Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 12 13 16 19 20

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 12 13 16 19 20

Advertisement

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 18, disajikan sebuah bacaan tentang persahabatan. Teman-teman dimohon untuk membacanya untuk mengambil hal positif dari cerita tersebut.

Sahabat Tak Terpisahkan 

Hanni dan Duwi telah berteman lama sekali. Sejak belum bersekolah, mereka kerap menghabiskan waktu di sore hari untuk bermain bersama. Semua tahu bahwa Hanni dan Duwi tak terpisahkan. Persahabatan mereka tetap terjalin erat, sampai saat ini mereka telah duduk di kelas 6, di sekolah yang sama.

Dulu, banyak sahabat yang meragukan bahwa persahabatan Hanni dan Duwi akan bertahan lama, karena latar belakang keluarga mereka yang jauh berbeda. Hanni yakni anak seorang pengrajin batik yang sukses. meski mulai dengan membatik sendiri, setelah itu memiliki beberapa pegawai, sekarang usaha orang tua Hanni sudah berkembang sangat pesat. Mereka sudah memiliki beberapa cabang toko batik di kota untuk memasarkan batik karya mereka. Pegawainya juga semakin banyak. sedangkan Duwi, yakni anak seorang penjual kue yang simpel. saat kecil dulu, tiap sore Duwi ikut ibunya menjajakan kue kepada para pekerja di pendopo batik milik orang tua Hanni. Di sanalah Hanni berkenalan dengan Duwi. Waktu kecil dulu, mereka sangat menikmati saat-saat itu. Namanya kanak-kanak, perbandingan latar belakang juga tak dirisaukan. game mereka tetap saja asik. Petak umpet, petak jongkok, rumah-rumahan, ataupun masak-masakan.

namun, yang membuat persahabatan mereka bertahan lama yakni sikap Hanni dan Duwi yang saling menghargai satu sama lain. Hanni tidak pernah menyangka pribadinya berbeda dengan Duwi. Bukan hanya Duwi yang bermain ke pendopo batik Hanni, namun Hanni juga tak sungkan bermain ke rumah simpel milik keluarga Duwi. Ia malah menikmati makan siang ataupun makan jajanan sore di rumah Duwi. Memang, bunda Duwi pandai memasak. Namanya juga penjaja kue, pasti pandai juga membuat aneka masakan. Hanni malah senang dengan keakraban dan kesederhanaan atmosfer di keluarga Duwi. kegiatan makan bersama yang selalu ramai penuh cerita, karena semua muncul dengan cerita masing-masing.

kebalikannya, saat Duwi bermain ke rumah Hanni, tidak dirasanya minder sedikit juga. Ayah dan bunda Hanni tidak pernah juga memperlakukan Duwi luar biasa istimewa karena Duwi anak penjaja kue. Santai saja Duwi membaca-baca koleksi buku cerita Hanni di kamarnya saat Hanni sedang melaksanakan hal lain. Kadang-kadang Duwi juga ikut membantu saat Hanni harus melipat lipat batik dan memasukkannya ke dalam plastik sebelum siap dikirim ke toko. Duwi kagum dengan Hanni dan keluarganya. meski punya banyak pegawai, Hanni dan saudara-saudaranya tetap ikut serta untuk membantu usaha orang tuanya. Membantu sesuai umur dan keahlian. nampak bahwa mereka mencapai sukses memang karena kerja keras.

Begitulah sahabat, tak ada perkata yang perlu diucapkan untuk menyatakan sayang pada sahabat. Hanya dibutuhkan sikap yang tulus, tak pandang perbandingan, saling menghargai, dan saling belajar. kerasa sayang yang tulus pada sahabat akan membentuk pertemanan yang indah dan tak terpisahkan.

Advertisement

Advertisement

setelah itu pada halaman 19 sampai 20 teman-teman akan menciptakan soal-soal yang harus dikerjakan.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 19-20

1. Apa perbandingan yang nampak antara Hanni dan Duwi? 

perbandingan latar belakang keluarga.

2. gimana Hanni berlagak terhadap Duwi?

Menghargai Duwi walaupun berbeda latar belakang, tidak sombong, tidak sungkan bermain ke rumah Duwi, dan malah menggemari keakraban serta kesederhanaan Duwi.

3. gimana sikap keluarga Hanni kepada Duwi? 

Advertisement

meski Duwi anak penjaja kue, keluarga Hanni tidak pernah memperlakukan Duwi luar biasa istimewa.

4. gimana Duwi berlagak terhadap Hanni? 

Saling menghargai, tidak minder saat bermain ke rumah Hanni, ingin membantu Hanni melaksanakan pekerjaannya, dan mengagumi Hanni yang ingin membantu pekerjaan orang tuanya.

5. gimana sikap keluarga Duwi terhadap Hanni? 

Keluarga Duwi memperbolehkan Hanni bermain ke rumah mereka. Hanni juga dipersilahkan berupaya masakan bunda Duwi yang lezat.

6. Apa yang bisa kita contoh dari Hanni? 

Selalu menghargai sahabat, tidak sombong kepada sahabat, dan tidak membenci kesederhanaan sahabat.

7. Apa yang bisa kita contoh dari Duwi? 

Selalu menghargai sahabat dan tidak mudah minder.

Demikian artikel Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 12 13 16 19 20. Semoga membantu teman-teman dalam menanggapi soal-soal yang ada.

Advertisement

Related posts