Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

Salah satu komponen internal dari laptop dan PC yang cukup rawan mengalami kehancuran merupakan hard disk. kehancuran yang cukup berbahaya merupakan bad sector karena bisa menimbulkan hilangnya data. walaupun begitu, terdapat cara memperbaiki hardisk bad sector yang cukup mudah dilakukan seandainya Anda mengalaminya.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector Dengan Mudah

Bad sector sendiri ialah suatu istilah yang dipakai saat terdapat satu zona dalam hard disk yang mengalami kehancuran. zona yang rusak tersebut tidak akan merespon perintah read (membaca) atau write (menuliskan) dari pc.

Read More

Baca juga Hard Disk Eksternal Penyimpanan Portable Terbaik

Bad sector mampu berlangsung pada hard disk tipe magnetis atau pada tipe solid-state drives. Bad sector bisa diakibatkan oleh kehancuran wujud atau kehancuran aplikasi. Bad sector akibat kehancuran wujud tidak bisa diperbaiki sebaliknya akibat kehancuran aplikasi masih bisa diperbaiki.

tipe Bad SectorTerdapat 2 tipe bad sector yang biasa berlangsung pada hard disk, ialah physical dan logical. Bad sector tipe physical kerap disebut juga sebagai hard bad sector, sebaliknya tipe logical kerap disebut sebagai soft bad sector.

Hard bad sector ialah kumpulan zona hard disk yang mengalami kehancuran secara wujud. kehancuran tersebut bisa diakibatkan karena head dari hard disk memegang zona tersebut setelah itu merusaknya. Bisa juga karena ada debu yang masuk, hard disk pernah terjatuh, dan permasalahan wujud yang lain. Bad sector tipe ini tidak bisa diperbaiki lagi.

sebaliknya soft bad sector ialah kumpulan zona hard disk yang tidak berfungsi dengan baik. Penyebab bad sector tipe ini biasanya karena adanya aplikasi yang mengalami error ataupun kasus dalam sistem operasi. Soft bad sector mampu diperbaiki dengan melaksanakan low-level format ataupun dengan memakai program Windows Disk Check.

Penyebab Bad Sector

Seperti disinggung di atas, penyebab bad sector ini sangat beragam. Bisa jadi bad sector tersebut sudah ada semenjak Anda membeli hard disk-nya. alasannya, setiap proses pembuatan hard disk tidak seluruhnya sempurna karena pasti ada beberapa produk yang sudah mengalami kehancuran semenjak proses pembuatannya.

tidak hanya karena proses produksinya, bad sector wujud juga bisa diakibatkan karena hard disk pernah terjatuh sampai-sampai head-nya memegang platter dan mengganggu beberapa sektornya. Debu dan kotoran yang masuk juga bisa mengganggu hard disk. pastinya, aspek umur juga bisa mempengaruhi. Hard disk yang sudah berumur tahunan mampu mudah mengalami kehancuran karena komponennya sudah tidak kokoh lagi.

seandainya hard bad sector berkaitan dengan kasus wujud, maka soft bad sector biasanya berhubungan dengan kasus fitur lunak. Sebagai contoh, seandainya pc Anda seketika mati karena terputusnya arus listrik, maka hard disk bisa saja mengalami kehancuran apabila sedang dalam proses menuliskan.

tidak hanya itu, zona pada hard disk yang berisi data yang tidak sesuai dengan error-correction code-nya juga bisa dikira sebagai bad sector oleh OS. bermacam virus dan malware juga pastinya bisa menimbulkan soft bad sector pada fitur hard drive Anda.

Related posts