Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 39 40 41 42

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 39 40 41 42

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 39 40 41 42 Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi perbaikan 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 bertajuk Globalisasi di Sekitarku.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Daftar Beasiswa SD SMP SMA dan Kumpulan Soal-jawaban Lengkap kelas 6 tema 4.

Read More

Pada subtema 1 pembelajaran 5 terdiri dari 6 halaman ialah halaman 37-42. Pembelajaran 5 ini dijabarkan lagi menjadi beberapa subjudul ialah:

  • Ayo Membaca halaman 37
  • Ayo Berlatih halaman 38
  • Ayo Berkreasi halaman 41
  • Ayo menuliskan halaman 42
  • Ayo Renungkan halaman 42

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 5 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Ayo Membaca

Pada halaman 37, disajikan sebuah bacaan tentang batik. Teman-teman dimohon untuk membaca bacaan tersebut agar wawasan meningkat. Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia

batik membatik delapanmania

Seni batik berawal dari seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada era kerajaan di Nusantara. bersamaan dengan perkembangannya, saat ini kain batik telah dipakai oleh bermacam golongan, terlebih lagi telah mendunia. Pada bertepatan pada 2 Oktober 2009, UNESCO memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi batik Indonesia sebagai peninggalan budaya dunia. Dalam sejarahnya, pulau Jawa ialah titik awal peningkatan seni batik di Indonesia. macam motif batik juga dibedakan tergantung zona pembuatannya. Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. bermacam macam motif dan simbol yang ditafsirkan di atas sehelai kain memiliki arti filosofis yang menjadi pedoman kehidupan. Kerumitan dalam proses pembuatan, kekayaan macam dan arti yang tercantum dalam Batik Indonesia menjadi daya tarik bagi warga dunia.

Melalui bermacam pameran seni tradisional yang diadakan di dalam dan luar negeri, batik Indonesia semakin diketahui dan diminati. terlebih lagi, beberapa tokoh dunia gemar menggunakan pakaian dengan motif Batik Indonesia sehabis mengenalnya sebagai ciri mata saat berkunjung ke Indonesia. Mendiang Nelson Mandela, semisal. dia sering memakai Batik Indonesia dalam kesehariannya. Saat ini batik karya pengrajin tradisional mengalami lonjakan pemesanan dari mancanegara untuk pasar dunia. Salah satu strategi yang dilakukan oleh pengrajin batik untuk menembus pasar dunia yakni membuat kreasi motif dan corak yang disesuaikan dengan selera calon pembeli di negeri tujuan.

Ayo Berlatih

Pada halaman 39 sampai 40, disajikan beberapa pertanyaan tergantung bacaan tadi. Teman-teman dimohon untuk menjawabnya.

Kunci Jawaban tema 4 kelas 6 Halaman 39-40

1. Apa tujuan awal pembuatan batik?

awal mulanya batik menjadi seni tradisional yang dibuat khusus untuk para petinggi keraton pada era kerajaan di Nusantara.

2. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang motif batik Indonesia.

tergantung zona pembuatannya, motif batik dibedakan menjadi 2 ialah Batik Pedalaman dan Batik Pesisir. macam motif dan simbol pada batik memiliki arti filosofis yang menjadi pedoman kehidupan.

3. Apa upaya yang telah dilakukan untuk mengenalkan batik Indonesia ke dunia internasional?

Mengadakan pameran seni tradisional di dalam dan luar negeri.

4. Tulis komentarmu sehabis mengenali bahwa batik Indonesia diakui sebagai salah satu peninggalan budaya dunia.

aku sebagai anak Indonesia merasa bangga karena batik Indonesia diakui dunia.

5. Tulis simpulanmu memakai 3 kalimat tentang bacaan tadi.

Batik telah diakui sebagai peninggalan budaya dunia oleh UNESCO. Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia harus bangga dengan hal tersebut. Kalau orang luar negeri saja mengenakan batik, maka kita juga harus mengenakan batik sebagai cara untuk melestarikannya.

6. Jelaskan arti kata mendunia pada bacaan tadi.

Mendunia maksudnya diketahui oleh seluruh dunia.

7. Kerja sama apa yang dilakukan Indonesia untuk mengenalkan batik ke mancanegara?

Kerja sama di bidang budaya.

8. Apa manfaat yang dirasakan saat batik semakin diketahui?

Indonesia memiliki karakteristik khas, sebagai modal untuk melaksanakan kerja sama dengan negeri lain, sasaran pasar penjualan batik semakin luas, dan menambah pemasukan negeri dari aktifitas ekspor impor.

Pada halaman 41, teman-teman dimohon menuliskan contoh kerja sama dalam bidang kebudayaan serta manfaat dari kerja sama tersebut bagi Indonesia.

Kunci Jawaban tema 4 kelas 6 Halaman 41

Related posts