Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 75 76 77 78 79 82 83 84

  • Whatsapp

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah pertanyaan berikut ini dengan menggunakan kata-katamu sendiri.

1. Apakah yang disebut dengan bintang?

Jawaban:

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri.

2. Mengapa bintang memiliki warna yang berbeda-beda?

Jawaban:

Perbedaan warna bintang salah satunya disebabkan oleh perbedaan suhu permukaan bintang tersebut.

3. Mengapa Matahari disebut sebagai bintang?

Jawaban:

Karena Matahari menghasilkan/memancarkan cahayanya sendiri.

4. Apakah yang kamu ketahui tentang Matahari?

Jawaban:
Matahari adalah salah satu contoh bintang. Matahari merupakan bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi. Matahari memiliki volume sangat besar yaitu sekitar satu juta kali volume Bumi. Gaya gravitasi Matahari lebih kurang 28 kali lebih besar dari gravitasi Bumi. Matahari menjadi pusat tata surya yang dikelilingi oleh delapan planet.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 77-78

Ayo Mengamati

Perhatikanlah keterangan tentang jarak Matahari dengan delapan planet dalam tata surya kita. Susunlah data tentang jarak Matahari ke planet-planet secara berurutan dan catat di tabel berikut.Kemudian cobalah untuk melengkapi tabel tersebut untuk mengetahui perbandingan jarak antara planet satu dengan yang lainnya dari Matahari. Perhatikan contoh yang disediakan.

Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan di atas?
Yang dapat saya simpulkan dari kegiatan di atas adalah jarak planet terdekat dari Matahari adalah Merkurius dan jarak planet terjauh dari Matahari adalah Neptunus. Perbandingan jarak antar planet jika dilihat dari jarak Matahari ke Merkurius adalah semakin besar terhadap planet-planet yang semakin jauh dari Matahari.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 9 Halaman 79

Ayo Mencoba

Sistem tata surya kita selalu menarik untuk diteliti karena banyak misteri dan pertanyaan yang belum terjawab tentangnya.Salah satu cara ilmuwan untuk mengetahui bagaimana sistem tata surya bekerja adalah dengan membuat model.

Model merupakan barang tiruan dari sesuatu dengan ukuran yang lebih kecil tetapi dengan bentuk atau rupa yang diusahakan mirip dengan yang ditiru.

Sistem tata surya kita telah dibuat berbagai model yang diharapkan dapat memberikan gambaran tentang tata surya yang sebenarnya.

Untuk membuat model, diperlukan perencanaan yang matang tentang bentuk, ukuran, warna, dan bahan yang akan digunakan.

Tahukah kamu bahan apa sasja yang dapat digunakan untuk membuat model tata surya kita? Amati kembali beberapa contoh model tata surya sederhana yang dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya.

Pilihlah paling tidak dua model, yaitu model dua dimensi dan tiga dimensi yang ingin kamu buat, lalu

Baca juga Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 63 66 67 70 72 73 

Demikian Artikel tentang Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 75,76,77,78,79,82,83,84. Terimakasih sudah membaca artikel, semoga dapat membantu teman-teman. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan di kolom komentar ya.

Related posts