Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6

Posted on 109 views

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6 pada pembelajaran Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan pada Pembelajaran 1 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Daftar Beasiswa SD SMP SMA terbaru dan  Kunci jawaban Lengkap kelas 6 tema 2

Pada artikel Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6 terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 3
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 4
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 5
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 6

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6

Proklamasi Kemerdekaan menjadi tonggak sejarah bagi perjuangan bangsa Indonesia. Meskipun terdiri atas suku yang berbeda, rakyat Indonesia bersatu dalam memproklamirkan kemerdekaan negara Indonesia.

Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia selalu mendengar petugas upacara membacakan teks proklamasi. Sebagian rakyat juga bisa mendengarnya dari radio atau dari tempat lain.

Teks proklamasi yang dibacakan memiliki sejarah bagi bangsa Indonesia. Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.

Ayo Membaca

Amatilah tulisan berikut bawah ini!

teks proklamasi Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 6 Tema 2 Halaman 2, 3, 4, 5, 6

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2

Pada halaman 2 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 2 3 4 5 6 berikut detailnya:

Apa yang kamu ketahui tentang teks tersebut?

Jawaban:

Teks tersebut adalah teks Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia.

Hal lain apa yang ingin kamu ketahui tentang teks tersebut?

Jawaban:

Hal lain yang ingin saya ketahui tentang teks tersebut adalah tetang sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!

Kamu bisa mendapatkan informasi tambahan tentang sejarah teks proklamasi setelah kamu mempelajarinya.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 telah hadir, antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 3

Berdasarkan teks tersebut, isilah peta pikiran berikut!

peta pikiran Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Halaman 3

Optional Jawaban :

1.Apa yang menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia?

Jawaban:

Proklamasi Kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah dimana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya.

2.Mengapa Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu?

Jawaban:

Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang.

3.Siapa yang membacakan teks Proklamasi pada tanggal 17 agustus 1945?

Jawaban:

Pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

4.Bagaimana konsep penulisan teks proklamasi dilakukan?

Jawaban:

Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

5.Kapan teks Proklamasi di bacakan oleh Soekarno?

Jawaban:

Teks Proklamasi di bacakan oleh Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.

6.Dimana Teks Proklamasi di tulis?

Jawaban:

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jl. Imam Bonjol No. 1

Diskusikan peta pikiranmu dengan temanmu!

Kamu dapat mengembangkan informasi pada peta pikiran tersebut dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan, perbedaan daerah, agama, dan suku bangsa bukanlah penghalang bagi generasi muda dan generasi tua untuk berkumpul.

Perbedaan pendapat sempat terjadi, namun akhirnya mereka bersatu padu untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Pada waktu itu, semangat persatuan sangat menonjol. Bangsa Indonesia memiliki tekad yang kuat. Tidak ada jalan lain dalam usaha memproklamirkan kemerdekaan, kecuali menjalin persatuan dan kesatuan. Hal ini mencerminkan kerukunan dalam perbedaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *