Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 116

  • Whatsapp
Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 116

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 116 Buku siswa kelas 6 tema 5 edisi perbaikan 2018 diterbitkan dengan judul Wirausaha dengan subtema 2 bertajuk Usaha di Sekitarku.

Buku siswa yang digunakan sebabai sumber belajar siswa kelas 6 adalah buku Tematik Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Baca juga Jawaban Kelas 6 tema 5.

Read More

Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 6 halaman ialah halaman 113-118. Dalam pembelajaran 6 ini terdapat subjudul-subjudul ialah:

  • Ayo Mengamati halaman 113
  • Ayo Berdiskusi halaman 115
  • Ayo Berlatih halaman 117
  • Ayo Berdiskusi halaman 117
  • Ayo Renungkan halaman 118

Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus teman-teman selesaikan. Pada postingan ini aku berupaya membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 116. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 116:

Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 116

Ayo Mengamati

Pada halaman 113 sampai 114, terdapat sebuah bacaan yang harus teman-teman baca.

Raga, Sukma, dan Semesta

ekspedisi bunda Made Yuliani menggagas, membuat, dan memperjuangkan Bali Tangi sebagai produk lokal, didasari ketulusan dan kemauan luhurnya untuk mewujudkan masyarakat yang hidup sehat selaras dengan alam. Dengan pengalamannya berpuluh tahun sebagai bidan, dia menyadari betul berartinya proses menyehatkan jiwa raga, sekalian mengasuh lingkungan.

Sebagai gadis Pulau Dewata, ia terbiasa hidup dalam keyakinan bahwa alam semesta amatlah kaya akan peninggalan untuk dibesarkan, dan bukan dihabiskan, demi fungsinya bagi masyarakat luas.

olahan dasar seluruh produk Bali Tangi diambil dari tanaman lokal yang sebagian besar dibudidayakan di tanah dewata oleh petani lokal. Proses penanaman, pengambilan olahan, panen, pengeringan sampai dengan selesainya rentetan pembuatan produk, dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan. Untuk pembuatan wewangian dari tumbuhan kering yang umum disebut potpourri, olahan dasar yang dipakai merupakan daun, bunga, dan buah yang sudah rontok ataupun nampak mati. Proses pengeringan juga dilakukan dengan cara konvensional, tanpa memakai perlengkapan ataupun olahan kimia apapun. Tempat pengeringannya juga memanfaatkan lahan yang ada.

Begitu pula dengan produk lain seperti bedak dingin, lulur, sabun, dan boreh, dibuat dengan cara yang terencana disederhanakan agar membolehkan bagi siapapun untuk menirunya, sekalipun hanya untuk konsumsi rumah tangga.

begitu luar biasa ekspedisi sebuah industri yang saat ini sudah merambah ke tingkatan internasional, namun masih tetap mampu mempertahankan idealisme luhurnya, Bukan hanya kebugaran raga, tetapi juga perawatan kesegaran sukma.

Bukan hanya rempah, minyak, dan khasiatnya, tetapi juga hasil bumi yang ditanam dengan ketulusan hati. Bukan pula hanya bertujuan untuk berpadu dengan alam, namun juga menyatu dengan semesta.

[Hanni Armansyah, berdasarkan wawancara dengan bunda Made Yuliani, Juli 2014]

Pada halaman 116 teman-teman dimohon mengerjakan beberapa soal berdasarkan bacaan tadi.

Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 116

1. Apa tipe wirausaha yang dijalankan oleh bunda Made Yuliani?

Produsen produk Bali Tangi.

2. Sikap apa yang bisa kita pelajari dari bunda Made Yuliani?

ingin melestarikan produk lokal, berupaya bermanfaat bagi masyarakat, dan bertanggung jawab terhadap keterjagaan lingkungan.

3. Apa manfaat dari usaha yang dijalankan oleh bunda Made Yuliani?

Menyehatkan masyarakat, memberdayakan petani lokal, dan kondisi lingkungan terpelihara.

4. Apakah kamu menciptakan sikap tanggung jawab yang ditunjukkan oleh bunda Made Yuliani dalam melangsungkan usahannya? Jelaskan.

Ya. Proses penciptaan wirausaha bunda Made Yuliani dilakukan dengan memerhatikan keterjagaan lingkungan mulai dari penanaman hingga menjadi produk. Hal ini menunjukkan bahwa bunda Made Yuliani tidak hanya mementingkan usahanya namun tetap bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 116. Semoga membantu teman-teman dalam menanggapi soal-soal yang disajikan.

Related posts