Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9

  • Whatsapp
kELAS 6 TEMA 4 HAL 1-9

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 1, 4, 5, 7 Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi perbaikan 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 bertajuk Globalisasi di Sekitarku.

Pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman ialah halaman 1-9. Pembelajaran 1 ini terdapat subjudul-subjudul ialah:

Read More

  • Ayo Mengamati halaman 1
  • Ayo Membaca halaman 6
  • Ayo menuliskan halaman 8
  • Ayo Renungkan halaman 9

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Jawaban Soal Buku Siswa Kelas 6 Tema 4 Halaman 12, 13, 14,15, 16 dan Kumpulan Soal-jawaban Lengkap kelas 6 tema 4.

Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menciptakan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku berupaya membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 1, 4, 5, 7. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 1-7:

Ayo Mengamati

Pada halaman 1, teman-teman dimohon mengamati benda-benda yang ada di sekitar. setelah itu teman-teman dimohon menuliskan nama benda-benda tersebut beserta negeri asal yang memproduksinya.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 1

mengamati benda-benda yang ada di sekitar

Pada halaman 3, disajikan sebuah bacaan.

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia

angklung

Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada bertepatan pada 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan kegiatan makan malam. kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri. nampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari bermacam negeri lain. Tentu saja bermacam santapan tradisional dihidangkan, dan bermacam kesenian wilayah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai kegiatan puncak yakni penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung bermacam tangga nada, setelah itu memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

nampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. It s for you, a souvenir from Indonesia, kata Daeng Udjo si komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan bermacam pertemuan bilateral yang lain berlangsung sukses. foto bunda Hillary Clinton-pun menghiasi bermacam tulisan laporan di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

setelah itu teman-teman dimohon mengerjakan soal-soal pada halaman 4.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 4

1. gimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini? 

Bentuk kerja sama yang terjalin ialah kerja sama regional yang mengaitkan Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara. Saat ini, organisasi ASEAN menjadi wadah kerja sama di bermacam bidang seperti politik, ekonomi, keamanan, sosial, dan budaya.

2. gimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut? 

Indonesia pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan kerja sama, menjadi salah satu pendiri ASEAN, Indonesia pernah mengetuai ASEAN, dan Indonesia ikut juga serta menciptakan perdamaian di Asia Tenggara.

3. gimana peran angklung dalam kegiatan tersebut? 

Sanggup memperkenalkan kebahagiaan bagi semua undangan.

Pada halaman 5, disajikan diagram. Teman-teman dimohon mencari bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di bidang sosial dan budaya pada masa globalisasi.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 5

bentuk kerjasama Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 4, 5, 7, 8, 9

Ayo Membaca

Pada halaman 6, disajikan sebuah bacaan tentang pembangkit listrik tenaga air. Teman-teman dimohon membaca bacaan tersebut agar pengetahuan meningkat.

Menciptakan tenaga Listrik

kincir%2Bair

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak mampu dimungkiri, bahwa globalisasi berlangsung karena peningkatan teknologi di bermacam bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber tenaga di dalamnya. Dengan ditemuinya tv, pc, dan telepon genggam, arus data setelah itu menyebar dengan begitu kilat ke bermacam negeri di bermacam belahan dunia. Kebutuhan akan listrik setelah itu menjadi suatu hal yang harus dipadati bagi semua negeri di era globalisasi saat ini. Listrik dihasilkan di pusat pembangkit memakai beragam sumber tenaga. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air setelah itu masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan memusatkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan tenaga yang besar. tenaga potensial air setelah itu menggerakkan turbin. tenaga gerak tersebut setelah itu diganti menjadi tenaga listrik oleh generator (8). tenaga listrik dari generator setelah itu diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). tenaga listrik setelah itu dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit tenaga listrik yakni turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menciptakan tenaga gerak yang setelah itu diganti menjadi tenaga listrik oleh generator. tenaga penggerak turbin, tidak hanya dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber tenaga yang lain. terdapatkah sumber tenaga di daerahmu yang bisa dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik?

setelah itu teman-teman dimohon menuliskan data penting dari bacaan tersebut.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 7

Paragraf 1: Topik permasalahan 

Peran penting listrik di era globalisasi.

Paragraf 2: Deret Penjelas 

Pada PLTA, air waduk/sungai masuk ke tangki pengaman tekanan melalui pintu yang diatur oleh katup pengaman. setelah itu air pada pesat mengalirkan air tersebut ke turbin melewati katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. tenaga potensial air akan menggerakkan turbin sekalian generator untuk menciptakan listrik. Listrik tersebut setelah itu diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformator mengarah ke saluran transmisi untuk disalurkan ke konsumen.

Paragraf 3: Kesimpulan dan pesan/pendapat individu penulis 

Turbin dan generator menjadi komponen utama pada pembangkit listrik. Generator mampu menciptakan listrik seandainya turbin bergerak akibat menemukan tekanan dari air, angin, panas bumi, ataupun yang lain.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 1, 4, 5, 7, 8, & 9. Semoga membantu teman-teman dalam menanggapi soal-soal yang disajikan.

Related posts