Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 27 28 29 30 33 34 35 37 38

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 27 28 29 30 33 34 35 37 38

Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang maju.

Modernisasi yang membentuk masyarakat modern tentu akan mengubah cara pikir dan cara hidup masyarakatnya. Para ahli menyebutkan beberapa ciri masyarakat modern.

Masyarakat modern memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal yang baru dan terbuka untuk perubahan. Mereka memiliki keberanian untuk menyatakan pendapatnya tentang lingkungannya sendiri.

Mereka juga sangat menghargai waktu dan lebih banyak berorientasi ke masa depan daripada masa lalu. Selain itu, masyarakat modern juga memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang.

Rasa percaya diri yang tinggi, percaya ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menghargai orang lain melalui prestasinya dalam masyarakat juga ciri masyarakat modern.

Perubahan masyarakat menjadi masyarakat modern tidak terjadi begitu saja. Perubahan pada umumnya terjadi karena adanya peningkatan jenis kebutuhan manusia yang semakin beragam.

Oleh karena itu, mereka memerlukan cara-cara baru untuk memenuhinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi pendorong kuat terjadinya perubahan masyarakat.

Kemudahan-kemudahan yang tercipta karena adanya penggunaan teknologi, membuat masyarakat menyesuaikannya dengan cepat juga.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 28

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca dan mengetahui tentang masyarakat modern. Bersama dengan teman dalam kelompok tentukan ciri-ciri masyarakat modern dari bacaan di atas.

Lalu, gambarlah atau carilah gambar yang sesuai untuk menjelaskan ciri masyarakat modern tersebut.

Buatlah tabel untuk menjelaskan hasil diskusimu. Lalu, presentasikanlah hasil diskusimu di depan kelas dengan percaya diri.

Menghargai Waktu

Percaya Diri

Ciri-Ciri Masyarakat Modern :

  • Memiliki sikap hidup untuk menerima hal-hal baru.
  • Terbuka untuk perubahan.
  • Berani menyatakan pendapat tentang lingkungan.
  • Menghargai waktu
  • Orientasi ke massa depan.
  • memandang perlu adanya perencanaan dan perhitungan yang matang.
  • Percaya diri.
  • Menghargai orang lain.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 29

Ayo Berlatih

Lakukanlah kegiatan ini secara berpasangan. Lakukanlah wawancara terhadap orang tua atau kakek nenekmu tentang cara hidup mereka ketika mereka seusia kamu.

Sebagai pewancara, kamu harus mencari tahu bagaimana cara mereka melakukan kegiatan belajar di rumah dan di sekolah.

Apa saja yang mereka lakukan pada saat hari libur atau ketika tidak bersekolah. Apa saja yang mereka gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Lalu, ringkaslah hasil wawancaramu untuk dibandingkan dengan kegiatan yang sama yang kamu lakukan saat ini. Catatlah hasil wawancaramu dengan menggunakan tabel berikut. Perhatikan contoh!

Nama Narasumber : Nama Kakek

Nama Pewancara : Nama Siswa

Usia Narasumber : 60 Tahun

Tempat Wawancara : Rumah Kakek

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 30

Buatlah sebuah tulisan dalam satu paragraf untuk membuat kesimpulan dari wawancara tersebut.

Masyarakat Indonesia secara terus menerus mengalami perubahan. Perubahan tersebut adalah perubahan menuju masyarakat modern. Perubahan ini bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Kita ambil contoh kegiatan seorang siswa dalam kehidupan sehari-hari. Jika siswa zaman dahulu belajar secara bergerombol/bersama-sama, maka siswa sekarang lebih banyak belajar sendiri di kamar masing-masing. Hal ini dikarenakan pada zaman dahulu, listrik belum merata tersambung di rumah-rumah penduduk. Jadi siswa belajar dengan penerangan seadanya. Siswa dan guru zaman dahulu belajar menggunakan alat sederhana, sedang siswa dan guru zaman sekarang menggunakan kecanggihan teknologi untuk menunjang proses belajar mengajar. Dalam kegiatan sepulang sekolah, maka siswa zaman dahulu lebih banyak bermain bersama dengan permainan tradisional. Sedang siswa zaman sekarang, ketika bermain lebih cenderung individual, karena permainan yang dilakukan lebih berhubungan dengan pribadi sendiri dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, seperti bermain games online.

Ayo Membaca

Si Hitam (Oleh Diana Karitas)

Kak Irma mendapati adiknya, Rina menangis tersedu di teras rumah. Kak Irma yang baru pulang kuliah segera memeluk adiknya yang masih kelas enam itu. Keadaan rumah terlihat sepi, tidak seperti biasanya. Ia tahu ayah dan ibu masih di kantor, tetapi biasanya keadaan rumah tidak sesepi ini.

“Kenapa, Dik?” tanya Kak Irma. Rina tak segera menjawab. Ia malah tersedu semakin keras. Mbak Tati, yang biasa menemani Rina bergegas datang menghampiri mereka memasuki pekarangan rumah. Mbak Tati tampak terengah dan berkeringat.

Related posts