Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 13 15 16 17

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 13 15 16 17 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi perbaikan 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 bertajuk Komponen Ekosistem.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 5 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. baca juga Kunci Jawaban Kelas 5 tema 5.

Read More

Pada subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari 10 halaman ialah halaman 9-18. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah:

  • Ayo Berlatih halaman 9, 15, dan 17
  • Ayo Membaca halaman 10 dan 13
  • Ayo menuliskan halaman 16
  • Ayo Berkreasi halaman 17
  • Ayo Renungkan halaman 18

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini aku berupaya membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 13, 15, 16, 17. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 13-17:

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Ayo Membaca

Pada halaman 10 sampai 12, terdapat sebuah bacaan yang harus dibaca.

Jenis-Jenis Ekosistem

Pada dasarnya, ekosistem yang ada di dunia dipecah menjadi 2, ialah ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan adalah ekosistem yang diciptakan manusia untuk penuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan adalah 2 contoh ekosistem buatan.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 13

Ekosistem air tawar contohnya ekosistem danau, kolam, dan sungai. Ekosistem air tawar mendapatkan cukup sinar matahari. Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini merupakan ganggang. Ekosistem air asin contohnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem laut dalam. bermacam tipe ikan, kerang, koral, dan makhluk laut yang lain hidup pada ekosistem ini. Terdapat juga beberapa tipe hewan kecil dan tumbuhan alga yang mampu membuat sendiri makanannya.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 14

Ekosistem darat contohnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkatan curah hujan dan iklimnya. perbandingan tersebut menimbulkan tipe tumbuhan dan hewan yang ada di dalamnya juga berbeda. Tumbuhan seperti rotan dan anggrek, serta hewan seperti kera, burung, badak, dan harimau, berada pada ekosistem hutan hujan tropis. Ekosistem sabana memiliki curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis. Hewan-hewan yang hidup di sabana antara lain bermacam tipe serangga dan mamalia seperti zebra dan singa.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 15

Ekosistem padang rumput memiliki curah hujan yang lebih rendah dibanding dengan ekosistem sabana. Tumbuhan khas ekosistem merupakan rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini contohnya bison, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular. Gurun adalah ekosistem yang paling gersang karena curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan tipe kaktus yang memiliki jarum untuk kurangi penguapan banyak berkembang di sini. Hewan-hewan yang bisa hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, kalajengking, dan beberapa hewan malam yang lain.

kunci kelas 5 tema 5 halaman 13

Temperatur pada ekosistem taiga sangat rendah pada masa dingin. Taiga biasanya adalah hutan yang tersusun atas satu tipe tumbuhan seperti cemara, pinus, dan sejenisnya. Hewan seperti beruang hitam dan ajag, biasanya hidup di ekosistem ini. Tundra adalah ekosistem yang dingin dan kering. Banyak tipe tumbuhan tidak bisa hidup pada ekosistem ini karena rendahnya temperatur lingkungan sepanjang tahun. Akar-akar tanaman tidak mampu berkembang pada temperatur yang dingin. Tumbuhan tipe rumput tertentu saja yang sanggup bertahan. Beberapa tipe burung bersarang di ekosistem tundra pada saat masa panas, seperti angsa dan bebek.

Sumber bacaan: McGraw-Hill Science. Ecosystems Around the World. Pada halaman 13, teman-teman dimohon menuliskan benak utama dan data penting dari bacaan tersebut di tabel yang ada.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 13

kunci kelas 5 tema 5 halaman 13

Ayo Membaca

Pada halaman 14, teman-teman dimohon membaca sebuah bacaan yang disajikan.

Penggolongan Hewan Berdasarkan tipe Makanannya

Berdasarkan tipe makanannya, hewan dikelompokkan menjadi 3 golongan. Ketiga golongan itu merupakan golongan herbivor, karnivor, dan omnivor.

tengkorak herbivora 1

Kelompok hewan herbivor adalah hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan. Hewan ini memiliki susunan gigi yang khas. Gigi hewan ini terdiri atas gigi seri dan gigi geraham, dan tidak memiliki gigi taring. Gigi seri berada di depan dan tajam. Gigi ini bermanfaat untuk memotong santapan. sedangkan itu, gigi geraham berfungsi untuk menghaluskan santapan yang telah dipotong oleh gigi seri. Contoh hewan yang tercantum kelompok ini merupakan sapi, kelinci, kerbau, dan rusa.

Tengkorak karnovira 1

Kelompok hewan karnivor merupakan kelompok hewan yang memakan hewan lain. Sebagian besar hewan yang tercantum di dalam kelompok ini adalah hewan buas dan liar. Hewan ini harus hunting untuk mendapatkan santapan. Oleh karenanya, hewan ini memiliki gigi taring yang tajam dan kokoh. Gigi taring bermanfaat untuk merobek dan mengoyak mangsa. Hewan ini juga memiliki gigi seri yang tajam dan kokoh walaupun berdimensi kecil. Gigi ini juga berfungsi untuk memotong santapan. Hewan yang tercantum dalam kelompok ini merupakan harimau, singa, anjing, buaya, dan ular.

tengkorak omnivora 1

Kelompok hewan omnivor adalah kelompok hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan ataupun hewan lain. Hewan omnivor memiliki susunan gigi tertentu. Gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham hewan ini berkembang dengan baik untuk membiasakan dengan makanannya. Gigi seri dan gigi taring dipakai saat memakan santapan yang berbentuk hewan lain. sedangkan itu, gigi seri dan gigi geraham dipakai saat memakan santapan berbentuk tumbuhan. Orangutan, gorila, dan monyet, adalah beberapa contoh hewan yang tercantum dalam kelompok ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 15

1. Apa saja golongan hewan berdasarkan tipe makanannya?

Hewan herbivor, karnivor, dan omnivor.

2. Apa karakteristik khas dari gigi hewan herbivora?

Memiliki gigi seri dan geraham tanpa gigi taring.

3. Apa fungsi dari gigi taring yang dimiliki hewan karnivora?

Untuk merobek dan mengoyak mangsa.

4. Mengapa setiap tipe hewan memiliki susunan gigi yang berbeda?

Karena antara tipe santapan antara herbivor, karnivor, dan omnivor memiliki perbandingan tekstur. Ada yang mudah sirna dan susah sirna.

Ayo Berlatih

Pada halaman 15, teman-teman dimohon melaksanakan aktivitas berikut ini bersama dengan sahabat satu kelompok yang terdiri atas 4 ataupun 5 orang. Sediakanlah kertas dimensi A3, spidol, pensil, dan penggaris.

setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Lakukan undian untuk menentukan huruf pertama nama hewan.
    2.  saat telah mendapatkan huruf pertama nama hewan, semua anggota kelompok mengatakan nama hewan-hewan yang memiliki huruf depan yang sama. Salah satu anggota menuliskan di dalam tabel.
    3. Ulangilah hingga paling sedikit 5 kali undian.
    4. Lengkapilah tabel yang telah dibuat dengan menuliskan nama tipe santapan dan kelompok hewan tersebut.
      Bersama dengan kelompokmu, tuliskan kesimpulanmu pada kotak di bawah ini.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 15-16

Penggolongan hewan berdasarkan tipe makanannya

kunci kelas 5 tema 5 halaman 15 16

Kesimpulan :

Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibedakan menjadi 3 yaitu herbivor, karnivor, dan omnivor.

Ayo Menuliskan

Pada halaman 16 sampai 17, teman-teman dimohon membuat sebuah karangan nonfiksi paling sedikit 3 paragraf. Karangan nonfiksi dibuat dengan memakai data-data, dalil, dan data pendukung lain.

setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

    1. Pilihlah satu hewan dari setiap kelompok hewan berdasarkan penggolongannya. Pilihlah hewan yang paling kamu gemari.
    2. Carilah data tentang hewan tersebut, tercantum habitat asli, tipe santapan, serta cara hewan tersebut mendapatkan dan memakan makanannya.
    3. Gunakan hasil pengamatan dan data penting yang telah kamu miliki dari bacaan untuk memenuhi tulisanmu.
    4. Kamu juga mampu memenuhi tulisanmu dengan gambar hewan yang kamu tuliskan.
      Tuliskan uraian tentang kedua hewan tersebut pada selembar kertas dengan tulisan yang apik!

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 16-17

Bacaan 1

Kambing
Kambing adalah salah satu tipe hewan ternak. Habitat asli kambing merupakan alam liar seperti padang rumput, hutan, ataupun perbukitan yang dekat dengan sumber santapan. Namun, kambing ternak hidup di kandang yang dibuat manusia karena memang terencana untuk dipelihara.
Kambing menggemari dedaunan dan rerumputan sampai-sampai hewan ini terkategori hewan herbivor. Hewan ini mendapatkan santapan dari tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitarnya. sebaliknya kambing ternak mendapatkan santapan dari majikannya (peternak).
Kambing tercantum pemamah biak yang mengolah makanannya dalam 2 tahap. Tahap pertama, santapan dikunyah dengan mulut lalu masuk ke lambung. sehabis di cerna di lambung, santapan akan keluar lagi mengarah mulut untuk dikunyah kedua kalinya. setelah itu santapan akan masuk ke lambung untuk di cerna lebih lanjut.

Bacaan 2

Musang
Musang merupakan salah satu hewan karnivor. Di Indonesia sendiri terdapat 4 tipe musang yang cukup diketahui ialah luwak, bintaruong, musang pangkal, dan musang bulan/galing. Hewan ini biasanya hidup liar di pepohonan ataupun bersembunyi di sela-sela bebatuan. Namun ada juga musang yang terencana dipelihara.
Musang tercantum hewan karnivora karena hewan ini pemakan daging. Hal ini bisa dilihat dari taring yang dimilikinya. Musang memperoleh santapan dari ayam-ayam ternak milik penduduk. Hal ini menjadikan musang sebagai musuh para peternak ayam. sebaliknya musang liar biasanya menemukan santapan dari alam sekitarnya.
Musang memiliki tipe yang cukup banyak. tidak hanya pemakan daging, ada tipe musang yang menggemari buah-buahan ataupun kopi. Luwak merupakan salah satu contohnya. Hewan ini menggemari kopi. Kotorannya yang berbentuk biji kopi, sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ayo Berlatih

Pada halaman 17, teman-teman dimohon menanggapi beberapa yang disajikan.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 17

1. Sebutkan paling sedikit 3 tipe ekosistem yang kamu ketahui. Jelaskan perbandingan identitas di antara ketiganya.

Ekosistem gurun, taiga, dan tundra.
Perbandingan:
Gurun: gersang, curah hujan sangat rendah.
Taiga: bersuhu sangat rendah saat masa dingin, hanya satu tipe tumbuhan yang hidup di sana
Tundra: dingin, kering, sedikit tumbuhan yang bisa hidup di sana

2. Sebutkan paling sedikit 2 perbandingan antara hewan-hewan herbivor, karnivor, dan omnivor.

tipe santapan: herbivor pemakan tumbuhan, karnivor pemakan hewan lain, sebaliknya omnivor pemakan tumbuhan dan hewan lain.
Susunan gigi: herbivor memiliki gigi seri dan geraham tanpa taring, karnivor memiliki gigi taring, sebaliknya omnivor memiliki semua tipe gigi.
3. Perhatikanlah susunan gigi manusia. Menurut susunan dan bentuk gigi, manusia tercantum dalam golongan herbivor, karnivor, ataupun omnivor? Jelaskan.
Manusia tercantum golongan omnivor karena gigi manusia terdiri atas gigi seri, geraham, dan taring yang membuat manusia bisa memakan seluruh tipe santapan baik dari tumbuhan ataupun hewan.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 13, 15, 16, 17. Semoga membantu teman-teman dalam menanggapi soal-soal yang disajikan.

Related posts