internet

Cara Merubah Frekuensi Wifi Indihome Yang Bisa Anda Coba!

Cara Merubah Frekuensi Wifi IndihomeMeskipun Anda telah menggunakan jaringan wifi Indihome di rumah Anda. Namun terkadang, ada beberapa ruangan yang ada di rumah Anda yang tidak bisa terjangkau wifi tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka Anda bisa merubah frekuensi wifi dengan cara merubah frekuensi wifi Indihome berikut ini.

Bisa dibilang cara tersebut bukanlah cara satu-satunya bisa Anda coba. Karena ada cara lainnya yang bisa Anda lakukan. Diantaranya dengan cara bisa Anda baca di cara tingkatkan kecepatan wifi Indihome. Meskipun memang, keduanya menggunakan langkah-langkah yang hampir mirip.

Cara Merubah Frekuensi Wifi Indihome untuk Memperluas Jangkauan

Cara ini bisa dibilang sebagai cara yang paling efektif untuk memperluas jangkauan wifi. Sehingga semua ruangan di dalam rumah Anda, bisa menjangkau jaringan wifi yang terdaftar dengan nama Anda. 

Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk merubah frekuensi wifi ini diantaranya :

1. Menggunakan PC Windows 10

Cara yang pertama yang bisa dilakukan untuk merubah frekuensi wifi Indihome yaitu dengan cara menggunakan PC Windows 10. Adapun langkah-langkahnya yaitu seperti di bawah ini. Diantaranya :

  • Buka kotak pencarian yang berada di bawah logo Windows
  • Ketikkan menu device manager
  • Jika sudah masuk ke menu tersebut, Anda bisa langsung mengklik menu networks adapter
  • Pada tampilan monitor, akan ada beberapa menu. Anda bisa meng-klik menu wireless. Lanjutkan dengan mengklik menu properties
  • Langkah selanjutnya yaitu mengklik menu advanced
  • Pada menu advanced tersebut, Anda akan melihat menu prefered band ataupun menu band. Letaknya berada di bawah menu properties. Maka Anda bisa meng-klik menu prefered band/band tersebut
  • Pilih menu drop down yang berada di bawah menu value. Kemudian pilih frekuensi wifi Indihome yang Anda inginkan. misalnya 5GHZ.

Setelah melakukan cara ini, maka sudah bisa dipastikan jaringan wifi Indihome Anda akan menjangkau banyak ruangan lain di rumah Anda. Namun dengan begitu, bisa  saja dengan cara ini akan membuat biaya langganan yang harus dibayarkan menjadi lebih mahal. Maka untuk mengatasinya, Anda juga harus melakukan pembatasan wifi Indihome. Untuk langkah-langkahnya sendiri, bisa Anda baca cara membatasi kecepatan wifi. 

Baca Juga: Cara Merubah Sandi Wifi IndiHome

2. Menggunakan HP Android/Smartphone

Selain dengan menggunakan PC berbasis Windows 10, Anda juga bisa merubah frekuensi wifi Indihome Anda dengan menggunakan hp android/smartphone. Namun harus Anda ketahui, dengan perubahan frekuensi ini akan membuat koneksi internet menjadi lebih cepat. Sehingga tentu saja, hal ini akan berpengaruh pada biaya berlangganan yang akan menjadi lebih mahal.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Gunakanlah pembatasan penggunaan wifi Indihome. Adapun caranya yaitu ada pada cara membatasi kecepatan penggunaan wifi. Anda bisa mempelajarinya, untuk meminimalisir biaya berlangganan dengan jumlah besar.

Jika hal tersebut telah Anda lakukan, maka Anda bisa merubah frekuensi wifi ini dengan hp android/smartphone Anda dengan cara seperti berikut ini. Diantaranya :

  • Buka menu pengaturan
  • Lanjutkan dengan membuka menu tentang ponsel. Kemudian masukkan build number (nomor bentukan) sebanyak 5 kali. Cara ini adalah untuk mengaktifkan opsi pengembang
  • Jika opsi pengembang tersebut telah aktif, maka geser menu aktifkan pencatatan log panjang, ke sebelah kanan, hingga terlihat menjadi aktif
  • Jika langkah-langkah tersebut telah Anda lakukan, maka Anda akan melihat jaringan wifi Anda berikut frekuensi yang digunakan. Misalnya dengan frekuensi 2,4 GHZ. Maka dari itu, Anda bisa merubahnya menjadi 5 GHZ
  • Lakukan cara merubah frekuensi wifi Indihome dengan membuka device manager ataupun menu pengaturan sekali lagi
  • Lanjutkan dengan mengklik menu networks adapter, kemudian menu wireless, dan dilanjutkan dengan menu properties
  • Langkah selanjutnya yaitu dengan mengklik menu advanced, kemudian menu prefered band/band
  • Ubah frekuensi yang tadinya 2,4 GHZ menjadi 5 GHZ, di kolom drop down, yang ada di bawah menu value

Itu dia cara merubah frekuensi wifi Indihome yang bisa Anda lakukan. Anda bisa mencobanya melalui PC maupun dengan mengandalkan hp android/smartphone Anda. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda dalam memperluas jaringan wifi Indihome yang Anda miliki. Jika masih ada pertanyaan/kesulitan silahkan tulis di kolom komentar Ngobrasiana.com, Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button