Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28 Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi perbaikan 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 bertajuk Globalisasi di Sekitarku.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Daftar Beasiswa SD SMP SMA dan dan Kumpulan Soal-jawaban Lengkap kelas 6 tema 4.

Read More

Pada subtema 1 pembelajaran 3 terdiri dari 7 halaman ialah halaman 22-28. Artikel Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28 dijabarkan lagi menjadi beberapa subjudul ialah:

  • Ayo Berlatih halaman 22
  • Ayo Membaca halaman 24
  • Ayo menuliskan halaman 26
  • Ayo Renungkan halaman 28

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28

Pada halaman 25, disajikan sebuah bacaan yang harus teman-teman baca untuk menambah pengetahuan tentang bagaiman listrik disalurkan. Menyalurkan tenaga Listrik

Gimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Gimana Listrik Sampai ke Rumahmu? Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 25 26 27 28

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak mampu dimungkiri, bahwa globalisasi berlangsung karena peningkatan teknologi di bermacam bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber tenaga di dalamnya. Listrik mampu dihasilkan dengan memanfaat sumber tenaga yang ada di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb. sehabis tenaga listrik dihasilkan di pusat pembangkit, tenaga listrik tersebut setelah itu dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru setelah itu disalurkan ke bermacam tempat memakai sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra besar (SUTET), yang menyalurkan tenaga listrik dari pusat-pusat pembangkit. sehabis melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan ataupun hutan-hutan, tenaga listrik setelah itu masuk ke gardu induk. Di gardu induk tenaga listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. setelah itu tenaga listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, tenaga listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, saat ini masyarakat mampu mengakses data yang berasal dari bermacam belahan dunia. Tanpa listrik, pastinya hal tersebut tidak akan bisa berlangsung. Lalu gimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan tiap hari di rumah?

setelah itu disajikan beberapa pertanyaan yang harus teman-teman kerjakan.

Kunci Jawaban Kelas 6 tema 4 Halaman 25-26

1. Apa saja tipe sumber daya alam yang bisa dipakai untuk membangkitkan tenaga listrik?

Air, panas bumi, angin, dsb.

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi tenaga listrik?

Mengalirkan tenaga listrik dari pusat pembangkit bertegangan besar mengarah ke bermacam tempat.

3. Mengapa tenaga listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?

Karena jarak antara pusat pembangkit dengan rumah penduduk sangat jauh. Dengan menaikkan tegangannya, tenaga listrik tidak ketiadaan daya sangat banyak saat proses transimisi. sebaliknya penyusutan tegangan listrik bertujuan untuk membiasakan tegangan yang dibutuhkan oleh alat-alat listrik yang ada pada rumah-rumah.

4. gimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.

Saat ini, seluruh aspek manusia sangat terbantu dengan adanya peralatan-peralatan listrik, sampai-sampai listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem transmisi untuk menyalurkan listrik yang dihasilkan oleh pusat pembangkit untuk penuhi kebutuhan manusia.

Ayo share artikel ini jika bermanfaat & Ikuti Channel Google News dengan klik Ngobrasiana News


Related posts