Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 63 64 66 71 72

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 63 64 66 71 72

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 63 64 66 71 72 pada Subtema 2 Selamatkan Mahluk Hidup pada Pembelajaran 1 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Daftar Beasiswa SD SMP SMA dan   Kunci Jawaban Siswa Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup

Pada artikel Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 63 64 66 71 72 terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 63
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 64
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 66
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 71, 72

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 63 64 66 71 72

Apakah kamu penyayang hewan? Apa saja manfaat yang diperoleh manusia dari hewan? Bagaimana cara hewan berkembang biak? Ayo, kita pelajari.

Ayo Mengamati

Negara-negara di Asia Tenggara memiliki banyak jenis hewan. Beberapa di antaranya ada yang dijadikan sebagai makanan, simbol negara, atau dijadikan binatang peliharaan. Baca teks berikut dan amatilah gambarnya.

Gajah putih dianggap suci oleh beberapa negara di Asia Tenggara seperti Myanmar, Kamboja, dan Thailand. Menjaga gajah putih adalah usaha yang sangat mahal, karena pemiliknya harus menyediakan makanan khusus untuk gajah.

Indonesia dikaruniai luas wilayah lautan lebih besar dibandingkan luas daratan. Luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Di dalam lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang cukup besar Salah satunya ikan tuna.

Ikan tuna adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari negara lain, seperti Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Tahukah kalian burung yang hidup di negara tetangga kita? Burung Takur Dahan hidup di Malaysia. Hewan ini termasuk hewan yang dilindungi negara.

Hewan-hewan di atas merupakan sebagian dari hewan yang hidup di Asia Tenggara. Bisakah kamu menemukan hewan lainnya?

Kunci Jawaban Halaman 63

Catatlah temuanmu pada tempat yang telah disediakan.

Beberapa hewan yang hidup di Asia Tenggara yaitu

Harimau, Kerbau, Elang, Singa, Komodo, Orang Utan, Buaya, Kouprey, Sapi, Kura-Kura, dll.

Kunci Jawaban Halaman 64

Kelompokkanlah hewan-hewan yang ada di dalam teks dan yang kamu temukan ke dalam diagram Venn berikut berdasarkan cara perkembangbiakannya.

Amatilah gambar dan lengkapilah diagrammu dengan hewan-hewan berikut.

 

Bacalah teks berikut dalam hati.

Setiap hewan memiliki kemampuan berkembang biak. Dengan berkembang biak, hewan dapat melestarikan jenisnya. Tahukah kamu bagaimana cara hewan berkembang biak?

Pengertian Ovovivipar

Adakah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur sekaligus melahirkan? Ada, contohnya adalah ular. Berapa jenis ular tidak selamanya melahirkan anaknya.

Kadang-kadang pada saat mengeluarkan anak- anaknya, masih ada anak ular yang terbungkus cangkang telurnya.

Perkembangbiakan seperti ini dikatakan bertelur sekaligus beranak (ovovivipar). Dapatkah kamu menyebutkan contoh hewan ovovivipar lainnya?

Berdasarkan bacaan di atas, lengkapilah diagram dengan menambahkan contoh hewan lainnya.

Kunci Jawaban Halaman 66

Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar sebagai berikut:

  1. Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.
  2. Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar antara lain :

1.Induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator.

2.Kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.

Related posts