Harga Franchise Kopi Kenangan

  • Whatsapp
alasan kopi kenangan menolak waralaba

Kopi kenangan adalah salah satu bisnis waralaba yang sangat potensial dan menguntungkan. Harga Franchise Kopi Kenangan yang cukup terjangkau dan memiliki pengalaman sejak dari 2017. Brand franchise kopi kenangan telah dikenal masyarakat.

Perkembangan bisnis di Indonesia mulai naik dan lima tahun terakhir banyak bermunculan bisnis yang mudah dijalankan dan bersistem waralaba (franchise). Waralaba kopi kenangan bersaingan seperti kopi janji jiwa atau kopi kulo serta lainya, lalu berapa biaya yang dikenakan untuk bermitra bisnis kopi kenangan ini? Fasilitas apa yang didapatkan? Dan berapa lama balik modal?

Seorang pebisnis harus mengerti dan mempunyai master plan bisnis untuk meminimalisir kegagalan. Masih penasarang tentang kopi kenangan? Mari simak artikel ulasan mengenai Harga Franchise Kopi Kenangan dan fasilitas yang didapatkan.

Mengenal Kopi Kenangan

harga franchise kopi kenangan

Kopi kenangan adalah merk yang didirikan sejak tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Prananto. Awalnya mendirikan kedai berlokasi di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta Selatan. Berbeda dengan brand lainya kopi kenangan memilih sistem bisnis yang berbeda yaitu Funding Venture Capital.

Edward Tirtanata telah mendirikan bisnis Teh Lewis and Carrol sebelum mendirikan Kopi Kenangan yaitu pada 2015. Namun, produk ini sulit berkembang dengan alasan produk yang keliatan mahal dan nama brand kurang mudah diingat masyarakat.

Meskipun bisnisnya pada 2015 tidak begitu memuaskan, tapi Edward tidak kecil hati dan tidak menganggap sia-sia. Seorang pebisnis ini mengambil pelajaran yang banyak, yang kemudian melahirkan kopi kenangan.

Sistem Bisnis

Mengapa kopi kenangan tidak menggunakan sistem waralaba? Kemudian timbul pertanyaan bagaimana mengembangkan bisnis tersebut dengan pesat? Edward memilih melebarkan bisnisnya dengan bekerjasama dengan investor secara lokal dan mancanegara. Sistem bisnis digunakanya adalah funding venture kapital, jadi beliau mengajukan ke berbagai perusahaan untuk mendapatkan invest.

Pada tahun 2018 terdapat satu perusahaan yang mulai tertarik perusahaan tersebut ialah Alpha JWC. Setelah mendiskusikan akhirnya Alpha JWC menggelontorkan uang senilai 8 juta dollar untuk mengembangkan bisnis kopi kenangan. Lalu beberapa bulan kemudian beberapa perusahaan ikut menjadi investor seperti Sequia Capital melakukan investasi sebesar 20 juta dollar.

Jika ditotal keseluruhan, kucuran dana Kopi Kenangan bahkan mencapai 237 dollar. Perusahaan Sequoia Capital menjadi pemilik saham terbesar di Kopi Kenangan.

Tidak hanya sampai disitu, Kopi Kenangan juga mendapatkan sokongan dari selebriti-selebriti dunia. Aspek ini pula yang menyumbang kesuksesan usaha kopi ini dalam menanamkan value produk serta meningkatkan kualitas branding produk.

Beberapa selebriti yang terlibat di dalamnya yakni atlet tenis terkemuka Selena Wiliams, produser music dan rapper Jay-Z, Eduardo Saverin, dan Caris Levert, pemain basket terkenal di dunia.

Baca juga Franchise Minuman Kopi TerHits

Inovasi Kopi Kenangan

Cloud Kitchen

Salah satu cara yang digunakan oleh Edward adalah membuka cloud kitchen. Konsep ini menjelaskan membuka gerai tanpa membuka waralaba atau franchise dengan harga yang lebih ekonomis. Cara ekspansi ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa vendor FnB berkumpul untuk menyewa tempat bersamaan untuk melakukan produksi, namun hanya pesanan delivery yang didukung oleh Grab.

Aplikasi Digital

Membangun sistem bisnis dilakukan oleh James Prananto pada 2019 dengan meluncurkan aplikasi bernama “Kopi Kenangan”. Aplikasi tersebut dapat melakukan beberapa hal seperti pesanan lalu mengambil sendiri (Pick up service).

Tahun 2020 James Prananto mengembangkan aplikasi yaitu dapat memesan delivery, mendapat reward loyalti dan menikmati promo personal.

Cara Bekerjasama dengan Kopi Kenangan

Alternatif lain selain bermitra franchise kopi kenangan adalah anda menjadi investor dengan membeli saham perusahaan kopi kenangan. Walaupun administrasi dan dana yang diperlukan tidak sederhana seperti sistem franchise tapi anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup menjajikan dan stabil.

Alternatif lain yaitu anda memulai bisnis kopi sendiri, ada banyak waralaba yang bisa menjadi alternatif lain. Harga mulai dari 5 jutaan hingga ratusan juta seperti menggunakan konsep gerobak, rombong, kontainer hingga cafe.

Baca juga Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian

Akhir kata

Demikian artikel mengenai Kopi Kenangan, Cara bisnis yang dilakukan dan inovasi yang dilakukan oleh Edward dan James. Semoga artikel dapat bermanfaat. Sekian terimakasih

Related posts