Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 34 35 37

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 34, 35, 37

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 34 35 37 – pada pembelajaran Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup Subtema 1 Tumbuhan Sahabatku pada Pembelajaran 3 terdiri dari Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga artikel Kunci Jawaban Siswa Kelas 6 Tema 1 Halaman 55, 58, 59, 60, 61 dan Kunci Jawaban Siswa Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup

Read More

Pada artikel ini Ngobrasiana.com membahas beberapa subhalaman jawaban yaitu

  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 34
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 35
  • Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Halaman 37

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 6 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kelas 6 Tema 1 Pembelajaran 3

Tumbuhan selain berkembang biak dengan cara generatif, juga berkembang biak dengan cara vegetatif. Bagaimana perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan? Ayo, kita cari tahu.

Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut.

materi pelajaran kelas 6 sd contoh tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif

Nanas berkembang biak dengan cara vegetatif. Pembibitan tunas dapat dilakukan untuk mengembangbiakkannya.

materi pelajaran kelas 6 tema 1 perkembang biakkan vegetatif

Bawang merah memiliki bentuk berlapis yang di tengahnya akan tumbuh tunas.

Umbi lapis terdiri atas daun yang tumbuh melapisi batang dan membengkak di dalam tanah.

materi pelajaran kelas 6 sd tema 1 perkembang biakkan vegetatif

Pohon pisang berkembang biak dengan cara membentuk anak pisangan pohon yang disebut tunas.

Beberapa tumbuhan tersebut berkembang biak dengan cara vegetatif. Tahukah kamu yang dimaksud dengan perkembangbiakan secara vegetatif?

Perkembangbiakan secara vegetatif adalah cara berkembang biak suatu mahluk hidup yang terjadi tanpa melalui perkawinan. Makhluk hidup baru tumbuhan berasal dari induknya.

Kuci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Tematik Halaman 34

Sekarang, amati gambar berikut ini. Bagaimana cara tanaman tersebut berkembang biak?

materi pelajaran kelas 6 sd cara wortel berkembang biak

Carilah informasi dari berbagai sumber. Tuliskan hasilnya di bawah ini!

Cara tanaman wortel berkembang biak secara vegetatif yaitu berkembang biak melalui umbi akar yang akarnya membesar berisi cadangan makanan. Jika umbi ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan tumbuhan baru.

Diskusikan hasilnya dengan teman di kelompokmu.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Tematik Halaman 35

Perhatikan lingkungan sekolahmu. Catatlah informasi tentang tanaman yang berkembang biak secara vegetatif. Catatlah pada tabel berikut.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 halaman 35

Tulislah manfaat dari perkembangbiakan secara vegetatif pada kolom dibawah ini.

Manfaat Perkembangbiakan secara vegetatif yaitu menghasilkan tanaman anakan yang sama persis dengan induknya, lebih cepat dibanding perkembangbiakan generatif, menghasilkan tanaman yang susah tumbuh dari benih, dapat mengendalikan kualitas yang dihasilkan.

Sampaikan hasilnya kepada gurumu.

Sungguh hebat semua tumbuhan yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa. Tiap tumbuhan memiliki cara yang unik untuk menjaga kelestariannya. Melestarikan tumbuhan merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dalam hati.

Tumbuhan Sumber Kehidupan

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa. Indonesia memiliki dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan.

Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut. Hampir semua ibu kota provinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu.

kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 halaman 36

Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang.

Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut. Beberapa dataran tinggi di Indonesia adalah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan dataran tinggi Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Tematik Halaman 37

Isilah diagram di bawah ini berdasarkan informasi dan ide pokok dalam bacaan.

kunci jawaban tema 1 kelas 6 subtema 1 halaman 37

Alternatif Jawaban :

Paragraf 1 : Indonesia adalah negara kepulauan.

Paragraf 2 :Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut.

Paragraf 3 :Wilayah pantai termasuk dataran rendah.

Paragraf 4 :Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 m di atas permukaan laut.

Paragraf 5 :Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah.

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan informasi dan ide pokok pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.

Indonesia memiliki berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut memberikan bahan makanan yang berlimpah dan manfaat lainnya. Bagaimana kita mensyukurinya?

Demikianlah postingan mengenai Kunci Jawaban Halaman 34, 35, 37 Kelas 6 Tema 1 Buku Tematik Siswa. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi dimanapun kalian berada. Terimakasih.

Related posts