Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 121 122 123

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 121 122 123

Gotong royong adalah istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Bukankah di luar negeri juga ada bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan? Memang ada, namun kegiatan di luar negeri tersebut masih diikuti dengan yang namanya materialistis alias bersifat kebendaan. Apa-apa dinilai dengan uang. Kita ambil contoh di Indonesia, saat satu keluarga ingin membongkar rumahnya untuk direnovasi, apa yang terjadi? maka berbondong-bondong para tetangga maupun orang-orang di sekitar lingkungan itu dengan ikhlas bahu membahu membongkar rumah tersebut, tanpa diperintah, warga masyarakat bermusyawarah menentukan pembagian kerja, tidak ada upah/bayaran sama sekali, tuan rumah hanya menjamu para warga tersebut dengan makanan ala kadarnya. Bagaimana dengan  di Amerika, Jepang, atau negara-negara Eropa lainnya? Adakah bila satu keluarga hendak membongkar rumah untuk direnovasi, maka para tetangganya turut membantu? Tidak ada teman-teman. Tetangga atau orang-orang di sekitarnya akan bersikap cuek, tidak peduli, karena itu bukan masalah mereka, itu masalah yang punya rumah. Jadi ketika rumah mau dibongkar untuk direnovasi, maka pemilik rumah pasti memakai jasa kontraktor rumah untuk melakukannya, karena negara-negara di luar sana, apa-apa dinilai dengan uang.

Bersyukurlah dan berbanggalah kita hidup di Indonesia, karena uang memang penting, tapi itu bukan yang utama. Yang utama adalah kebersamaan dalam kebahagiaan dan keceriaan. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus mampu mempertahankan salah satu ciri bangsa kita ini. Semangat gotong royong harus tetap kita jaga, harus tetap identik dengan bangsa Indonesia. Semangat gotong royong ini harus kita tularkan kepada sesama, karena dengan semangat gotong royong semangat kebersamaan aka tetap terjaga dan tujuan bisa tetap tercapai, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”

Demikianlah sedikit kata yang bisa saya sampaikan, semoga bisa menginspirasi kita semua, jika ada kurangnya, saya mohon maaf, karena saya adalah manusia, tempat salah dan lupa. Jika ada lebihnya, semua itu semata-mata karena Tuhan Yang Maha Pemurah. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 122

Baca selanjutnya Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 121 122 123

Ayo Berdiskusi

  1. Dari teks pidato di atas, apa yang kamu ketahui tentang koperasi?

Jawab:

Modal utama koperasi adalah kekeluargaan dan kebersamaan

Tujuan utama koperasi tidak mengejar keuntungan pribadi, tetapi mewujudkan kesejahteraan anggota koperasi

Keputusan koperasi diambil berdasarkan musyawarah

Anggota koperasi memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil koperasi

Kewajiban anggota koperasi adalah peduli terhadap jalannya usaha koperasi

  1. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang diterapkan oleh para anggota koperasi?

Jawab:

Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, serta kewajiban setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, dan warna kulit (Sila ke-2)

Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira (Sila ke-2)

Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika (Sila ke-3)

Memajukan persatuan dan kesatuan bangsa (Sila ke-3)

Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain (Sila ke-4)

Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama (Sila ke-4)

Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan (Sila ke-4)

Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah (Sila ke-4)

Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah (Sila ke-4)

Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan (Sila ke-4)

Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, mengutamakan nilai-nilai kebersamaan dan keadilan, serta mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama (Sila ke-4)

Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong (sila ke-5)

Menjaga antara hak dan kewajiban (Sila ke-5).

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar di bawah ini.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 121 122 123

Kedua gambar itu merupakan bagian dari kampus perguruan tinggi ternama. Gambar kiri merupakan kampus Nanyang Technology University (NTU) di Singapura. Gambar kanan merupakan kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok. Banyak mahasiswa NTU berasal dari Indonesia. Sebaliknya, banyak pula mahasiswa yang belajar di UI berasal dari luar negeri.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Halaman 123

Ayo Mencoba

Coba, carilah informasi bentuk-bentuk kerja sama dalam bidang pendidikan di ASEAN. Carilah informasi dari buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu. Jika kamu mencari informasi dari internet, mintalah Bapak/Ibu guru mendampingimu.

Related posts