Kunci Jawaban Tematik Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 66 67 68 70 71 72 73

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Tematik Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman  66, 67, 68, 70, 71, 72, 73

Jawaban:

Menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?

Jawaban:

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?

Jawaban:

Sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan merupakan sikap tidak bertanggung jawab. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pertempuran ambarawa.

Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?

Jawaban:

Taktir gelar supit urang atau taktik supit urang adalah sebuah taktik perang yang berfokus pada gerakan menyerang secara tiba-tiba.

Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?

Jawaban:

Sikap persatuan, bekerja sama, rela bekorban dan pantang menyerah.

Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!

Jawaban:

Dengan bekerja sama tanpa memandang suku, agama, daerah dan budaya. Contohnya gotong royong dan ronda malam.

Tahukah kamu bahwa beberapa hewan juga menggunakan prinsip kerja sama, persatuan, dan taktik agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya?

Hyena adalah contohnya. Salah satu cara yang dilakukan hewan ini agar tetap bertahan hidup adalah dengan bersatu dan bergerombol.

Ayo Membaca

Ayo, kita baca berita dari surat kabar berikut dalam hati!

Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

hyena

Apabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat.

Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan.

Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph (09/09). Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.

Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Halaman 70, 71

Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?

Jawaban:

Cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya adalah dengan cara memanggil rekan mereka.

Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?

Jawaban:

Hyena dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya.

Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!

Jawaban:

Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’ Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan.

Kamu sudah mengetahui bagaimana Hyena mempertahankan diri, sekarang kita akan mencari tahu bagaimana cara hewan lain beradaptasi.

Perhatikan gambar dan baca teksnya!

Kamuflase

kamuflase

Hewan ini menyesuaikan diri dengan kondisi tempat yang sesuai dengan tubuhnya, misalnya belalang daun dan belalang sembah. Belalang sering hinggap pada daun untuk menyesuaikan warna dan bentuk tubuhnya.

Mimikri

mimikri

Bunglon menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya berada. Misalnya ketika bunglon berada di batang kayu, warna kulitnya berubah dari hijau menjadi kecokelatan dan kehitaman atau sebaliknya. Perubahan warna ini membuat bunglon mampu membaur dengan lingkungan.

Autotomi (Melepas Bagian Tubuh)

cecak autonomi

Related posts