internet

Cara Tingkatkan Kecepatan Wifi Indihome Tercepat

Cara Tingkatkan Kecepatan Wifi IndihomeMengetahui cara tingkatkan kecepatan wifi Indihome merupakan hal yang sangat penting kalau Anda membutuhkan internet yang mumpuni. Sebab dengan koneksi internet yang cepat maka Anda bisa menjadi lebih produktif dan menjalankan aktivitas dengan lancar. Misalnya untuk meeting selama Work From Home ataupun untuk kepentingan lainnya.

Disadari atau tidak, saat ini wifi telah menjadi hal yang penting bagi aktivitas manusia. Wifi tidak hanya dipasang pada sekolah, kampus, perkantoran, dan lain sebagainya. Namun kini juga sudah banyak rumah tangga yang memasang internet sebab adanya biaya pasang wifi murah. Sehingga jangkauan internet seperti Indihome pun menjadi semakin luas.

Cara Meningkatkan Kecepatan Wifi Indihome

Terkadang karena satu dan lain hal, kecepatan internet bisa saja mengalami penurunan. Untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa cara tingkatkan kecepatan wifi Indihome yang bisa Anda coba di rumah.

1. Cara Tingkatkan Kecepatan Wifi Indihome : Menggunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) menjadi tools internet yang banyak digemari. Mungkin banyak diantara Anda yang mengenal VPN sebagai alat untuk membuka situs yang diblokir. Namun bukan hanya itu. Sebab VPN juga bisa digunakan untuk mengakses koneksi internet secara stabil dan lebih cepat.

Penggunaan VPN memungkinkan Anda untuk bisa memilih server koneksi internet dari sejumlah negara. Ketika Anda bisa memilih negara dengan server stabil maka akan bisa meningkatkan kecepatan internet yang dimiliki.

Baca Juga: Biaya Pasang Wifi Termurah dari Indihome

Meskipun bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet, namun Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan VPN. Pastikan untuk memilih VPN dari provider yang benar-benar kredibel dan terpercaya.

Sebab penggunaan VPN termasuk rawan dan cukup berisiko. Beberapa risiko yang mungkin dialami akibat salah memilih VPN adalah adanya malware atau virus, pencurian data, dan hal-hal negatif lainnya. 

2. Periksa Jumlah Pengguna Wifi

Terkadang penurunan kecepatan internet Indihome diakibatkan oleh banyaknya pengguna yang memakai jaringan wifi tersebut. Umumnya, semakin banyak pengguna wifi maka akan membuat bandwidth pun menjadi membesar. Akibatnya, akan membuat koneksi internet mengalami penurunan karena adanya batas pemakaian wajar bandwidth.

Kalau Anda melihat jumlah pengguna wifi terlalu banyak, maka tidak ada salahnya untuk memblokir para pengguna asing tersebut. Salah satunya adalah menggunakan cara menyembunyikan wifi indihome agar internet Anda tidak mudah ditemukan orang lain.

Untuk menjaga kinerja dan performa kecepatan internet Indihome Anda, pastikan kalau jumlah pemakaian perangkat tidak melebihi kapasitas. Dengan demikian, maka bandwidth dan kecepatan internet pun akan bisa terdistribusi secara merata.

3. Melakukan Restart Modem

Meskipun terkesan cara yang sederhana, namun melakukan restart modem bisa menjadi langkah yang efektif untuk meningkatkan kecepatan internet. Modem yang menyala secara terus-menerus, bisa saja membuat modem menjadi overheat. Sehingga perangkat tersebut tidak lagi bisa memancarkan sinyal wifi secara optimal.

Maka dari itu, tidak ada salahnya kalau Anda melakukan restart modem secara berkala untuk merawatnya. Caranya Anda matikan tombol power pada modem dan biarkan selama beberapa saat sebelum dinyalakan kembali.

4. Upgrade Paket Indihome

Jika Anda masih mengalami internet yang lemot secara terus-menerus, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan upgrade paket. Koneksi internet yang lemot bisa saja dikarenakan Anda sudah mencapai batas pemakaian wajar (FUP). Setelah mencapai FUP biasanya kecepatan internet akan mengalami penyesuaian.

Jika penggunaan internet wifi Anda cukup besar, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan upgrade paket. Berlangganan paket yang lebih tinggi umumnya akan memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi pula. Namun biayanya pun akan menjadi semakin besar.

Itulah beberapa cara tingkatkan kecepatan wifi Indihome yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi yang telah disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Jika masih ada kesulitan/pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar Ngobrasiana.com, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button