Manfaat Asuransi Perjalanan Luar Negeri, Solusi Aman dalam Bepergian

Asuransi perjalanan luar negeri merupakan salah satu jenis asuransi yang dapat memberikan ganti rugi jika terjadi risiko kepada penggunanya. Travel insurance ini banyak dipakai sebagai persiapan jika ada hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

Meskipun memiliki banyak manfaat, memilih jenis travel insurance tidak bisa sembarangan. Anda harus mengetahui secara pasti mengenai perusahaan penyedia perlindungan jiwa, agar lebih paham mengenai jenis yang akan digunakan. Untuk lebih paham, simak ulasan berikut ini.

Manfaat yang Didapat Jika Menggunakan Asuransi Perjalanan Luar Negeri

Jenis perlindungan diri ini menawarkan berbagai kemudahan bagi Anda. Berbagai manfaat dapat Anda peroleh jika sudah mendaftarkan diri ke asuransi perjalanan di antaranya sebagai berikut.

  1. Biaya medis
  2. Biaya perjalanan gawat darurat
  3. Biaya hukum
  4. Biaya evakuasi medis
  5. Kompensasi kehilangan bagasi
  6. Kompensasi kerusuhan
  7. Kompensasi kehilangan paspor
  8. Pertanggungan tambahan
  9. Kompensasi penundaan penerbangan dll.

Berbagai manfaat di atas pastinya akan membuat Anda merasa nyaman dan aman pada saat bepergian ke luar maupun dalam negeri. Sehingga penting sekali memiliki asuransi perjalanan ini.

Jenis-Jenis Travel Insurance

Pada dasarnya jenis perlindungan ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu asuransi perjalanan luar negeri (internasional) dan perlindungan ketika bepergian dalam negeri (domestik). Semua jenis keberangkatan luar negeri seperti umrah, haji dan sebagainya masuk dalam jenis perlindungan internasional. Berikut beberapa jenis travel insurance yang perlu Anda ketahui:

  1. Asuransi Diri dalam negeri

Perlindungan jenis ini merupakan asuransi yang bertanggung jawab atas aktivitas Anda dan memberikan pertanggungjawaban hanya di dalam negeri saja. Dengan menggunakan jenis perlindungan ini  maka tiket ketika bepergian akan ditanggung oleh maskapai penerbangan.

Asuransi domestik memberi pertanggungjawaban berupa santunan jika pengguna ketika mengalami kecelakaan atau kematian. Jika kecelakaan yang ditimbulkan mengakibatkan cacat maka asuransi tetap bisa digunakan terutama untuk kecelakaan pesawat.

  1. Asuransi perjalanan luar negeri

Perlindungan untuk perjalanan keluar negara biasanya dikenal dengan nama Visa Schengen. Visa ini menjadi dokumen yang penting dan wajib ada jika Anda ingin melakukan perjalanan keluar negeri khususnya negara-negara di kawasan Eropa.

Asuransi perjalanan ini memberikan berbagai macam manfaat diantaranya kecelakaan, kerusakan bagasi, tertinggal pesawat dan banyak lagi. Selain negara Eropa, Jepang juga menerapkan asuransi perjalanan jika ingin berkunjung ke negara tersebut.

Maka dari itu bagi Anda yang berniat berkunjung ke luar negara sebaiknya mendaftarkan diri terlebih dahulu ke pihak perusahaan travel insurance. Caranya, ajukan pendaftaran asuransi perjalanan wilayah Asia terlebih dahulu kemudian ajukan perlindungan perjalanan yang diinginkan.

Cara Mendapatkan Kompensasi Asuransi

Jenis perlindungan ini dimulai dengan harga Rp20.000 sampai ratusan ribu yang dibayar tiap bulan. Harga ini tergantung jenis polis, perusahaan, jangka waktu dan destinasi yang Anda pilih.

Setelah Anda mendaftarkan diri ke asuransi perjalanan luar negeri maupun dalam negeri maka dapat klaim jika akan digunakan. Cara klaim perlindungan cukup mudah.

Cara klaim reimbursement yaitu menggunakan uang pribadi terlebih dahulu untuk keperluan darurat. Kemudian setelah itu jika sudah tiba di Indonesia baru dapat klaim sejumlah uang yang dikeluarkan.

Cara klaim cashless, cara ini dapat dilakukan dengan memberikan dokumen atau kartu perlindungan resmi perusahaan sebagai bukti kepada rumah sakit. Dimanapun rumah sakitnya Anda bisa menunjukkan dokumen tersebut, terdapat dalam perlindungan worldwide provider.

Sedangkan jika yang terjadi adalah kehilangan bagasi, barang tertinggal di pesawat dan lain-lain maka bisa menggunakan metode reimbursement. Cara ini berlaku untuk polis ketika bepergian di dalam negeri maupun luar negeri.

Menggunakan perlindungan diri saat perjalanan wisata luar negeri maupun dalam negeri tentunya akan membuat Anda nyaman. Hal ini dikarenakan segala jenis kemungkinan terburuk dapat diatasi dan ada pertanggung jawaban dari asuransi perjalanan luar negeri.