internet

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi Indihome Secara Mudah

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WifiAda banyak cara mengetahui aktivitas pengguna wifi Indihome di rumah Anda. Pengecekan aktivitas pengguna wifi ini menjadi hal yang sangat penting terutama bagi Anda para orang tua. Tujuannya adalah untuk memantau situs dan konten-konten apa saja yang diakses oleh anak-anak. Sehingga Anda bisa menjauhkan anak-anak dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengecek aktivitas pengguna wifi memiliki cukup banyak manfaat. Jadi ketika Anda mendapati ada orang-orang yang mengakses wifi dengan tidak semestinya, maka Anda bisa langsung memutusnya. Cara memutus jaringan wifi indihome pun terbilang sangat mudah. Bahkan bisa dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna internet tersebut.

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna Wifi

Cara mengetahui aktivitas pengguna wifi sebenarnya bisa dilakukan melalui web browser di perangkat Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengecek aktivitas para pengguna wifi Anda.

1. Masukkan IP Address Pada Kolom Pencarian Browser

Sebelum bisa melakukan pengecekan, terlebih dahulu Anda perlu menghubungkan perangkat dengan koneksi wifi Anda. Jika sudah terhubung maka langkah berikutnya adalah membuka browser internet yang ada di gawai Anda. Pengecekan ini bisa dilakukan menggunakan browser Google Chrome, Mozilla FireFox, dan ataupun peramban lainnya.

Pada kolom bar address, silakan ketikkan IP Address dari modem yang Anda miliki. Untuk modem Indihome tipe ZTE silakan Anda bisa coba ketikkan 192.168.1.1. Pasangan untuk IP Umum dari modem Indihome tipe Huawei adalah 192.168.100.1 atau 192.168.1.254.

Baca Juga: Biaya Pasang Wifi Termurah dari Indihome

Silakan Anda bisa sesuaikan dengan tipe modem yang Anda miliki. Kalau Anda kesulitan atau tidak bisa mengakses alamat IP di atas, silahkan hubungi Customer Service Indihome untuk informasi lebih jelasnya.

2. Masukkan Username dan Kata Sandi

Kalau Anda berhasil mengakses laman IP Umum di atas, maka akan muncul laman untuk login ke dalam sistem konfigurasi modem. Kalau modem yang Anda miliki belum pernah dilakukan kustomisasi akun maka biasanya untuk username dan password yang digunakan adalah “admin”. Kalau ingin lebih pasti, Anda bisa juga menghubungi pihak provider terkait informasi tersebut.

Namun kalau Anda sudah pernah mengatur akun konfigurasi pada modem, maka silakan memasukkan username dan kata sandi sesuai dengan yang dimiliki. Pastikan Anda memasukkan kombinasinya dengan benar agar bisa masuk ke dalam pengaturan sistem konfigurasi modem.

3. Pilih Menu User Device Information

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengetahui aktivitas para pengguna wifi adalah masuk ke menu User Device Information. Pada laman utama setelah berhasil login, silakan Anda bisa klik bagian menu Status dan kemudian pilih User Device Information.

Nantinya Anda akan bisa melihat nama perangkat dan juga identitas yang menggunakan jaringan wifi milik Anda. Berbagai informasi yang bisa diketahui mulai dari host, device, dan juga ID pengguna yang tersambung ke wifi Anda.

Memantau aktivitas pengguna yang mengakses jaringan wifi Anda merupakan hal yang sangat penting. Kalau Anda menemukan ada pengguna yang menggunakan koneksi internet secara berlebihan dan melebihi beban, maka bisa diblokir. Sebab hal ini bisa membuat penggunaan bandwidth menjadi bengkak dan berpotensi menurunkan kecepatan internet.

Itulah beberapa cara mengetahui aktivitas pengguna wifi Indihome yang perlu Anda ketahui. Beberapa langkah di atas bisa digunakan melindungi dan juga membatasi akses internet wifi yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar koneksi wifi tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika masih ada kesulitan/pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar Ngobrasiana.com, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button