Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 27 28 29 30 33 34 35 37 38

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 27 28 29 30 33 34 35 37 38

Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang sangat beragam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

Di dalam perkembangannya, masyakarat Indonesia terus berusaha mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perubahan yang terjadi di seluruh dunia.

Namun demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern saat ini.

Bahkan, bangsa lain mengakui kemampuan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mengatasi perbedaan dalam kehidupan masyarakat saat ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 37

Jawablah pertanyaan berikut ini.

  1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?

Jawaban:

Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia adalah satu kesatuan yang utuh yang tidak dapat dipisahkan.

  1. Bagaimana peran semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?

Jawaban:

Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi bagian dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar bangsa Indonesia yang beragam ini terus mengingat pentingya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

  1. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?

Jawaban:

Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam daerah kepulauan memiliki keragaman dalam budaya, agama, suku, bahasa dan adat istiadat. Keharmonisan dalam perbedaan/keragaman itu bisa terwujud bila ada persatuan dan kesatuan.

  1. Bersama dengan temanmu, carilah sebuah peristiwa dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan peristiwa yang dapat memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

Jawaban:

Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber berita dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri.

Judul Peristiwa :Pentingnya Peran Budaya Sebagai Pemersatu Bangsa.

Tempat Peristiwa :Bengkulu.

Sumber Berita :Kompas.com

Makna Persatuan dan Kesatuan :Budaya Indonesia dapat menjadi pemersatu apabila kita memiliki rasa bangga terhadap budaya yang kita miliki.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 38

Ayo Berlatih

Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok yang terdiri atas 3 orang.

  1. Perhatikan kembali cerita fiksi berjudul si Hitam. Bacalah dengan saksama. Lalu, carilah peristiwa persatuan dan kesatuan yang ada dalam cerita tersebut.

Jawaban:

Kak Irma bersatu dengan Rina bahu membahu mencari cara menemukan si Hitam. Rina dan teman-teman Rina menyebarkan gambar si Hitam.

  1. Gambarkanlah peristiwa dalam cerita tersebut sesuai dengan imajinasimu dalam kertas karton ukuran A4 yang dibagi dua.
  2. Pada bagian samping gambar, buatlah sebuah gambar lain yang menceritakan peristiwa persatuan dan kesatuan yang terjadi di sekolahmu.
  3. Gunakan gambar tersebut untuk menceritakannya di depan kelompok lain.

Persatuan dan kesatuan dalam ruang lingkup yang kecil atau sederhana terdapat dalam keluarga. Bagaimana antara kakak dan adik tercipta persatuan dan kesatuan, agar tercipta kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga.

Persatuan dan kesatuan juga bisa diciptakan di lingkungan sekolah, terutama saat bersama-sama mendapat tugas kelompok, bagaimana tugas dibagi masing-masing anggota kelompok. Tanpa persatuan dalam kelompok belajar, maka tugas yang diterima akan sulit terselesaikan dengan baik.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 27 28 29 30 33 34 35 37 38. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi dimanapun kalian berada. Terimakasih.

Related posts