Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11

Posted on 28 views

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11 – membahas tentang Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 1 tentang pertanyaan yang terdapat pada Buku Siswa Kelas 5 SD/MI. Muatan pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Bahasa Indonesia.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 2.

Pada artikel kali ini yang dapat disampaikan Ngobrasiana.com terdapat beberapa subjudul yaitu

  • Jawaban Soal Halaman 1
  • Jawaban soal halaman 3
  • jawaban soal halaman 11

Pada subjudul-subjudul di atas, terdapat ujian soal yang harus dikerjakan. Pada artikel ini, saya akan coba membantu teman-teman mengerjakan soal yang disajikan. Pembahasan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa-siswa  kelas  dalam mengerjakan soal-soal ulangan. Seperti penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PAS), Penilaian akhir tahun (PAT) maupun tugas rumah/pekerjaan rumah (PR). mari simak selengkapnya di Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 1 3 11 gambar 1

Perhatikan gambar di atas.

  1. Apa saja makhluk hidup yang ada pada gambar di atas?

Jawaban:

Makhluk hidup yang ada pada gambar di atas adalah manusia, dan hewan (kambing, bebek dan ayam)

  1. Apa saja perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu?

Jawaban:

Perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu yaitu anggota tubuh, cara berjalan, jenis makanan, tempat hidup, dll.

  1. Apa pula persamaannya?

Jawaban:

Persamaannya yaitu membutuhkan makanan, bernapas, membutuhkan oksigen dan tempat tinggal.

  1. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?

Jawaban:

Ya, semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen.

  1. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?

Jawaban:

Proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup berbeda-beda, misalnya cacing bernapas melalui permukaan kulit, ikan bernapas dengan insang, manusia bernapas dengan paru-paru.

  1. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?

Jawaban:

Yang harus kita laukan supaya ketersediaan oksigen terjaga adalah, tidak mencemari lingkungan, tidak menebang pohon dan membakar hutan dan melakukan penghijauan atau penanaman pohon kembali.

  1. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat dalam menjaga ketersediaan oksigen?

Jawaban:

Tanggung jawab kita terhadap masyarakat adalah menciptakan lingkungan bersih dan banyak tumbuhan hijau.

Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.

Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah- olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 3

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 3 A

Jawaban:

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 2 Halaman 3 B

Ayo Menulis

Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu dalam kotak berikut.

Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena ikan sedang bernafas, dengan memasukkan air ke dalam insang agar oksigen di air bisa disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan.

Kamu telah menuliskan pendapatmu. Bacakan pendapatmu secara bergiliran dengan teman-temanmu. Apakah pendapat kalian sama? Adakah pendapat yang berbeda? Bagaimana kalian menanggapi persamaan/perbedaan itu?

Kini, bacalah bacaan di bawah ini untuk mengetahui pendapat kalian benar atau salah.

Ayo Membaca

Pernapasan pada Hewan

Seperti manusia, hewan juga bernapas untuk mengambil oksigen dan membuang karbon dioksida. Namun, sistem pernapasan pada hewan berbeda dari manusia. Bahkan, sistem pernapasan pada hewan pun berbeda-beda sesuai jenisnya. Berikut sistem pernapasan pada beberapa jenis hewan.

  1. Alat dan Sistem Pernapasan pada Cacing Tanah (Vermes)

Cacing tidak mempunyai alat pernapasan khusus, cacing bernapas melalui permukaan kulit. Kulit cacing selalu basah dan berlendir untuk memudahkan penyerapan oksigen dari udara. Oleh karena itu, cacing menyukai tempat lembap untuk menjaga supaya kulit tubuhnya selalu basah dan berlendir.