Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10 perlu dilakukan untuk mendapatkan semua layanan yang disediakan windows. Hal pertama sebelum aktivasi yaitu instal ulang windows 10 di komputer atau laptop kamu. Jika tidak maka hanya bisa menikmati fitur-fitur selama 30 hari sejak di install.

Artikel cara aktivasi windows 10 dibuat untuk membahas turorial aktivasi windows 10 melalui lisensi digital. Sebelum jauh membahas aktivasi, berikut kami beri tahu kekurangan windows 10 yang tidak teraktivasi

Kekurangan Windows 10 tidak Teraktivasi

Ada beberapa hal yang terasa ketika windows 10 tidak diaktivasi yaitu hilangnya fitur-fitur penting yang membuat kerjaan yang terganggu.

Berikut kekurangan windows 10 yang tidak dilakukan aktivasi

  • Adanya watermark yang bertuliskan this copy of windows is not genuine yang terlihat di pojok kanan bawah layar.
  • Windows tidak dapat diubah bagian Personalize dibagian Setting windows 10. Personalise digunakan untuk mengubah tema, lockscreen, wallpaper dan lainya.

Alasan diatas harus dilakukan aktivasi windows 10. Maka itulah lakukan aktivasi windows 10 segera dengan tutorial dibawah ini.

Cara Aktivasi Windows 10 (Pro & Home) Secara Permanen

1. Siapkan Lisensi

Langkah pertama adalah menyiapkan lisensi windows 10. Kamu akan mendapatkan lisensi original yaitu dengan membeli lisensi windows 10 jenis retail.

Lisensi windows 10 dapat ditemuka di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shopee dengan harga kisaran antara Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000.

Tips memilih lisensi adalah membeli lisensi windows 10 dari penjual yang menawarkan lisensi COA atau certificate of authenticity. Biasanya dalam bentuk DVD Box.

2. Hubungkatn Komputer/laptop ke Internet

Pada lisensi microsoft perlu dilakukan validasi keaslian lisensi terlebih dahulu. Maka pastikan komputer/laptop terhubung ke jaringan yang cukup stabil.

3. Buka mentu update & security

Silahkan klik tombol yang berlogo windows disisi kiri layar maupun dengan menggunakan menu di keyboard.

Lalu klik bagian menu Settings.

Apabila sudah di dalam menu Settings, kemudian klik Update & Security.

4. Buka Menu Activation

Saat sudah di menu Update & Security, proses berikutnya yaitu dengan memilih Activation.

Baca juga: Cara Mengunci Folder di Windows

Kamu akan melihat versi Windows yang terinstall saat ini dibagian “Edition“. Tepat dibagian bawahnya, kamu akan melihat tulisan “Change Product Key“, klik bagian ini.

5. Masukan Lisensi

Kemudian copy & Paste lisensi yang telah dibeli pada bagian kolom yang tersedia. Kemudian lanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik Next.

6. Proses Validasi

Setelah mengisi kolom lisensi, lalu pastikan koneksi internet lancar. Di tahap ini perlu beberapa saat untuk proses aktivasi windows 10, jika sudah selesai makan muncul tulisan “Windows is actived”.

Mudah kan? Demikian Cara Aktivasi Windows 10 yang paling aman dan legal. Meskipun perlu mengeluarkan uang sedikit, tetapi lebih aman. Dibanding aktivasi windows yang diluar sana menggunakan tools aktivasi yang berstatus ilegal.

FAQs

Apakah aktivasi windows 10 ini ilegal?

Legal, karena langsung beli ke retail.

Apakah ada cara lain aktivasi windows 10?

Ada kebanyakan diluar sana ilegal.

Berapa harga lisensei windows 10?

Harga lisensi mulai dari Rp. 100.000-300.000

Related posts