Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 50 51 52

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 50,51,52

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 50 51 52 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi perbaikan 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 bertajuk Komponen Ekosistem.

Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 5 halaman ialah halaman 48-52. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah:

Read More

  • Ayo Mencoba halaman 51
  • Ayo Berkreasi halaman 51
  • Ayo Berlatih halaman 52
  • Ayo Renungkan halaman 52

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 5 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 50 51 52

all cover kelas 5

Pada halaman 49 hingga 50, disajikan sebuah bacaan tentang pergantian ekosistem.

Pergantian Ekosistem

 

Ekosistem mengalami pergantian sepanjang waktu. Komponen-komponen di dalam ekosistem mampu mengalami kenaikan ataupun penyusutan jumlah. Misal, pada saat masa hujan, sebuah kebun akan mendapatkan lebih banyak air hujan daripada saat masa kemarau. Tanaman berkembang dengan baik. Tikus-tikus tanah juga akan mendapatkan lebih banyak santapan daripada biasanya. Kondisi ini akan kenaikan populasi tikus tanah di kebun tersebut. kenaikan jumlah tikus tanah akan menyebabkan meningkatnya populasi ular tanah. kenaikan ini diakibatkan ular tanah mendapatkan banyak santapan berbentuk tikus tanah pada masa itu.

Pada masa kemarau, air hujan yang turun di kebun tersebut tentu berkurang. Tanaman berkembang lebih lelet. santapan yang dihasilkannya juga lebih sedikit. Keadaan ini akan menyebabkan menyusutnya populasi tikus tanah yang memakan tanaman di kebun itu. dampaknya, populasi ular tanah juga akan berkurang karena berkurangnya sumber santapan pada masa itu.

Ekosistem mengalami pergantian baik secara alami ataupun karena aktivitas manusia. pergantian masa, seperti dipaparkan di atas, adalah salah satu contoh pergantian alami. tidak hanya masa, hal yang tercantum aspek pergantian alami merupakan bencana alam berbentuk gunung meletus, gempa, tanah longsor, kebakaran hutan, tsunami, angin ribut, dan banjir. Manusia mampu menjadi aspek penyebab terbentuknya pergantian ekosistem. Manusia melaksanakan bermacam aktivitas untuk penuhi kebutuhan hidupnya. Pembukaan lahan hutan untuk dijadikan sawah dan perkebunan akan mengganti ekosistem. aktivitas manusia yang memunculkan pencemaran lingkungan, mampu mengganti penyeimbang ekosistem. Masih banyak lagi aktivitas manusia yang mampu mengganti ekosistem.

(Sumber: Mc. Graw-Hill Science. Ecosystems Around the World. 2000)

Pada halaman 50, teman-teman dimohon membuat peta benak dari bacaan di atas.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 5 Halaman 50

Peta benak Tema 5 Kelas 5 Halaman 50

Related posts