internet

Cara Membatasi Kecepatan Penggunaan Wifi Dengan Mudah

Cara Membatasi Kecepatan Penggunaan WifiDengan banyaknya pengguna wifi, bukan tak mungkin jika koneksi internet menjadi lambat. Sementara Anda membutuhkannya untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika hal ini terjadi, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa melakukan cara membatasi kecepatan penggunaan wifi berikut ini.

Cara ini bisa Anda lakukan untuk meminimalisir pengguna wifi yang lain, dalam mengakses internet. Sehingga jaringan internet yang Anda gunakan bisa selalu stabil, tanpa harus terganggu oleh pengguna lain. Meskipun pengguna wifi tersebut berjumlah banyak.

Cara Membatasi Kecepatan Penggunaan Wifi

Dengan biaya pasang yang murah, tentunya Anda juga akan diberikan akses mengenai kecepatan internet yang terbatas. Jika memang yang menggunakannya hanya segelintir orang saja, maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah. Namun bagaimana jika ternyata, jaringan wifi tersebut terbagi-bagi hingga beberapa pengguna?

Baca Juga : Cara Cek Wifi Firstmedia

Untuk mengatasi masalah tersebut, cara terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membatasi kecepatan pengguna wifi yang lain. Diantaranya :

1. Mencari IP Gadget yang Digunakan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencari IP Gadget yang Anda gunakan. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan yaitu,

  • Tekan tombol windows + R secara bersamaan
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul comment box yang muncul dari jendela run dialog
  • Jika comment box tersebut telah muncul, maka Anda bisa mengetik cmd, pada kolom open
  • Lanjutkan dengan mengklik opsi Ok
  • Tunggu hingga jendela command prompt muncul. Kemudian ketik ipconfig pada jendela tersebut. Lanjutkan dengan mengklik tombol enter
  • Setelah beberapa lama, pada tampilan monitor/layar PC/hp Android Anda akan muncul IP configuration
  • Anda bisa scroll down pada jendela command prompt, kemudian cari opsi Ipv4 address, dan copy (salin) angka yang muncul, yang terdiri dari 10 digit
  • Jika angka tersebut sudah disalin, Anda bisa langsung menyimpan alamat IP router wifi yang Anda gunakan

2. Mencari List IP Gadget yang Digunakan Pengguna Wifi Lain

Setelah cara diatas telah Anda lakukan, maka selanjutnya Anda tinggal mencari list IP gadget yang digunakan oleh pengguna wifi lainnya, yang notabene adalah anggota keluarga yang juga menggunakan jaringan wifi yang sama. Anda bisa mengandalkan software router untuk mencari IP gadget pengguna wifi ini. 

Software router ini juga bisa digunakan untuk melakukan blokir hingga membuka blokir wifi. Pada software router tersebut akan muncul IP gadget siapa saja yang menggunakan jaringan wifi yang sama, dengan yang Anda gunakan. Anda bisa tulis IP gadget tersebut di buku catatan, untuk memudahkan dalam membatasi kecepatan penggunaan wifi ini. Apalagi, jika ternyata pengguna wifi ini berjumlah banyak. 

3. Menentukan Kecepatan yang diinginkan

Cara terakhir ini bisa Anda lakukan, jika Anda telah menemukan IP gadget yang dimiliki oleh semua pengguna wifi yang masih ada dalam jaringan yang sama, dengan wifi yang Anda gunakan. Adapun caranya yaitu dengan menyalin/menulis IP gadget yang ingin Anda dibatasi kecepatannya, yang bisa Ada tulis di kolom IP number.

Langkah selanjutnya, yaitu dengan menentukan batas kecepatan wifi yang Anda inginkan, dengan satuan kb/s. Ulangi langkah tersebut pada 4 baris kosong lainnya, yang berada di kolom IP number tersebut. Tentunya dengan IP gadget lainnya, yang masih menjadi pengguna wifi yang sama dengan yang Anda gunakan.

Demikian cara membatasi kecepatan penggunaan wifi yang bisa Anda lakukan, agar kecepatan internet yang Anda gunakan tidak beralih ke pengguna wifi lainnya. Sehingga Anda bisa menggunakan wifi untuk menyelesaikan pekerjaan, tanpa harus terganggu oleh pengguna wifi yang lainnya. Jika masih ada kesulitan/pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar Ngobrasiana.com, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button