Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40 41 42 46

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40, 41, 42, 46

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 40 41 42 46 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi perbaikan 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 bertajuk Komponen Ekosistem.

Pada subtema 1 pembelajaran 5 terdiri dari 11 halaman ialah halaman 37-47. Dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul ialah:

  • Ayo Membaca halaman 38
  • Ayo Berkreasi halaman 40
  • Ayo Menulis halaman 41
  • Ayo Mencoba halaman 43
  • Ayo Berlatih halaman 46
  • Ayo Renungkan halaman 46

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas 5 dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR) pada kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Ayo Membaca

Pada halaman 38 sampai 39, disajikan sebuah bacaan tentang daur hidup hewan.

Daur Hidup Hewan

Daur hidup kupu-kupu kelas 5 halaman 38

Hewan sebagai salah satu komponen ekosistem membutuhkan lingkungan yang baik untuk berkembang biak. pergantian ekosistem mampu mempengaruhi perkembangbiakan. Setiap hewan mengalami tahapan peningkatan tertentu dan khas. Tahapan perkembangan dan peningkatan suatu hewan disebut daur hidup. Di dalam daur hidupnya, ada hewan yang mengalami pergantian bentuk, ada yang tidak. Hewan yang mengalami pergantian bentuk pada tahap berkembang kembangnya disebut mengalami metamorfosis.

Hewan apa sajakah yang mengalami metamorfosis dan tidak mengalami metamorfosis? Berdasarkan pergantian wujudnya, metamorfosis dibedakan menjadi metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terjalin saat hewan mengalami pergantian bentuk yang sangat berbeda pada setiap tahap perkembangannya. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna merupakan katak dan kupu-kupu. Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur. setelah itu, telur menetas menjadi ulat ataupun larva yang aktif mencari santapan. sehabis cukup mendapatkan santapan, ulat berbeda menjadi pupa ataupun kepompong yang tidak bergerak dan melekat pada bagian tumbuhan. Pupa adalah masa istirahat sebagai persiapan menjadi kupu-kupu berusia.

Related posts