. Satu hewan pemakan tumbuhan dan satu hewan pemakan hewan lain.

2. Tuliskanlah uraian tentang hewan tersebut tercantum habitat asli, tipe santapan, serta cara hewan tersebut mendapatkan dan memakan makanannya.

3. Gunakanlah hasil pengamatan dan data penting yang telah kamu miliki dari bacaan untuk memenuhi tulisanmu.

4. Kamu juga mampu memenuhi tulisanmu dengan gambar hewan yang kamu maksud.

5. Tuliskanlah uraian tentang kedua hewan tersebut pada selembar kertas dengan tulisan yang apik

Jawaban Halaman 7-8

Bacaan 1

Kambing

Kambing adalah salah satu hewan yang kerap diternak oleh manusia. Kambing ternak hidup di kandang buatan manusia, sebaliknya habitat kambing liar biasanya di wilayah padang rumput, hutan, ataupun perbukitan yang dekat dengan sumber santapan.
Contoh bacaan non fiksi kambing tema 5 kelas 5 halaman 8
Kambing tercantum hewan herbivora karena makanannya berbentuk dedaunan ataupun rerumputan. Kambing liar mendapatkan santapan dari tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya. Untuk kambing ternak, sumber santapan diperoleh dari peternak. Kambing ternak memiliki karakteristik khas ialah keluarkan bunyi “embek” saat mereka lapar.
Sebagai hewan pemamah biak, kambing mengolah makanannya dengan 2 langkah. Pertama, santapan dikunyah di dalam mulut lalu masuk ke lambung untuk di cerna. setelah itu santapan akan tadi akan keluar dari lambung mengarah ke mulut lagi untuk dikunyah lagi lalu masuk lambung untuk di cerna lebih lanjut. Inilah yang menjadi karena mengapa kambing nampak mengunyah walaupun tidak memakan daun.

Bacaan 2

Musang

Musang adalah salah satu hewan mamalia. Hewan ini menjadi musuh bagi para peternak paling utama peternak ayam karena musang kerap memangsa ayam mereka. 3 tipe musang yang cukup diketahui di Indonesia antara lain Luwak, Bintaruong, musang pangkal, dan musang bulan/galing.
Contoh bacaan non fiksi musang tema 5 kelas 5 halaman 8
Kebanyakan musang hidup liar. Namun, musang juga dipelihara oleh beberapa orang. Musang liar biasanya hidup di pepohonan ataupun bersembunyi di sela-sela bebatuan. Musang digolongkan sebagai hewan karnivora karena mereka merupakan hewan yang memakan hewan lain. Musang yang hidup di sekitar pemukiman penduduk biasanya mendapatkan santapan dengan memangsa ayam-ayam penduduk. Hewan ini memiliki gigi taring yang tajam serta gigitan yang kokoh sampai-sampai sanggup mengoyak daging.
Musang sesungguhnya tidak hanya memakan daging. Ada musang yang menggemari buah-buahan ataupun kopi. Kopi luwak adalah salah satu buktinya. Luwak yang memakan kopi akan keluarkan kotoran berbentuk biji kopi. Biji kopi luwak sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 2, 4, 6, 7, 8. Semoga membantu teman-teman dalam menanggapi soal-soal yang disajikan.

Related posts