Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57 pada pembelajaran Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup Subtema 2 Sahabatku pada Pembelajaran 1 terdiri dari Mata Pelajaran SBDP, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Bahasa Indonesia. tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 6 Masyarakat Sejahtera.

Pada Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57 pembelajaran 3 terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Kunci jawaban Halaman 53
  • Kunci jawaban Halaman 55
  • Kunci jawaban Halaman 56
  • Kunci jawaban Halaman 57

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018. Simak secara lengkap Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57

Dayu anak yang kreatif dan pandai menari. Dayu sering tampil menari di acara pentas seni baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya.

Kali ini, Dayu akan mengikuti lomba tari dalam rangka memperingati HUT RI. Dayu akan menarikan tari tunggal bertema kepahlawanan. Apakah yang dimaksud tari tunggal?

Ayo Membaca

Ragam Tarian di Indonesia

Indonesia kaya akan budaya di antaranya karya tari. Setiap daerah memiliki karya tari kreasi yang berbeda-beda. Apakah yang dimaksud tari kreasi? Tari kreasi adalah tari yang gerakannya merupakan perkembangan dari gerak tari tradisional. Tari kreasi tidak memiliki aturan tertentu, baik gerak maupun aspek lainnya yang terdapat dalam tarian.

Ada tiga jenis tari kreasi yaitu tari kreasi daerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kreasi kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisional adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi, baik bentuk, gerak, ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu, baik dalam

bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu.

Bentuk karya tari kreasi dapat berupa bentuk tari tunggal, tari berpasangan, dan tari kelompok. Tari tunggal adalah karya tari yang diperagakan oleh seorang penari. Tari berpasangan adalah karya tari yang diperagakan oleh dua orang penari. Adapun tari kelompok adalah karya tari yang diperagakan oleh lebih dari dua penari.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 53

Ayo Berdiskusi

Bacalah dengan cermat teks nonfiksi di atas bersama teman sekelas. Selanjutnya, diskusikanlah informasi penting yang terdapat dalam teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

Secara bergantian, jelaskan di depan teman-temanmu gagasan utama di setiap paragraf bacaan di atas. Kemudian, tuliskan hasil diskusi bersama teman satu kelas dalam tabel berikut.

Paragraf Gagasan Utama ssetiap paragraf
1 Pengertian Tari Kreasi
2 Jenis Tari kreasi
3 Bentuk Karya Tari Kreasi

 

Jenis tari yang akan diikuti Dayu dalam perlombaan adalah tari kreasi daerah/ tradisional berbentuk tari tunggal.

Tari yang akan disajikan Dayu dalam perlombaan adalah Tari Merak. Tari Merak merupakan salah satu contoh jenis tari kreasi.

Tari Merak berasal dari daerah Pasundan Jawa Barat. Tari Merak menggambarkan ekspresi kehidupan burung merak.

Tata cara dan gerak tari terinspirasi dari kehidupan merak yang diangkat ke pentas oleh seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri.

Masih banyak contoh tari tunggal lainnya. Perhatikan gambar tari Merak berikut.

Selain tari Merak, banyak karya tari lain yang berbentuk tari tunggal. Apakah di daerah tempat tinggalmu ada bentuk tari tunggal?

Apa nama karya tarinya? Berikut beberapa karya tari berbentuk tari tunggal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tarian daerah merupakan akar budaya nasional. Oleh karena itu, kamu berhak dan wajib melestarikan tarian daerah dengan cara mempelajarinya tanpa membedakan asal daerah setiap tarian. Melestarikan tarian daerah berarti melestarikan budaya nasional.

Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 55 & 56

Ayo Berdiskusi

1. Dayu telah mengikuti perlombaan menari. Ternyata perlombaan tari dibedakan atas dua kategori yaitu kategori anak-anak dan remaja.

Dua kategori ini didasarkan atas batasan usia. Untuk kategori anak-anak batas usia 6 tahun sampai 10 tahun, sedangkan kategori remaja batas usia 11 tahun sampai 21 tahun.

Masuk kategori yang manakah Dayu? Mengapa demikian? Diskusikan bersama teman satu kelompok belajarmu. Tuliskan pada buku tugas dan presentasikan di depan kelas.

2. Pengelompokan usia anak-anak dan remaja merupakan bagian dari tahapan perkembangan manusia.

Manusia akan mengalami beberapa tahapan perkembangan, mulai dari sebelum lahir, bayi, kanak-kanak (anak-anak), puber, remaja, dewasa, dan usia lanjut.

Kamu yang berusia 10-11 tahun termasuk masa awal pubertas. Bagaimanakah perbedaan masa kanak-kanak dan pubertas itu?

Coba diskusikan dengan teman-temanmu mengenai ciri-ciri berikut.

3. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki-laki.

4. Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak perempuan.

5. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak laki-laki.

6. Ciri-ciri masa pubertas bagi anak perempuan.

No Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak laki Ciri-ciri masa Pubertas bagi anak laki
1 Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat k3l4m1n Sudah rambut halus di ketiak dan alat k3l4m1n
2 suara belum membesar suara menjadi besar
3 belum tumbuh jakun Tumbuh jakun
4 Belum tumbuh kumis, jambang & jenggot Sudah tumbuh kumis, jambang & jakun

 

No Ciri-ciri masa kanak-kanak bagi anak Perempuan Ciri-ciri masa Pubertas bagi anak Perempuan
1 Belum tumbuh rambut halus di ketiak dan alat k3l4m1n Sudah rambut halus di ketiak dan alat k3l4m1n
2 suara belum melengking suara menjadi melengking
3 P4yud4r* belum membesar P4yud4r4 membesar
4 Panggul belum membesar Panggul membesar

Kunci Jawaban Buku Tema 6 Kelas 6 Halaman 57

Ayo Menulis

Kita telah memahami perbedaan ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas. Sekarang kenali dirimu berdasarkan ciri-ciri masa kanak-kanak dan masa pubertas pada tabel di atas.

Selanjutnya, tuliskan kesimpulan masa yang sedang kamu alami saat ini, masih masa kanak-kanak atau sudah masa pubertas. Tuliskan pula alasan dari kesimpulanmu.

Jawaban Soal Halaman 57 ini berbeda-beda antara siswa yang satu dengan siswa lainnya dikarenakan jawabannya berdasarkan kondisi fisik masing-masing siswa.

Demikian Artikel tentang Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 53 55 56 57. Terimakasih sudah membaca artikel, semoga dapat membantu teman-teman. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar ya.

Related posts