Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6

Ayo Berdiskusi

Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan, sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 4

Bacalah teks tentang Proklamasi Kemerdekaan sekali lagi.

Tulislah makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia pada kolom berikut!

Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia, Pengakuan Kepada Dunia Luar, Menaikkan Martabat Bangsa, Perjuangan sebagai Negara Baru, Tonggak Sejarah Negara Indonesia.

Diskusikan hasilnya dengan teman di kelompokmu!

Tahukah kamu bahwa Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia?

  1. Sebagai Puncak Perjuangan Indonesia

Penjelasan:

Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negara- negara Eropa sampai Jepang. Penduduk dengan latar belakang yang berbeda bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan.

  1. Pengakuan Kepada Dunia Luar

Penjelasan:

Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).

  1. Menaikkan Martabat Bangsa

Penjelasan:

Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat, dan negara yang mandiri.

  1. Perjuangan sebagai Negara Baru

Penjelasan:

Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia adalah negara mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain.

  1. Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Penjelasan:

Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajahan.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 5

Apa makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu?

Tulislah paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan menurutmu!

Sebagai akhir penjajahan di Indonesia, menunjukkan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, perjuangan para pahlawan Indonesia.

Tahukah kamu bahwa diperlukan kemampuan untuk melakukan penyesuaian atau adaptasi ketika kita ingin menciptakan kerukunan dalam perbedaan?

Masih ingatkah kamu pepatah ‘Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung’? Pepatah ini mempunyai makna, apabila kita berada di tempat yang baru maka kita perlu menyesuaikan diri dengan keadaan setempat agar kita bisa diterima dan hidup berdampingan dengan damai. Hal ini juga berlaku pada tumbuhan. Agar keberlangsungan hidupnya terjamin, maka tumbuhan harus mampu melakukan adaptasi sesuai kondisi lingkungannya.

Bagaimana cara tumbuhan beradaptasi? Ayo, kita pelajari!

Ayo Mengamati

Bacalah teks berikut dengan cermat!

Bunga Teratai

Tahukah kamu bunga teratai? Tanaman ini tumbuh di air. Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar di bawah air. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air.

Daun teratai bundar dan lebar, fungsinya adalah agar daun dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini akan berdampak saat penguapan air dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan yang bermanfaat sebagai pembersih daun.

Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 6

Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya? Diskusikan pendapatmu secara berkelompok.

  1. Tugas kelompokmu adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ciri tumbuhan dan habitatnya, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
  2. Kamu dan kelompokmu akan berpetualang di lingkungan sekolah. Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan.
  3. Pilih satu tanaman, lalu temukan ciri-ciri dan cara beradaptasinya. Tuliskan informasi yang kamu dapatkan pada peta pikiran berikut!

Jawaban dapat disesuaikan dengan tanaman yang dipilih oleh siswa.

Tulislah laporan berdasarkan informasi yang kamu tulis pada peta pikiranmu!

Lalu, Kamu bisa menyampaikan tulisanmu kepada teman dalam kelompokmu, kemudian menyerahkan kepada gurumu.

Seperti tumbuhan, manusia memiliki cara berbeda dalam beradaptasi. Perbedaan yang ada bukan untuk dipermasalahkan, namun untuk disyukuri.

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi dimanapun kalian berada. Terimakasih.

Related posts