Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40, 41, 42, 46

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40, 41, 42, 46

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40, 41, 42, 46 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi perbaikan 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 bertajuk Komponen Ekosistem.

Pada subtema 1 pembelajaran 5 terdiri dari 11 halaman ialah halaman 37-47. Dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah:

Read More

  • Ayo Membaca halaman 38
  • Ayo Berkreasi halaman 40
  • Ayo Menulis halaman 41
  • Ayo Mencoba halaman 43
  • Ayo Berlatih halaman 46
  • Ayo Renungkan halaman 46

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini aku berupaya membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 40, 41, 42, 46. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 40-46:

Ayo Membaca

Pada halaman 38 sampai 39, disajikan sebuah bacaan tentang daur hidup hewan.

Daur Hidup Hewan

Daur hidup kupu kupu kelas 5 halaman 38
Hewan sebagai salah satu komponen ekosistem membutuhkan lingkungan yang baik untuk berkembang biak. pergantian ekosistem mampu mempengaruhi perkembangbiakan. Setiap hewan mengalami tahapan peningkatan tertentu dan khas. Tahapan perkembangan dan peningkatan suatu hewan disebut daur hidup. Di dalam daur hidupnya, ada hewan yang mengalami pergantian bentuk, ada yang tidak. Hewan yang mengalami pergantian bentuk pada tahap berkembang kembangnya disebut mengalami metamorfosis.

Hewan apa sajakah yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis? Berdasarkan pergantian wujudnya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terjalin saat hewan mengalami pergantian bentuk yang sangat berbeda pada setiap tahap perkembangannya. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna merupakan katak dan kupu-kupu. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. setelah itu, telur menetas menjadi ulat ataupun larva yang aktif mencari santapan. sehabis cukup mendapatkan santapan, ulat berbeda menjadi pupa ataupun kepompong yang tidak bergerak dan melekat pada bagian tumbuhan. Pupa adalah masa istirahat sebagai persiapan menjadi kupu-kupu berusia.

Daur hidup kecoa kelas 5 halaman 38

Metamorfosis tidak sempurna terjalin pada hewan yang mengalami pergantian bentuk yang tidak sangat berbeda pada setiap perkembangannya. Hewan kelompok ini tidak mengalami fase larva dan pupa. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna merupakan kecoa. Kecoa berkembang biak dengan bertelur. Telur kecoa menetas berbeda menjadi kecoa muda yang disebut nimfa. Nimfa mengalami beberapa kali pergantian kulit sebelum menjadi kecoa berusia. Pergantian kulit ini disebut ekdisis.

Daur hidup ikan dan kadal kelas 5 halaman 39

tidak hanya serangga dan katak, hewan lain mengalami daur hidup tanpa metamorfosis ataupun tanpa mengalami pergantian bentuk. Contoh tipe hewan yang tidak mengalami metamorfosis merupakan ikan dan kadal. Ikan hidup di air dan berkembang biak dengan bertelur. Telur ikan menetas, lalu menjadi ikan muda, setelah itu menjadi ikan berusia. Bentuk ikan muda dan ikan berusia tidak banyak mengalami pergantian. Demikian juga dengan kadal. sehabis bertelur, telur kadal akan menetas dan muncullah kadal muda. bersamaan dengan waktu, kadal muda berkembang dan berkembang menjadi kadal berusia yang siap bertelur kembali sehabis melaksanakan perkawinan dengan kadal berusia lain.
Sumber: BSE IPA Kelas 4, 2010

Pada halaman 40, teman-teman dimohon membuat peta benak dari bacaan di atas.

Kunci Jawaban Kelas 5 tema 5Halaman 40

Peta benak tema 5 kelas 5 halaman 40

kunci halaman 40
Ayo Berkreasi

Pada halaman 41, teman-teman dimohon membuat diagram daur hidup hewan secara lebih detil dalam bentuk poster. Teman-teman harus mempersiapkan perlengkapan dan olahan seperti kertas karton dimensi A2, pensil, spidol, ataupun pensil corak. Untuk melaksanakan aktivitas tersebut, Teman-teman harus mengikuti langkah berikut ini.

 

  1. Kamu akan membuat diagram yang memperlihatkan daur hidup 3 tipe hewan yang berbeda pada kertas karton. Ketiga hewan yang kamu seleksi hendaknya tercantum dalam golongan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna, metamorfosis tidak sempurna, dan tidak mengalami metamorfosis.
  2. Carilah data ekstra, misal dalil menarik tentang hewan tersebut dari bermacam sumber.
  3. Tentukan tata letak diagram pada kertas sebelum kamu mulai menggambar (lihat contoh).
  4. Gambarlah daur hidup hewan pilihanmu dengan mencermati urutannya. Gambar sejelas dan sedetil mungkin.
  5. bagikan label ataupun penjelasan pada setiap gambarmu.
  6. Tuliskan beberapa dalil menarik tentang daur hidup hewan tersebut di bawah diagram daur hidup hewan pilihanmu.
  7. Gunakan spidol ataupun pensil corak untuk memperjelas diagrammu.
  8. Presentasikan postermu dengan percaya diri.
  9. Kesimpulan apakah yang kamu miliki dari aktivitas tersebut?

Kunci Jawaban kelas 5 tema 5 Halaman 41

Diagram daur hidup hewan kelas 5 halaman 41

kunci halaman 41
Ayo Menulis

Pada halaman 41, teman-teman dimohon memilah salah satu hewan yang paling disukai, paling utama hewan yang mengalami metamorfosis. Teman-teman harus membuat sebuah tulisan tentang hewan tersebut paling sedikit dalam 3 paragraf. Jawaban ditulis seperti halaman 42.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 5 Halaman 42

Daur Hidup Nyamuk

Nyamuk adalah hewan yang tercantum ke dalam golongan serangga. Hewan ini diketahui suka menghisap darah baik darah manusia ataupun hewan. Saat ini, terdapat lebih dari 2. 700 spesies nyamuk di dunia. Hewan ini memiliki karakteristik khas berbentuk mulut yang menyamai jarum yang sanggup menembus kulit.

Nyamuk populer sebagai hewan parasit yang merugikan manusia. dampak ringan akibat gigitan nyamuk merupakan kerasa gatal. kerasa gatal ini mampu lenyap sehabis beberapa saat. Namun, tipe nyamuk aedes aegypty sanggup membunuh manusia berusia karena saat mereka menghisap darah, mereka juga menyebarkan virus yang mampu menimbulkan penyakit demam berdarah (DBD).
Nyamuk berkembang biak dengan bertelur. Nyamuk biasanya bertelur tempat yang terdapat air. Dalam daur hidupnya, telur nyamuk yang menetas akan berbeda menjadi jentik-jentik. setelah itu jentik-jentik akan berkembang lagi menjadi pupa. sehabis itu pupa akan berkembang lagi menjadi nyamuk yang lengkap dengan sayap.

Ayo Berlatih

Pada halaman 46, teman-teman dimohon mengerjakan soal-soal yang disajikan.

Kunci Jawaban kelas 5 tema 5Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40, 41, 42, 46 Halaman 46

1. Carilah perbandingan dan persamaan antara daur hidup hewan yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis.

Perbandingan:
Hewan yang bermetamorfosis mengalami pergantian bentuk, sebaliknya hewan tanpa metamorfosis tidak mengalami pergantian bentuk.
Persamaan:
seluruhnya mengalami perkembangan dimensi.
seluruhnya mengalami peningkatan.
seluruhnya mengalami pertambahan umur.
2. Jelaskan dan gambarkan daur hidup salah satu dari hewan berikut.

Daur Hidup Kucing

Kucing adalah salah satu hewan yang kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Hal ini disebabkan kucing memiliki keelokan bulu yang juga lembut serta memiliki tinglah laku yang membuat gemas. Hewan ini memiliki tipe yang cukup banyak. Kucing tercantum hewan mamalia yang sudah tentu tidak mengalami metamorfosis dalam daur hidupnya. Daur hidup kucing diawali dari anak kucing setelah itu berkembang menjadi kucing muda hingga menjadi kucing berusia.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 40, 41, 42, 46. Semoga membantu teman-teman dalam menanggapi soal-soal yang disajikan.

Related posts