Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online dalam Langkah Mudah

  • Whatsapp
cara menghapus data dari pinjaman online

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online– Apabila telah menyelesaikan hutang piutang pada perusahan fintech (financial technology), harus menghapus data pribadi yang telah terekam pada sistem perusahaan fintech tersebut. Hal ini dilakukan agar mencegah kejahatan dunia maya yang mungkin saja terjadi. Oleh sebab itu, cara menghapus data dari pinjaman online pun penting untuk diketahui.

Alasan Pentingnya Hapus Data dari Pinjaman Online

Alasan Pentingnya Hapus Data dari Pinjaman Online

Banyak orang yang telah melakukan pinjaman online mencari cara menghapus data dari pinjaman online atas data pribadinya yang telah tersimpan di sistem perusahaan fintech. Pasalnya, data tersebut merupakan data pribadi yang bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan dunia maya.

Saat ini, cybercrime menempati urutan pertama dalam tingkat kejahatan. Pelaku cybercrime akan melakukan kejahatan dengan cara membobol data pribadi. Dalam hal ini data pribadi yang telah tersimpan pada server khusus untuk menyimpan data tersebut, termasuk diantaranya data yang tersimpan otomatis pada bank data pinjaman online.

Pembobolan data pribadi tersebut, bisa saja digunakan untuk transaksi online fiktif, yang mana yang bersangkutan tidak pernah melakukan sama sekali transaksi tersebut. Pada tingkat kejahatan yang lebih parah, data pribadi tersebut akan digunakan untuk melakukan pinjaman online, sehingga perusahaan fintech tersebut akan melakukan penagihan pada data yang terdaftar dalam sistemnya, yang mana pihak yang bersangkutan tidak pernah mengajukan pinjaman online.

Langkah-langkah Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Cara Menghapus Data dari Pinjaman Online

Apabila ingin melakukan penghapusan data pribadi pada sistem pinjaman online jika pinjaman telah dilunasi, harus mengetahui cara menghapus data dari pinjaman online. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Hubungi Call Center Perusahaan Fintech

Ketika pinjaman telah dilunasi, sebaiknya untuk segera menghubungi call center perusahaan penyedia pinjaman online tersebut agar data pribadi yang disimpan pada bank data pada sistem pinjaman online tersebut segera terhapus. Dengan demikian, apabila terjadi pembobolan data, data pribadi yang telah dihapus tidak akan ikut terbobol.

2. Uninstall Aplikasi dari Smartphone

Aplikasi pinjaman online biasa diakses melalui smartphone. Maka dari itu, segera hapus aplikasi tersebut di smartphone pribadi apabila pinjaman telah dilunasi. Disamping bertujuan untuk menghapus data pribadi, juga untuk melindungi kejahatan akses melalui aplikasi pinjaman online di smartphone, apabila smartphone tersebut hilang.

3. Mengganti SIM CARD

Data pribadi berupa nomor handphone akan terekam pada sistem pinjaman online tersebut. Oleh sebab itu, segera ganti simcard tersebut sesaat setelah pinjaman online tersebut dilunasi. Dengan demikian, dapat mencegah kemungkinan ditelpon oleh pihak yang tidak memiliki kepentingan.

4. Hapus Semua Sosial Media yang Telah Terdaftar dalam Sistem Pinjaman Online

Pada saat mengajukan pinjaman online, formulir online akan meminta semua data pribadi, termasuk meminta data sosial media yang dimiliki. Maka dari itu, sebaiknya untuk segera menghapus akun sosial media, sesaat setelah melunasi pinjamannya. Dengan demikian, semua sosial media akan terlindung dari pembajakan.

5. Lapor OJK

Apabila masih tetap mengalami kendala terkait penghapusan data, segera lapor OJK untuk memberitahukan bahwa pelapor sudah melunasi hutang piutang dan tidak ada lagi kaitannya akan transaksi online di mana pun. Dengan demikian, dapat mencegah kemungkinan pembobolan data pribadi.

Upaya Perlindungan Hukum

Ketika berbicara tentang kejahatan, maka diri sendirilah yang harus membentengi diri dari setiap kejahatan yang mungkin terjadi. Apabila berhubungan dengan cyber crime yang bisa saja terjadi karena pembobolan data pribadi atas transaksi pinjaman online yang telah dilakukan. Maka dari itu, menghapus data pribadi dari pinjaman online merupakan salah satu cara perlindungan diri dari kejahatan yang juga merupakan upaya perlindungan hukum.

Sebagai upaya mendapatkan perlindungan hukum tersebut, pentingnya untuk mengetahui cara menghapus data dari pinjaman online, agar data pribadi tersebut tidak berisiko dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, memastikan akan kredibilitas perusahaan fintech merupakan hal yang tidak kalah pentingnya.

Menilai kredibilitas perusahaan fintech bisa dilakukan dengan cara melihat aktivitasnya diawasi oleh OJK atau tidak. OJK merupakan lembaga negara terpercaya untuk mengawasi transaksi keuangan dan juga perbankan di Indonesia. Dengan demikian, setiap perusahaan keuangan yang diawasi oleh lembaga ini akan diakui kredibilitasnya.

Related posts