Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65

Advertisement

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65 – membahas tentang Benda-Benda di Sekitar Kita pada Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Pembelajaran 4 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 6 SD/MI. Muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga  Kunci jawaban Lengkap kelas 5 tema 9.

Pada artikel ini terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Jawaban Soal Halaman 59
  • Jawaban Soal Halaman 60
  • Jawaban Soal Halaman 63
  • Jawaban Soal Halaman 65

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas  dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR). mari simak selengkapnya di Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65

Lani telah terpengaruh iklan dari televisi, yaitu iklan sirop. Iklan yang ditayangkan melalui televisi merupakan salah satu contoh iklan elektronik. Mengapa demikian?

Alasannya televisi merupakan salah satu media elektronik. Adapun yang dimaksud iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Apa saja bentuk iklan elektronik itu?

Ayo Membaca

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari saat ini. Ketiga jenis iklan tersebut adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

Bagaimanakah karakteristik ketiga iklan elektronik tersebut? Ayo baca satu per satu uraian singkat berikut.

  1. Iklan Radio

Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas.

iklan radio Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65

Advertisement

Advertisement

Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

  1. Iklan Televisi

Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak.

iklan televisi Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 9 Halaman 59 60 63 65

Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

  1. Iklan Internet

Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar.

Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.

Ayo Mengamati

Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut.

  1. Paparan Iklan Melalui Radio

Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan.

Advertisement

Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario. Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.

Iklan Pewangi Ruangan

Efek Suara : (Suara Lalat)

Anak Perempuan : Mama kamar adik banyak lalat.

Mama : Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik.

Anak Perempuan : Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya.

Mama : Tenang, mama punya antinya.

Efek Suara : (Suara Semprotan Nyamuk)

Anak Perempuan : Wah, wangi sekali, Ma.

Mama : Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap langsung KO.

Musik : Gitar Klasik Bernuansa Ceria Up-In-Down.

Narasi : ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung hilang.

Musik : (Down-Out)

Apa isi iklan radio yang dapat kamu amati dari naskah di atas? Berdasarkan naskah iklan radio, dapat disimpulkan bahwa iklan radio yang akan dipaparkan berisi ajakan untuk menggunakan Segar Wangi, pengharum ruangan yang bisa menghilangkan bau tidak sedap dan mengusir lalat dalam sekejap.

  1. Paparan Iklan Melalui Televisi

Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah).

Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.

Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi.

Advertisement

Related posts