Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 13 15 16 17

Posted on 61 views

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 13 15 16 17 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi perbaikan 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 bertajuk Komponen Ekosistem.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 5 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. baca juga Kunci Jawaban Kelas 5 tema 5.

Pada subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari 10 halaman ialah halaman 9-18. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah:

  • Ayo Berlatih halaman 9, 15, dan 17
  • Ayo Membaca halaman 10 dan 13
  • Ayo menuliskan halaman 16
  • Ayo Berkreasi halaman 17
  • Ayo Renungkan halaman 18

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini aku berupaya membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 13, 15, 16, 17. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 13-17:

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Ayo Membaca

Pada halaman 10 sampai 12, terdapat sebuah bacaan yang harus dibaca.

Jenis-Jenis Ekosistem

Pada dasarnya, ekosistem yang ada di dunia dipecah menjadi 2, ialah ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang diciptakan manusia untuk penuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan adalah 2 contoh ekosistem buatan.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 13

Ekosistem air tawar contohnya ekosistem danau, kolam, dan sungai. Ekosistem air tawar mendapatkan cukup sinar matahari. Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini merupakan ganggang. Ekosistem air asin contohnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut dalam. bermacam tipe ikan, kerang, koral, dan makhluk laut yang lain hidup pada ekosistem ini. Terdapat juga beberapa tipe hewan kecil dan tumbuhan alga yang mampu membuat sendiri makanannya.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 14

Ekosistem darat contohnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkatan curah hujan dan iklimnya. perbandingan tersebut menimbulkan tipe tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya juga berbeda. Tumbuhan seperti rotan dan anggrek, serta hewan seperti kera, burung, badak, dan harimau, berada pada ekosistem hutan hujan tropis. Ekosistem sabana memiliki curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis. Hewan-hewan yang hidup di sabana antara lain bermacam tipe serangga dan mamalia seperti zebra dan singa.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 15

Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan yang lebih rendah dibanding dengan ekosistem sabana. Tumbuhan khas ekosistem merupakan rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini contohnya bison, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular. Gurun adalah ekosistem yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan tipe kaktus yang memiliki jarum untuk kurangi penguapan banyak berkembang di sini. Hewan-hewan yang bisa hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, kalajengking, dan beberapa hewan malam yang lain.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 13

Temperatur pada ekosistem taiga sangat rendah pada masa dingin. Taiga biasanya adalah hutan yang tersusun atas satu tipe tumbuhan seperti cemara, pinus, dan sejenisnya. Hewan seperti beruang hitam dan ajag, biasanya hidup di ekosistem ini. Tundra adalah ekosistem yang dingin dan kering. Banyak tipe tumbuhan tidak bisa hidup pada ekosistem ini karena rendahnya temperatur lingkungan sepanjang tahun. Akar-akar tanaman tidak mampu berkembang pada temperatur yang dingin. Tumbuhan tipe rumput tertentu saja yang sanggup bertahan. Beberapa tipe burung bersarang di ekosistem tundra pada saat masa panas, seperti angsa dan bebek.

Sumber bacaan: McGraw-Hill Science. Ecosystems Around the World. Pada halaman 13, teman-teman dimohon menuliskan benak utama dan data penting dari bacaan tersebut di tabel yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *