Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 46 47 48

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 46 47 48 Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi perbaikan 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 bertajuk Globalisasi di Sekitarku.

Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman ialah halaman 43-50. Pembelajaran 6 ini dijabarkan lagi menjadi beberapa subjudul ialah:

  • ayo berupaya halaman 43
  • Ayo Membaca halaman 45
  • Ayo menuliskan halaman 46
  • Ayo Berdiskusi halaman 48
  • Ayo Renungkan halaman 50

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Daftar Beasiswa SD SMP SMA dan Kumpulan Soal-jawaban Lengkap kelas 6 tema 4.

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 46 47 48

Ayo Membaca

Pada halaman 45, disajikan sebuah bacaan yang harus teman-teman baca untuk mengenali karena terbentuknya mati lampu. Mengapa Mati Lampu?

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi berlangsung karena peningkatan teknologi di bermacam bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber tenaga di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. sampai-sampai, saat arus listrik di rumah tiba-tiba terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, peristiwa tersebut menjadi hal yang cukup mengusik. aspek apakah yang menimbulkan hal tersebut berlangsung? Perusahaan Listrik negeri (PLN) sebagai perusahaan negeri yang mengurus bidang kelistrikan sebetulnya juga tidak menggemari peristiwa mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengusik berjalannya proses Pembangkit Transmisi Distribusi tenaga listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain yakni: Ketidaksiapan pembangkit, kendala transmisi ataupun kendala distribusi. aspek yang mempengaruhi bisa dari luar dan dari dalam. aspek luar ialah: kendala alam seperti petir, tumbuhan, dan hewan yang memegang jaringan, ataupun galian yang menimbulkan kabel tanah rusak. sebaliknya aspek dalam berlangsung pada kendala komponen dan perlengkapan yang terpasang pada jaringan.

yup, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, pastinya mampu membantu untuk menghindari terbentuknya aspek luar guna menjauhi terbentuknya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.

Selanjutnya pada halaman 46 teman-teman dimohon mengerjakan beberapa soal tergantung bacaan di atas.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 45

1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?

aspek penyebab mati lampu.

2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga?

aspek dari luar seperti kendala alam, tumbuhan, dan hewan. Serta aspek dalam seperti kendala komponen dan perlengkapan yang terpasang pada jaringan.

3. gimana menghindari terbentuknya mati lampu?

Masyarakat hendaknya menghindari aspek luar berlangsung, seperti: Memotong sendiri ataupun melapor ke PLN seandainya menciptakan tumbuhan yang berisiko mengusik jaringan listrik

Tidak menyadap (mencuri) jaringan listrik

Tidak mengganggu jaringan listrik dengan terencana

Melarang anak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.

ayo menuliskan

Pada halaman 47, teman-teman dimohon memenuhi gambar berseri. Teman-teman dimohon menuliskan data penting dari bacaan tadi. data penting diambil dari setiap paragraf.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 47

Halaman 1: (Judul)

Halaman 2: statment Umum

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.

Halaman 3: Deret Penjelas

-PLN tidak menggemari mati lampu karena mampu mengusik proses Pembangkit-Transmisi-Distribusi listrik. -Faktor penyebab mati lampu ialah ketidaksiapan pembangkit, kendala transmisi, ataupun kendala distribusi. Faktornya bisa dari luar ialah kendala alam seperti petir, tumbuhan, dan hewan. Serta aspek dalam seperti kendala komponen dan perlengkapan pada jaringan.

Halaman 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat individu penulis

Listrik berfungsi penting dalam kehidupan warga dunia saat ini. Sebagai pengguna listrik, kita hendaknya membantu menghindari aspek luar agar tidak berlangsung mati lampu.

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 48 disajikan sebuah cerita yang harus teman-teman baca agar bisa mengambil hal positif dari cerita tersebut.

Lani yakni siswa kelas 5 SD Nusantara. Ia diketahui sebagai anak yang pintar dan giat membaca. Ia juga giat sekolah dan selalu menyelesaikan tugas sekolah pas waktu. Nilai-nilai ulangannya selalu berada di atas rata-rata nilai teman-teman di kelas. tidak hanya itu, ia juga sangat ramah, riang, dan suka membantu teman-teman yang mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah.

Hingga pada suatu hari, Lani sedang memakan bekal sekolahnya di kantin sekolah, Beni datang mendekatinya.

Beni: Lani, kuemu nampak lezat, sini aku ingin kuemu.

Lani: Ini separuh saja ya, karena aku lapar, tadi pagi aku bangun kesiangan jadi tidak sempat makan.

Beni: Sini bagi.. . pokoknya kau harus bagikan kuemu! Lihat tuh pakaian seragammu sangat kumal, sepatumu juga sobek. bagikan kuemu! !

Lani tertegun mendengar perkataan Beni. Ia baru menyadari, bahwa pribadinya memang hanya seorang anak miskin penjaja kue keliling. bapaknya pekerja serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Lani memandangi sepatunya yang nampak mulai menganga, juga seragam sekolahnya yang tidak lagi nampak corak aslinya.

Sejak hari itu, Lani setelah itu menjadi anak yang pemurung, ia nampak selalu berkecil hati dan tidak lagi bergairah untuk berangkat ke sekolah.

Sumber:

Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

setelah itu teman-teman dimohon mengerjakan tanya jawab yang terdapat di bawah bacaan cerita tersebut.

Related posts