Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11

Pada reptil yang sering berkubang di air seperti buaya, lubang hidungnya dapat ditutup selama menyelam. Dengan begitu air tidak akan masuk ke dalam paru-paru.

  1. Alat dan Sistem Pernapasan pada Burung (Aves)

Burung bernapas dengan sepasang paru-paru. Paru-paru burung terletak di dalam rongga dada. Udara yang mengandung oksigen masuk melalui lubang hidung pada pangkal paruh sebelah atas. Selanjutnya udara masuk ke pembuluh udara yang disebut trakea. Dari trakea, udara sebagian masuk ke paru-paru dan sebagian lagi masuk ke kantong udara.

Burung menghirup udara sebanyak-banyaknya saat tidak terbang. Sebaliknya, saat terbang, burung tidak menghirup udara. Udara diembuskan dari kantong udara ke paru-paru.

Kantong udara burung berfungsi sebagai tempat menyimpan udara. Saat tidak terbang, burung menghirup udara sebanyak-banyaknya. Udara yang dihirup itu kemudian disimpan dalam kantong udara. Saat terbang, burung tidak menghirup udara melainkan mengambil dari kantong udara. Kantong udara juga membantu burung saat terbang, membantu mencegah hilangnya panas tubuh yang terlalu besar, dan memperkeras suara.

  1. Alat dan Sistem Pernapasan pada Mamalia

Mamalia adalah jenis hewan yang menyusui anaknya. Ada dua jenis mamalia, yaitu mamalia darat dan mamalia air. Mamalia darat misalnya kambing, sapi, kerbau, dan kuda. Mamalia air misalnya paus, duyung, dan lumba-lumba.

Alat pernapasan mamalia darat terdiri atas hidung, pangkal tenggorok, batang tenggorok, dan paru-paru. Perhatikan gambar organ pernapasan kuda berikut.

Pada mamalia air, hidungnya dilengkapi dengan katup. Saat mamalia tersebut menyelam, katup akan menutup. Sebaliknya, saat mamalia tersebut muncul ke permukaan air, katup terbuka. Saat itulah mamalia air tersebut akan menghirup oksigen serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Kamu telah mengetahui organ pernapasan pada beberapa hewan dan cara bekerjanya. Sekarang lakukan kerja kelompok berikut bersama teman-temanmu.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 11

Ayo Berkarya

Bagilah seluruh siswa dalam kelas menjadi tujuh kelompok. Setiap kelompok membuat salah satu bagan cara kerja organ pernapasan pada setiap jenis hewan.

  1. Kelompok 1 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada cacing tanah.
  2. Kelompok 2 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada ikan.
  3. Kelompok 3 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada serangga.
  4. Kelompok 4 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada amfibi.
  5. Kelompok 5 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada reptil.
  6. Kelompok 6 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada burung.
  7. Kelompok 7 membuat bagan cara kerja organ pernapasan pada mamalia.

Alternatif Jawaban :

Jawaban siswa disesuaikan pada Pemahaman siswa tentang organ-organ pernapasan hewan serta keterampilan siswa dalam menyajikan dan mengolah informasi yang mereka miliki tentang organ-organ pernapasan hewan.

Akhir Kata

Demikian Artikel tentang Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Halaman 1 2 11. Terimakasih sudah membaca artikel, semoga dapat membantu teman-teman. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar ya

 

Related posts